Share on

Jepang pada musim panas bisa memiliki temperatur yang sangat tinggi, gelombang panasnya yang terkenal bahkan menimbulkan banyak sekali korban. Meski begitu, musim panas di Jepang masih menjadi waktu favorit untuk dikunjungi dengan banyaknya festival, makanan unik, dan hal lainnya yang hanya bisa dinikmati di musim panas.

Advertise With Us

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Jepang pada musim panas, berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu kalian menghadapi cuaca musim panas agar lebih nyaman dan menyenangkan saat melakukan wisata ke negeri matahari terbit tersebut.

Perbanyak cairan

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: glassticwaterbottle)

Perbanyaklah meminum cairan saat sedang berada di Jepang, pastikan kalian membawa air atau sports drink setiap hari untuk mengganti cairan yang dikeluarkan. Di Jepang juga terdapat banyak sekali mesin penjual otomatis yang bisa kalian manfaatkan untuk membeli minuman.

Membawa kipas tangan

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: wow-j)

Kipas tangan ini adalah sebuah alat yang sangat berguna, terutama pada musim panas. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuatnya ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain untuk membuat tiupan angin, kipas ini juga dapat berfungsi untuk melindungi wajah kita dari sorotan sinar matahari.

Memakai Sunscreen

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: aarp)

Terlalu lama terkena sinar matahari bisa membuat kulit kita terbakar, untuk itu disarankan menggunakan sunscreen pada area yang terkena sinar matahari, seperti wajah, leher, lengan, atau lainnya sebelum kita bepergian. Kalian juga bisa memakai topi dan kacamata hitam untuk melindungi wajah dan mata dari matahari.

Membawa saputangan atau handuk kecil

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: japan-magazine)

Membawa alat untuk menyeka keringat pada wajah dan leher juga adalah suatu kewajiban saat musim panas di Jepang. Pastikan kita menyiapkan salah satunya saat bepergian, bahkan di Jepang terdapat berbagai pilihan saputangan dengan bermacam desain lucu dan unik.

Gunakan pakaian tipis

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: matcha)

Kalian bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan tidak ketat yang mudah untuk bernapas, namun jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka juga bila tidak ingin menjadi perhatian publik. Kalian juga bisa menyiapkan baju tambahan untuk ganti bila berkeringat terlalu banyak. Perlu diperhatikan juga bahwa hampir semua pertokoan dan restoran yang berada disana memiliki AC yang dapat membuat kita sedikit kedinginan, kecuali kalian berada diluar ruangan setiap saat, tidak ada salahnya untuk membawa jaket tipis untuk melindungi kita dari ruangan dingin.

Makan Es Krim dan hidangan musim panas Jepang

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: japanesecooking101)

Hidangan musim panas di Jepang kebanyakan memang ditujukan untuk mendinginkan tubuh kita. Kalian bisa mencoba makanan mi dingin seperti zaru-soba atau nagashi somen, yang merupakan tradisi musim panas dimana somen diluncurkan dalam pipa bambu dengan air dingin yang mengalir. Selain itu ada juga banyak pilihan kakigori yang menjadi salah satu ciri khas musim panas di Jepang ataupun es krim lainnya yang dapat membantu mendinginkan tubuh kita.

Beristirahat

Tips Menghadapi Cuaca Musim Panas di Jepang
(Gambar: japantravel)

Beristirahat setiap melakukan perjalanan singkat juga dapat membantu kita mengatasi teriknya cuaca, jangan memaksakan diri jika tubuh sudah merasa lelah. Kalian bisa mencari pertokoan ataupun restoran untuk beristirahat, seperti dikatakan tadi bahwa tempat-tempat tersebut memiliki AC.

Itulah beberapa tips untuk menghadapi cuaca musim panas di Jepang yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi dan membuat perjalanan kita lebih nyaman. Semoga membantu.

  Featured image: jpninfo