Share on

Kalau kamu berwisata ke Jepang, kamu bisa membeli oleh-oleh murah di berbagai tempat seperti, Don Quijote atau Dollar Store. Disana kamu bisa menemukan tenugui (sapu tangan), sensu (kipas lipat), dan beberapa oleh-oleh tradisional Jepang lainnya dengan harga murah.

Advertise With Us

Tetapi bagaimana jika kamu perlu membeli oleh-oleh untuk orang penting seperti atasan, partner bisnis, atau boss dari perusahaan lain yang sudah bekerja sama dengan perusahaan kamu? Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli barang yang lebih mahal dan elegan. Berikut adalah rekomendasi 6 Hadiah High-End Tradisional Jepang yang bisa kamu berikan sebagai oleh-oleh.

1. Sumpit

Kamu bisa saja membeli sumpit murah dari Dollar Store seharga 100yen per pasangnya. Tetapi, kalau kamu ingin sesuatu yang lebih mewah, elegan, dan awet, kamu perlu datang ke toko spesialis sumpit.

Oleh-Oleh High-End Tradisional Jepang
Sumpit dari Hashi Gallery Mon, oleh-oleh mewah Jepang (www.hashi-gallery-mon.jp)

Salah satu toko spesialis sumpit yang paling populer adalah Hashi Gallery Mon, memiliki banyak cabang toko di seluruh Jepang. Harga sumpit kreasi yang dijual disini berkisar antara 800 yen sampai dengan 35,000 yen untuk 1 set sumpit yang mewah. Disini kamu juga bisa memesan sumpit custom, atau mengukir nama di sumpit yang kamu beli. Untuk informasi lainnya, kamu bisa berkunjung langsung ke website resmi Hashi Gallery Mon disini.

2. Yosegizaiku

Hakone di Kanagawa adalah tempat terbaik untuk menemukan yosegizaiku, kerajinan yang terbuat dari potongan kecil kayu yang disusun. Mulai dari anting, kotak perhiasan, bingkai foto, dan lebih banyak lagi, semuanya bisa dibuat dari yosegizaiku, tergantung untuk siapa kamu ingin memberikannya.

Oleh-Oleh High-End Tradisional Jepang
Yosegizaiku, kerajinan kayu (matcha-jp.com)

Hakone Maruyama, salah satu toko yosegizaiku, selain memiliki toko fisik, mereka juga memiliki website di mana kamu bisa memesan yozegizaiku secara online dan akan dikirim ke negaramu.

3. Edo Kiriko

Edo Kiriko adalah kerajinan kaca tradisional Jepang dari zaman Edo, dengan ukiran yang indah dan sangat detail. Kerajinan ini adalah hadiah sekaligus oleh-oleh Jepang paling mewah yang bisa kamu berikan kepada seseorang. Sekarang, desain dan warna Edo Kiriko sudah memiliki banyak variasi. Item Edo Kiriko yang paling umum adalah cup sake, whiskey glass, champagne flute, dan vas.Edo Kiriko, oleh-oleh termewah dari Jepang yang bisa kamu berikan pada seseorang (kanjijp.com)Kalau kamu ingin membeli Edo Kiriko sebagai hadiah, pastikan untuk membungkusnya dengan baik sebelum dibawa, karena sangat rapuh.

4. Nambu Tekki

Dibuat di Morioka, prefektur Iwate, peralatan besi Nambu adalah kerajinan tangan yang indah dan awet, dan juga cocok untuk digunakan sebagai peralatan rumah tangga sehari-hari. Item yang paling umum dari Nambu adalah teko, setiap ukuran memiliki fungsi yang berbeda, dengan warna hitam. Tetapi ada juga beberapa toko yang memiliki warna khas toko mereka sendiri.

Oleh-Oleh High-End Tradisional Jepang
Nambu Tekki, kerajinan teko dari besi (kusuyama.jp)

Peralatan besi Nambu ini bisa kamu temukan hampir di semua departement store di Tokyo.

5. Shikki

Oleh-Oleh High-End Tradisional Jepang
Shikki, kerajinan peralatan makan dari Jepang (nippon-kichi.jp)

Shikki atau lacquerware, telah ada di Jepang sejak periode Jomon. Terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, kertas, kaca, metal, yang dilapisi oleh pernis. Item paling umumnya dalah sumpit, peralatan makan, perabotan rumah tangga, dan kuas melukis atau make-up. Setiap item dibuat langsung satu per satu dengan tangan, jadi tidak ada satupun item yang identik.

6. Koshu Inden

Salah satu kerajinan yang paling terkenal dari prefektur Yamanashi, koshu inden ini mirip dengan batik cetak, tetapi dicetak di atas kulit rusa. Selama periode Sengoku, koshu inden dicetak pada salah satu bagian di baju zirah (armor) para samurai.

Oleh-Oleh High-End Tradisional Jepang
Koshu Inden,kerajinan Jepang yang mirip seperti batik (kofu-tourism.com)

Saat ini, koshu inden dibuat menjadi berbagai kerajinan kulit seperti dompet, tas, dan lainnya. Untuk membelinya, kamu bisa berkunjung ke prefektur Yamanashi, Tokyu Plaza di Ginza, atau Inden-ya di Minami Aoyama. Inden-ya juga memiliki online store, tetapi sayangnya belum tersedia pengiriman ke luar negeri.