Share on

Membeli oleh-oleh sudah seperti kewajiban jika bepergian ke tempat-tempat wisata. Namun, membeli oleh-oleh kadang membingungkan, apalagi kalau kita tidak tahu ciri khas tempat tersebut. Nah, buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh saat berkunjung ke Okinawa, Jepang,  jangan khawatir! Kamu bisa mencoba membeli oleh-oleh khas Okinawa berikut. Apa saja? Mari kita simak!

Advertise With Us

Tart Ubi Ungu

5 Oleh-Oleh Menarik Khas Okinawa
Tart Ubi Ungu khas Okinawa (matcha-jp.com)

Kue manis ini dibuat dari ubi ungu (beni-imo) asal Okinawa. Tart ubi ungu Okinawa ini terkenal dengan teksturnya yang agak berminyak dan empuk, membuatnya jadi salah satu oleh-oleh Okinawa terpopuler. Meskipun tart ini bisa ditemukan di mana-mana, akan lebih baik jika membelinya dari pembuat aslinya, Okashi Goten. Tart ini dibuat tanpa menggunakan pengawet dan pewarna makanan, jadi tetap sehat.

Sata Andagi

5 Oleh-Oleh Menarik Khas Okinawa
Sata Andagi khas Okinawa (matcha-jp.com)

Sata andagi adalah donat tradisional asal Okinawa. Uniknya, bentuk donat ini bulat dan sedikit tidak beraturan, tidak seperti donat pada umumnya. Bagian luar sata andagi memiliki tekstur renyah, namun di dalamnya terasa padat dan kenyal, menjadikannya suguhan yang memuaskan.

Jika kamu ingin membeli sata andagi, bisa datang ke lantai dua Bandara Naha di Ryukyumura. Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan sata andagi dengan rasa original dan gula merah. Asyiknya lagi, di sini kamu bisa mendapatkan sata andagi yang masih fresh dari penggorengan.

Ryukyu Glassware

5 Oleh-Oleh Menarik Khas Okinawa
Ryukyu Glassware (matcha-jp.com)

Gelas-gelas cantik berwarna-warni ini merupakan salah satu oleh-oleh terpopuler khas Okinawa. Para pengrajin membuat benda ini dengan memasukkan lelehan kaca ke dalam gumpalan kaca lain. Masing-masing glassware special, semuanya unik. Sebenarnya, Ryukyu Glassware dibuat untuk memanfaatkan kembali botol bir yang dibawa Amerika setelah Perang Dunia II usai, namun kini gelas-gelas ini merupakan salah satu bagian penting untuk meminum sake awamori.

Di Bandara Naha, kamu bisa menemukan berbagai gelas cantik Ryukyu di sebuah toko bernama Rurian. Toko ini menyediakan berbagai glassware dengan varian berbeda.

Sake Awamori

5 Oleh-Oleh Menarik Khas Okinawa
Sake Awamori khas Okinawa (matcha-jp.com)

Sake awamori adalah sake tradisional khas Okinawa. Minuman yang terbuat dari beras ini biasanya diminum langsung atau diencerkan terlebih dahulu. Baru-baru ini, banyak bartender di Okinawa yang menggunakan sake awamori sebagai bahan dasar untuk cocktail mereka.

Ada sekitar 47 pabrik yang memproduksi sake ini, dan semuanya memiliki rasa berbeda. Kamu dapat mencoba berbagai rasa sake ini di Bandara Naha. Jika ingin mencoba yang paling populer, kamu bisa membelinya dari toko White Tiger di Bandara Naha.

Ornamen berbentuk Singa-Anjing (Shisa)

5 Oleh-Oleh Menarik Khas Okinawa
Ornamen Shisa khas Okinawa (matcha-jp.com)

Shisa dikenal sebagai binatang suci yang bertugas melindungi kita dari hal jahat dan berperan sebagai dewa pelindung. Di Okinawa, kamu bisa melihat shisa di mana-mana, di gerbang, atap, dan lain-lain. Ornamen shisa dalam ukuran kecil dan berbagai biasanya dibuat sebagai oleh-oleh.

Jika kamu ingin membawa pulang ornamen shisa mini dengan ekspresi yang lucu, kamu bisa membelinya di Itoman Kobo. Ornamen shisa di toko ini dibuat oleh Sakae Sakuma, seorang seniman yang cukup terkenal.

Nah, tidak perlu bingung kan? Jangan lupa bawa benda-benda ini untuk keluarga dan teman-temanmu nanti ya!