Share on

Travelling ke luar negeri, terutama ke negara di mana agama Islam bukanlah agama mayoritas, mungkin agak membingungkan bagi kamu yang seorang Muslim.  Mulai dari makanan halal, tempat untuk beribadah dengan aman dan nyaman, hingga mencari penginapan kelihatannya agak sulit sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk berlibur ke negara lain. Namun, kini kamu tak perlu khawatir. Bagi kamu yang ingin berangkat ke Jepang, terutama ke Kyoto, ada situs resmi kota Kyoto yang sangat Muslim-friendly yang bisa membantumu dalam berwisata ke kota cantik itu!

Advertise With Us

Nah ketika masuk ke dalam situs ini, kamu akan disambut oleh pesan manis dari Kyoto Muslim Association (KMA). Asosiasi ini adalah organisasi bagi para Muslim yang bermukim di Kyoto dan telah berdiri sejak tahun 1987. Mereka terus aktif untuk mempromosikan agar penduduk Kyoto lebih memahami Islam dan berusaha untuk menjadi jembatan persahabatan antara umat Muslim dan Jepang.

Ilustrasi wanita Muslim. (kyoto.travel)
Ilustrasi wanita Muslim. (kyoto.travel)

Dalam misinya itu, KMA juga berusaha untuk menyediakan makanan halal bagi para anggotanya, menginformasikan pada masyarakat Jepang tentang peraturan makan bagi seorang Muslim, dan membuat berbagai event di bulan Ramadhan seperti Islamic World Festival and Iftar Party, di mana mereka mengundang para penduduk Kyoto untuk berbuka puasa bersama sambil mencicipi makanan khas negara-negara Muslim.

Pada tahun 2012, KMA berhasil membuat Kyoto Council for Sharia dan Halal Affairs. Keduanya bertujuan untuk meningkatkan persediaan makanan halal di Kyoto, dan memfasilitasi kehidupan Muslim selama tinggal di kota ini, agar kehidupan atau liburan mereka bisa lebih nyaman dan aman.

Nah, kembali ke situs resmi Kyoto yang Muslim-friendly, di dalamnya KMA telah membuat berbagai daftar yang membuatmu dapat berwisata ke Kyoto dengan nyaman. Misalnya, daftar beberapa masjid, restoran dan tempat umum yang menyediakan tempat untuk shalat. Ada petanya juga lho, kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Buatmu yang ingin mencoba ramen autentik Kyoto tapi takut bahannya tidak halal? Tenang saja, dalam situs ini, ada daftar restoran halal di Kyoto. Ada 2 restoran ramen juga lho. Bisa klik langsung saja link berikut.

100% Halal Ramen Gion Naritaya. (kyoto,travel)
100% Halal Ramen Gion Naritaya. (kyoto,travel)

Nah, jalan-jalan halal sudah, makan halal sudah, tinggal menginapnya nih. Kira-kira di mana ya tempat menginap yang lengkap dengan petunjuk arah kiblat dan menyediakan makanan halal? Lagi-lagi kamu tak perlu khawatir, situs ini menyediakan daftar hotelnya! Asyik kan?

Hotel Granvia Kyoto, hotel Muslim-friendly dengan restoran halal (kyoto.travel)
Hotel Granvia Kyoto, hotel Muslim-friendly dengan restoran halal (kyoto.travel)

Jika ingin tahu lebih lanjut, klik saja ya situs Supports for Muslim-nya Kyoto!