Berita Jepang | Japanesestation.com

Bagian bumbu di supermarket Jepang selalu menjadi gudang harta karun bagi pencinta masakan Jepang. Variasi bumbu dan rempah-rempah yang tersedia di Jepang sungguh menggoda untuk dibeli! LIVE Japan mengunjungi Keio Supermarket, salah satu jaringan supermarket utama di Tokyo, dengan seorang ibu rumah tangga, dan mewawancarai staf di sana untuk mencari tahu apa saja bahan masakan Jepang terpopuler yang pengunjung dari luar negeri harus masukkan ke dalam keranjang mereka dan dibawa pulang. Jadi, item apa saja yang harus kamu beli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh?

1. Kewpie Half 400g

Kewpie Half 400g
Kewpie Half 400g (livejapan.com)

Tergantung pada negara tempat membelinya, rasa dan tekstur mayonais dapat sangat bervariasi. Merek Kewpie Jepang cukup terkenal di Asia karena konsistensinya yang lembut dan rasa asin yang ringan. Meskipun cocok dengan hidangan gurih seperti okonomiyaki dan takoyaki, kamu juga bisa menjadikannya pendamping karaage dan gorengan lainnya, bahkan sayuran. Merek ini memiliki berbagai jenis mayonais, termasuk Kewpie Half, yang mengandung jauh lebih sedikit kalori.

2. Kikkoman Nama Shoyu 450ml (288 yen)

Kikkoman Nama Shoyu (450ml)
Kikkoman Nama Shoyu (450ml) (livejapan.com)

Shoyu atau soy sauce merupakan bahan masakan Jepang terpenting, dan merek Kikkoman sudah terkenal di seluruh dunia. Berjalan-jalan di lorong supermarket Jepang mana pun, kamu pasti akan melihat berbagai macam soy sauce. Kikkoman secara khusus menekankan pada proses fermentasi alami tanpa tambahan gula atau perasa. Karena disaring untuk menghilangkan kotoran alami, warnanya cenderung lebih terang daripada kecap asin yang biasa kamu temukan, dan memiliki rasa yang lebih ringan. Jika kamu ingin rasa yang enak tanpa umami yang berlebihan, ini cocok untuk kamu!

Huawei MatePad Pro

3. S&B Golden Curry 198G (214 yen)

S&B Golden Curry 198G
S&B Golden Curry 198G (livejapan.com)

S&B adalah perusahaan makanan dan bumbu Jepang yang telah berbisnis selama sekitar satu abad. Mereka menghasilkan ratusan produk yang berhubungan dengan masakan Jepang sehari-hari, dan beberapa di antaranya dapat ditemukan di rumah orang Jepang.

Salah satu produk tersebut adalah Golden Curry Gold curry roux, kubus bumbu yang dapat dicampur dengan air dan sayuran untuk menghasilkan kare yang cepat dan kaya rasa. Meskipun memiliki jenis rasa kari yang mungkin berbeda dari yang kamu tahu, ini cenderung lebih manis dan mengandung variasi rempah yang berbeda. Jadi, jika kamu memiliki kesempatan untuk menikmati kare Jepang dan ingin membawa pulang cita rasanya, inilah kesempatan yang tepat!

4. S&B Nama Shouga (Jahe Segar) (40g) (150 yen)

S&B Nama Shouga (Fresh Ginger)
S&B Nama Shouga (Fresh Ginger) (livejapan.com)

Dalam memasak, bahan seperti bawang putih atau jahe cincang akan membutuhkan waktu untuk dipersiapkan. Rangkaian bumbu dari S&B dapat menghemat waktu, dan cara terbaik untuk membawa pulang beberapa cita rasa Jepang!

S&B menekankan bahwa produk ‘Nama Shouga’ mereka terbuat dari bahan baku asli, berkualitas, dan tidak mengandung bahan tambahan atau pigmen buatan. Jahe yang dibudidayakan di Prefektur Yamanashi telah digunakan selama lebih dari 30 tahun dalam produk ini, disukai karena rasanya yang sederhana dan murni. Kemasan yang ringkas sangat cocok untuk disimpan di dalam koper, dan juga tidak memakan banyak tempat di rak atau lemari es.

5. Mizkan Ajipon (360ml) (228 yen)

Mizkan Ajipon (360ml)
Mizkan Ajipon (360ml) (livejapan.com)

Ajipon adalah bahan masakan Jepang yang seperti persilangan antara cuka dan kecap, tetapi dicampur dengan jeruk. Nikmati saus ini bersama salad dingin, atau gunakan sebagai saus untuk daging, ikan, dan camilan lainnya, atau bahkan dapat ditambahkan ke dalam sup untuk memberi tendangan yang tidak terduga dan rasa yang lebih keras.

6. Otafuku: Adonan Okonomiyaki (430 yen) & Okonomiyaki Sauce (258 yen)

Otafuku: Okonomiyaki 4-person serving / Okonomiyaki Sauce
Otafuku: Okonomiyaki 4-person serving / Okonomiyaki Sauce (livejapan.com)

Selama perjalanan ke Jepang, apakah kamu berkesempatan untuk pergi ke Osaka? Jika ya, kamu mungkin menikmati salah satu hidangan lokal terkenal yang menjadi soul food banyak orang, okonomiyaki! Meskipun kamu dapat dengan mudah membuat makanan ini di rumah, untuk memberikan rasa yang autentik, kamu pasti ingin mencoba peralatan okonomiyaki Otafuku!

Setiap paket berisi bahan yang cukup untuk empat orang, dibagi menjadi dua paket besar. Selain campuran bahan asli Osaka, ada bubuk rumput laut dan bahan penting lainnya untuk mendapatkan rasa yang lengkap. Kamu juga perlu menyiapkan beberapa bahan tambahan, seperti sawi putih, daun bawang cincang, telur, irisan daging, dan air.

Setelah selesai menyiapkan okonomiyaki, pastikan untuk melengkapinya dengan taburan saus Osaka yang lezat dan taburan bubuk rumput laut dan serpihan bonito. Cita rasanya benar-benar akan memanjakan lidah kamu!

7. Nittou Kaisou: Hokkaido Kelp (960 yen)

Nittou Kaisou: Hokkaido Kelp
Nittou Kaisou: Hokkaido Kelp (livejapan.com)

Banyak daerah produksi utama kelp (konbu) di Hokkaido, dan Nittou Kaisou menawarkan produk berkualitas tinggi. Sebenarnya, konbu merupakan bahan masakan Jepang terpenting dan sering digunakan dalam sup miso, juga dapat digunakan untuk membuat kaldu shabu-shabu, ramen, dan bahkan digunakan untuk memasak nasi ala Jepang.

8. S&B: Rayu (Minyak Cabai) (117 yen)

S&B: Rayu (Chili oil)
S&B: Rayu (Chili oil) (livejapan.com)

Ini adalah produk S&B dengan popularitas tinggi. Botol minyak pedas ini menjadi item wajib bagi keluarga Jepang, dan botolnya cukup kecil untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh! Meski penampakan minyak pedas ini terlihat menakutkan, tetapi rasanya tidak terlalu pedas dan bisa menambah aroma masakan.

9. Nagatanien: Hotel New Otani Hotcake Mix (500g) (396 yen)

Nagatanien: Hotel New Otani Hotcake Mix (500g)
Nagatanien: Hotel New Otani Hotcake Mix (500g) (livejapan.com)

Supermarket Tokyo ini juga memiliki beragam campuran untuk makanan yang dipanggang. Yang satu ini adalah campuran Hotcake yang juga bisa digunakan untuk membuat muffin. Resepnya didasarkan pada resep asli yang disajikan di Hotel New Otani yang terkenal di Jepang.

Produk utamanya adalah vanilla muffin powder, yang produksinya diawasi oleh dessert chef dari sebuah restoran ternama di Tokyo, oleh Nakajima Yusuke, kepala chef Hotel New Otani di Tokyo. Mudah membuat muffin lezat kualitas restoran Jepang dengan bahan dan wajan sederhana di rumah!