Share on

Jika kamu kenal dengan seseorang atau kamu sendiri pernah ke Jepang, kamu pasti pernah menjumpai, diberi, atau mungkin membeli sendiri beberapa rasa KitKat yang aneh dan luar biasa. Jepang berada jauh di depan dalam hal bermacam varian rasa KitKat, dan sebagian besar dari varian tersebut hanya tersedia secara eksklusif di Jepang. Mengumpulkan varian rasa Kit-Kat bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk ditambahkan ke daftar kegiatan kamu ketika berwisata di Jepang, jadi mari kita lihat rasa-rasa unik yang ada dan di mana saja kamu bisa menemukannya!

Sejarah Singkat

KitKat pertama kali dirilis di Inggris pada tahun 1935, pada waktu itu namanya produknya adalah "Chocolate Crisp". Nama "KitKat" terinspirasi dari "Kit Cat Club", nama klub sosial yang sering dikunjungi para pendiri, dan kemudian "Chocolate Crisp" berganti nama menjadi "KitKat" pada tahun 1937.

KitKat pertama kali diperkenalkan ke Jepang pada tahun 1973, tetapi baru sebelum pergantian milenium (2000) Nestle Jepang pertama kali bereksperimen. Mereka menambah ragam produknya dengan cara memperkenalkan KitKat rasa stroberi ke Hokkaido, yang secara kebetulan pada saat itu sedang musim panen stroberi di kawasan tersebut.

Kit-Kat Sake
KitKat rasa Sake (tsunagujapan.com)

Sejak itu, popularitas KitKat meningkat karena kemampuan Nestle Jepang untuk memanfaatkan budaya memberikan suvenir. Mereka juga sengaja membuat beberapa varian rasa edisi terbatas agar varian tersebut menjadi barang yang langka, dan kelangkaanlah yang meningkatkan nilai KitKat bagi konsumen. Selama 20 tahun, hampir 400 varian rasa telah dikembangkan, dan dalam satu tahun mereka bisa memproduksi 40 varian rasa, dengan 20 sampai 30 di antaranya adalah edisi terbatas.

Berbagai Varian Rasa Kit-Kat

Selama enam tahun terakhir, varian rasa reguler yang tersedia di pasaran adalah rasa original, dark chocolate, greentea, strong green tea, roasted gree ntea, dan raspberry. Ada juga varian rasa musiman, seperti rasa sakura yang biasa muncul saat musim semi, atau rasa mint chocolate yang biasa muncul saat awal musim panas, dan masih banyak lagi. Setiap beberapa bulan sekali varian rasa baru dirilis, dan pada musim ini mereka merilis edisi terbatas rasa sakura mochi, sakura sake, Easter banana, dan yuzu matcha.

Kit-Kat Yuzu Matcha
KitKat rasa Yuzu Matcha (tsunagujapan.com)

KitKat juga telah menjadi omiyage atau oleh-oleh yang sangat populer bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Setiap daerah biasanya memiliki varian rasa Kit-Kat sendiri, dibuat dari bahan-bahan lokal yang dipilih dengan hati-hati demi mewakili esensi suatu wilayah. Misalnya, Kyoto Itokyuemon matcha, momiji manju Hiroshima (kue kukus berbentuk daun maple), beni-imo (ubi jalar ungu) Okinawa, dan sandwich kacang azuki Nagoya. Semuanya memanfaatkan cita rasa dan camilan yang mewakili daerah mereka masing-masing.

Kit-Kat Buah Kokoa
KitKat rasa buah Kokoa (tsunagujapan.com)

Lebih Aneh dari Cokelat Willy Wonka

Nestle Jepang tidak menahan diri dalam pengembangan rasa, mereka terus berinovasi dan menghasilkan varian rasa yang unik, seperti kentang panggang, wasabi, cabe pedas, edamame, dan rasa obat batuk. Mereka juga membuat rasa aneh lainnya seperti minuman olahraga, cuka apel, yuzu dan lada, kecap asin, sup miso, bir jahe, dan banyak lainnya. Jika kamu tau film Charlie and the Chocolate Factory, mungkin rasa-rasa unik ini akan mengingatkanmu pada pabrik cokelat Willy Wonka.

Kit-Kat Cabe Pedas
KitKat rasa cabe pedas (tsunagujapan.com)

Mereka juga berkolaborasi dengan merek-merek terkenal lainnya untuk menciptakan rasa baru, seperti Tokyo Banana yang ikonik. Ada juga KitKat dengan rasa jus sayuran yang berkolaborasi dengan salah satu perusahaan minuman terbesar di Jepang, Ito En.

Kit-Kat Jus Sayuran
KitKat rasa jus sayuran (tsunagujapan.com)

Pada tahun 2018, untuk merayakan tahun ke-45 sejak peluncuran perdana KitKat di Jepang, Nestle Jepang mengadakan kompetisi online yang menyerukan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk menominasikan cita rasa baru dan memberikan suara mereka untuk kampanye New Flavor World Summit. Ada banyak saran yang tidak biasa termasuk rasa ASI dan mie goreng Indomie. Akhirnya, setelah setengah juta suara dari 81 negara dikumpulkan, tiramisu stroberi yang relatif konvensional terpilih sebagai pemenang.

Di mana Kamu Bisa Menemukan KitKat Jepang yang Aneh dan Unik?

Kamu bisa menemukan rasa KitKat unik di banyak toko di Jepang: konbini, supermarket, toko oleh-oleh, toko obat, dan bahkan beberapa kantor pos. Don Quijote juga menyediakan beragam varian KitKat dari beberapa daerah lain di Jepang dan dengan harga yang lebih murah. Kamu juga akan menemukannya di sebagian besar bandara, stasiun kereta, dan terminal bus utama, serta lokasi lain yang menjadi tempat toko-toko suvenir.

Varian Kit-Kat
Varian KitKat yang hanya ada di Jepang (tsunagujapan.com)

Penggemar KitKat yang berkunjung ke Jepang wajib berkunjung ke salah satu toko KitKat Chocolatory di Tokyo dan Osaka untuk pengalaman Kit-Kat premium high-end. Kotak hadiah yang cantik, berisi berbagai rasa dari seri Chocolatory, menjadi oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang.