Berita Jepang | Japanesestation.com

Ada banyak makanan yang hanya tersedia dan cocok untuk dimakan saat musim tertentu. Misalnya, es serut untuk musim panas dan makanan bertema labu untuk musim gugur. Ketika makanan tersebut dimakan di luar musim yang ditentukan, mungkin rasanya akan aneh, ya?

Di Jepang, hidangan yang cocok untuk dinikmati saat musim dingin adalah kari. Kari disukai karena rasanya yang lezat dan dapat menghangatkan tubuh. Ada beragam cara untuk memadukan atau menyajikan kari.

50 ahli kari yang merupakan lulusan Universitas Kari Jepang, ditanyai mengenai beragam penyajian hidangan kari yang mereka sukai. Ini dilakukan untuk menentukan saran penyajian kari yang paling cocok untuk dimakan saat berlangsungnya musim dingin. Berdasarkan hasil survei, berikut ini adalah 10 hidangan kari terpopuler.

Huawei MatePad Pro

10. Kari Soba (カレーそば)

Hidangan kari
Kari soba (sbfoods.co.jp)

Kari udon merupakan cara penyajian kari dan mi yang terkenal. Namun, sekarang ini, mi soba semakin disukai sehingga kari soba semakin populer.

9. Kari Ramen (カレーラーメン)

Hidangan kari
Kari Ramen (sbfoods.co.jp)

Mengikuti kepopuleran mi, hidangan kari ini menggunakan bahan dasar kari khas Jepang yang telah dimasak untuk memberikan bumbu dan rasa pada mi. Kari ramen juga dilengkapi dengan telur rebus, dan hiasan lainnya di dalam mangkuk.

8. Kari Jahe (生姜カレー)

Hidangan kari
Kari jahe (iwashita.co.jp)

Jahe adalah rempah-rempah yang populer di musim dingin. Karena jahe dapat memberi kehangatan dan kenyamanan untuk tubuh saat berlangsungnya musim dingin. Di Jepang,  jahe berwarna merah muda diasamkan kemudian disajikan bersama kari untuk meningkatkan kehangatan secara alami.

7. Kari Nabe (カレー鍋)

Hidangan kari
Kari nabe (asahikei.co.jp)

Di Jepang, kari hotpot disebut "Kare Nabe". Hidangan kari ini dimasak secara perlahan didalam panci. Untuk menghasilkan rasa yang lezat, harus memastikan bahwa semua bahan direbus dengan baik. Kari hotpot mudah untuk dibuat dan dapat mengenyangkan perut. 

6. Kari Bumbu (スパイスカレー)

Hidangan kari
Kari bumbu (icoico.jp)

Kari bumbu merupakan hidangan kari yang berkembang di Osaka. Nama “bumbu” dari hidangan kari ini mengacu pada proses pembuatannya yang mencampurkan rempah-rempah langsung ke dalam pasta. Dari tampilannya, kari bumbu terlihat seperti masakan khas India dan Sri Lanka. Hidangan kari ini biasanya mengandung banyak sayuran.

5. Gekikara Kari (激辛カレー)

Hidangan kari
Gekikara Curry (currynews.net)

Hidangan kari yang pedas ini lebih dikenal dengan sebutan “gekikara kari”. Nama ini sesuai dengan tingkat kepedasannya. Nilai jual dari kari ini adalah bumbu yang membara seperti cabai dan roux berwarna merah tua. Gekikara kari sangat tepat untuk menghilangkan hawa dingin yang menusuk sampai ke tulang.

4. Sup Kari (カレースープ)

Hidangan kari
 Sup Kari (nakano.keizai.biz)

Hidangan kari yang berwarna-warni ini adalah makanan khas Sapporo. Sup kari biasanya menggunakan ayam dan sayuran (yang digoreng dalam waktu yang singkat) untuk melengkapi kaldu yang pedas dan beraoma sedap.

3. Kari Panggang (焼きカレー)

Hidangan kari
Kari panggang (ure.pia.co.jp)

Kari panggang adalah makanan khas Kitakyusu, prefektur Fukuoka. Hidangan kari ini terdiri dari nasi, kari, dan telur atau keju. Semua itu dimasukkan ke oven dan akan dipanggang sampai berwarna cokelat keemasan dan terlihat renyah. Makanan dengan lelehan keju sedang menjadi tren selama beberapa musim dingin terakhir. Sehingga, tidak mengherankan jika hidangan ini menduduki peringkat ketiga.

2. Kari Sayuran Musim Dingin (冬野菜カレー)

Hidangan kari
Kari dengan sayuran musim dingin (tonkatu-kyk.co.jp)

Kari khas Jepang bisa dipadukan dengan apa saja. Misalnya, dipadukan dengan sayuran. Mayoritas orang Jepang akan menantikan sayuran musim panas seperti okra, terong, dan zucchini. Tetapi, musim dingin juga menawarkan beragam sayuran sebagai pelengkap kari, yaitu jahe, daun bawang, akar teratai, lobak, dan gobo. Apabila semua sayuran itu dipadukan, akan tercipta hidangan kari dengan sayuran musim dingin yang rasanya lezat.

1. Kari Udon (カレーうどん)

Hidangan kari
Kari udon (park.ajinomoto.co.jp)

Mi yang tebal, wortel rebus yang manis, dan kaldu rasa kari merupakan kombinasi yang lezat ketika masuk ke dalam mulut. Di Jepang, kari udon merupakan cara penyajian kari yang paling disukai untuk memakan mi udon. Terlebih, saat berlangsungnya musim dingin.

10 hidangan kari yang telah disebutkan tadi terlihat sangat lezat, ya. Menurut kalian hidangan kari manakah yang terlihat paling lezat?