Share on
Perbedaan budaya dan kebiasaan antar negara terkadang membuat kita bingung. Misalnya saja Jepang, mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan unik yang mungkin menurut sebagian besar orang asing terlihat aneh. Apa saja?

Membuat peace sign saat berfoto

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Membuat peace sign saat berfoto (pakutaso.com)
Kamu yang hobi menonton anime atau drama, pasti sering melihat anak-anak muda Jepang berpose membentuk vee dengan 2 jari mereka ketika mau difoto kan? Nah, di beberapa negara, simbol ini berarti tanda perdamaian. Namun di Jepang sendiri, membentuk vee dengan dua jari tidak ada artinya. Untungnya, orang-orang Jepang membentuk V sign dengan telapak tangan menghadap ke kamera, jika tidak, mungkin mereka akan mendapat kecaman di beberepa negara.

Duduk di lantai

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Tatami (japan-talk.com)
Berikutnya, duduk di lantai. Banyak orang asing yang bertanya-tanya mengapa orang Jepang senang duduk di atas lantai yang tentunya sangat tidak lazim di negara-negara barat. Ternyata ini bukan tanpa alasan lho. Duduk di atas lantai merupakan kebiasaan orang Jepang yang kerap duduk di atas lantai tatami. Meski tatami sedikit berebeda dengan lantai keramik pada umumnya, tetap saja turis asing beranggapan kalau duduk di atas lantai itu sulit dan sakit, sehingga kini banyak rumah-rumah di Jepang yang memiliki ruang tamu ala barat (dengan kursi dan sofa).

Meminum teh barley

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Meminum teh barley (pakutaso,com)
Jika kamu berjalan-jalan di sekeliling Jepang, pasti sering melihat barley tea. Orang-orang Jepang punya kebiasaan memium minuman menyegarkan ini karena sangat cocok dengan makanan apapun dan nikmat dimunum ketika musim panas. The ini juga tidak mengandung kafein, sangat sehat!

Menyeruput ramen

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Menyeruput ramen (pakutaso.com)
Dalam anime atau drama, kamu biasanya akan melihat orang Jepang makan ramen, soba, atau udon dengan cara menyeruputnya kencang-kencang. Hal ini dianggap aneh oleh sebagian besar orang. Apalagi di beberapa negara barat, hal ini sangat tidak sopan. Namun di Jepang, menyeruput mie kencang-kencang berarti menandakan mie yang kamu makan itu enak, dan bentuk rasa terima kasih kepada sang koki. Jadi, jangan lupa seruput ramenmu kalau makan di restoran Jepang!

Merespon dengan anggukan (Aizuchi)

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Aizuchi (japantoday.com)
Ketika kamu berkomunikasi dengan orang Jepang, biasanya mereka akan mengangguk sambil membalas ucapanmu dengan kata-kata seperti He, Un, Soso, Sonanda dan lain-lain. Ternyata, respon seperti ini ada namanya lho, Aizuchi. Respon Aizuchi juga menunjukkan kalau kamu memperhatikan lawan bicaramu. Meskipun begitu, hal ini sangat tidak lazim di luar Jepang dan bisa berpotensi dianggap tidak sopan karena terlihat seperti kurang memeperhatikan lawan bicara dengan serius.

Operasi untuk memperbesar mata

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Operasi memperbesar mata (gaijinpot.com)
Operasi memperbesar mata merupakan hal biasa di Jepang karena memeiliki mata besar meruoakan impian banyak gadis di negara-negara Asia. Misalnya saja, gadis-gadis di cover majalah Jeang atau diva pop Ayumi Hamasaki. Hal ini terlihat aneh bagi orang asing karena orang Jepang lebih memilih mengoperasi mata mereka dibanding gigi mereka.

Berjalan dengan pigeon-toed

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Gadis Jepang yang pigeon-toed (iromegane.com)
Beberapa perempuan di Jepang sering berjalan dengan pigeon-toed sambil menggunakan high-heels. Kabarnya ini karena high-heels membuat mereka sulit berjalan.

Membungkuk

Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Bingung Orang Asing
Membungkuk (pakutaso.com)

Membungkuk merupakan bagian penting dari masyarakat Jepang, Mereka melakukannya ketika berjumpa dengan orang lain, berpisah, minta maaf, mengungkapkan belasungkawa, atau hanya merespon secara naluriah. Beberapa orang Jepang bahkana ada yang membungkuk ketika berbicara melalui telepon. Ini terlihat aneh karena di beberapa negara barat berjabat tangan dan berpelukan lebih umum.

Bagaimana? Apakah kebiasan-kebiasaan unik orang Jepang ini juga aneh menurutmu?