Share on

Hokkaido merupakan salah satu area di Jepang yang dikenal dengan berbagai makanan lezat. Nah, di bawah ini ada daftar makanan lezat asal Hokkaido yang wajib dicoba satu kali dalam seumur hidup. Apa saja?

King Crab

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Kepiting di Hokkaido (livejapan.com)

Meski kepiting kerap diasosiasikan dengan musim dingin, di Hokkaido kamu bisa menikmati kepiting sepanjang tahun! Meskipun begitu, king crab dan snow crab memang paling lezat dinikmati ketika April hingga Mei, saat es dan salju di Hokkaido mulai meleleh. Karena kamu bisa menikmati berbagai macam kepiting setiap musimnya, kepiting Hokkaido wajib dicoba!

Datanglah ke Katukakino Hanasaki di Sapporo jika ingin menikmati king crab lezat. Ada pertunjukan Crab Father juga lho, sang manager akan mengurus sebuah king crab langsung di depanmu!

Sushi

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Seafood rice bowl. (livejapan.com)

Hokkaido merupakan tempat yang terkneal dengan seafood segar. Karena itu, tak aneh jika tempat ini menyajikan berbagai sushi lezat!

Misalnya, seafood rice bowl di Nijo Market Oiso, sebuah toko spesialis seafood rice bowl di Nijo Market. Manu terpopuler di sini adalah sushi dengan bahan dasar landak laut yang bisa kamu nikmati di sekitar bulan Juni hingga Agustus.

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Specially Selected 13 Nigiri di Washoku to Sushi no Nijo (livejapan.com)

Jika ingin menikmati sushi murah, datang saja ke Washoku to Sushi no Nijo. Berbeda dengan Nijo Market, tempat ini lebih sering dipenuhi pelanggan lokal. Untuk menu-menu yang tersedia, selain sushi ada ikan bakar, tempura dan masih banyak lagi. Semua yang disajikan di restoran ini segar, wajib dicoba!

Genghis Khan (Jingisukan)

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Jingisukan (livejapan.com)

Berikutnya, ada Jingisukan (Genghis Khan), makanan wajib di Hokkaido. Biasanya, makanan ini terbuat dari daging domba yang direndam dalam saus dan dipanggang. Namun, Jingisukan ala Hokkaido dibuat dengan cara berbeda, dagingnya dipanggang dulu baru dicelup ke dalam saus.

Jika ingin mencicipi makanan lezat ini, bisa coba datang ke Tsukisapp Jingisukan Club, sebuah restoran yang sering disebut-sebut sebagai tempat lahir Jingisukan Hokkaido.

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Jingisukan di Tsukisapp Jingisukan Club (livejapan.com)

Nah, rahasia dari nikmatnya Jingisukan di Tsukisapp Jingisukan Club adalah caranya dipersiapkan. Toge dan sayur-sayuran lain diletakkan di ujung pan, sementara daging dombanya diletakkan di tengah-tengah pan. Dengan menata bahan-bahannya seperti ini,, membuat rasa dagingnya meleleh dan menyebar ke sayuran. Gurih!

Ketika daging sudah tidak lagi berwarna merah, artinya makanan ini siap disantap. Selain itu, restoran ini juga punya saus rahasia. Perpaduan rasa daging bakar yang lezat dan rasa sausnya yang sedikit pedas sangat klop, bikin kamu tak bisa berhenti makan!

Hokkaidos Three Great Ramen dan Rishiri Ramen

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Sapporo Ramen (livejapan.com)

Ramen merupakan makanan paling populer di Hokkaido. Nah, ada 3 jenis ramen lho yang jadi big three di Hokkaido. Yaitu Sapporo Ramen, Asahikawa Ramen, dan Hakodate Ramen. Apa bedanya?

Sapporo Ramen identik dengan sayuran serta rasa miso dan rasa bawang bombaynya yang kuat. Sementara Asahikawa Ramen memiliki kuah yang terbuat dari kecap serta kaldu tulang babi dan seafood. Selain itu, Asahikawa Ramen biasanya melapisi kuah mereka dengan minyak lemak babi agar kuahnya tetap hangat. Meski begitu, rasanya tetap ringan. Nah untuk Hakodate Ramen, kuahnya bening dan asin. Hakodate Ramen dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, bikin semua orang meminum kuahnya hingga habis.

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Yakishouyu Ramen, salah satu jenis Rishiri Ramen (livejapan.com)

Selain itu, ada Yakishouyu Ramen, salah satu jenis Rishiri Ramen. Ramen jenis ini dibuat dengan sup yang terbuat dari kelp Rishiri berkualitas. Lezat!

Kue Lezat Hokkaido!

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Deux Fromage Roll (livejaoan.com)

Selain seafood, Hokkaido juga dikenal dengan susu segar dan produk-produk dairy-nya. Nah, jika ingin mencoba kue lezat berbahan dasar susu sapi asal Hokkaido, bisa kunjungi toko kue LeTao di Otaru.

Toko yang memiliki 6 cabang di Otaru ini memiliki kue berbeda-beda setiap tokonya. Misalnya LeTao Main Store di mana kamu dapat menikmati Deux Fromage Roll, sebuah cake yang terbuat dari cheesecake dan cream cheese lembut, cocok untuk souvenir.

5 Makanan Khas Hokkaido yang Wajib Dicoba!
Adele (livejapan.com)

Berbeda dengan Nouvelle Vague Leutao Chocolatier Otaru Main Store yang hanya berjarak 3 menit jalan kaki dari toko utama. Nah, di toko spesialis coklat ini ada Adele, sebuah mousse dark chocolate yang dilapisi dengan 2 jenis milk chocolate, lezat dan cocok buatmu pecinta coklat!

Itulah 5 makanan lezat Hokkaido yang wajib dicicipi. Jangan lupa coba yang lain ya!