Share on

Wisata alam di Prefektur Okinawa menawarkan keindahan laut biru dilengkapi dengan tumbuh-tumbuhan hijau di sepanjang jalan dan cuaca yang hangat bagaikan Hawaii sehingga, banyak turis yang berkunjung kesini untuk sekedar berjemur dan bermain di pantai. Tapi, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata kuliner yang menyajikan masakan setempat saat berlibur. Berikut ada 5 restoran terbaik Naha Okinawa yang menyajikan masakan khas Ibu kota prefektur tersebut. 

1. Restoran Yamamoto

Restoran yang mulai buka pada pukul 17.00 ini merupakan salah satu restoran terbaik Naha yang menyajikan hidangan BBQ ala Korea yang sangat populer di  kalangan turis, sehingga kamu wajib membuat reservasi dulu ketika ingin makan di sini. Restoran yang berjarak sekitar 10 menit dari terminal bus ini menyuguhkan berbagai olahan daging sapi khas Ishigaki seperti steak daging sapi, daging sapi panggang premium, dan Niko Tan yang populer. Niko Tan yang berasal dari bahasa Jepang nikomu (mendidih) dan tan (lidah)merupakan hidangan lidah sapi yang diiris tipis dan disajikan dalam keadaan masih panas.

Kuliner Jepang
Hidangan Niko Tan, daging sapi panas yang bikin nagih (tsunagujapan.com)

Nama: Yamamoto

Jam buka: 17.00 - persediaan daging habis

Alamat: 2-5-18, Hamasaki-cho, Ishigaki-shi, Okinawa

Google Maps

Situs web (Jepang)

2. Maruyoshi Shokudo

Restoran ini merupakan restoran soba tertua di Miyakojima  yang berdiri sejak 1961 dan berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Pulau Miyako. Yang menarik adalah resep mie soba mereka telah diwariskan selama tiga generasi dan terus mengembangkan cita rasanya selama 50 tahun. Saki Soba merupakan menu yang paling populer di restoran ini, mie soba disajikan dengan tonkotsu lalu disiram dengan  kaldu sup yang terbuat dari souki (iga babi), torigara (sup ayam), dan bubuk bonito (katsuobushi) yang direbus supaya lebih kaya rasa. Terakhir, hidangan akan disajikan dengan bawang putih parut sebagai bahan rahasia dalam sup.

Mie Soba, Kuliner Jepang
Souki Soba, hidangan utama di Restoran Maruyoshi Shokudo (tsunagujapan.com)

Nama: Maruyoshi Shokudo

Jam buka: 10:30 - 18:00 

 Saat musim panas : 10:30 - 20:00 

Alamat : 975, Sunakawa, Kusukabe Aza, Miyokojima-shi, Okinawa

Google Maps

Situs webJepang)

3. Doug's Burger

Bosan dengan makanan laut? Kamu bisa mencoba ke Doug's Burger di Pulau Miyako dengan berkendara sekitar 10 menit dari Bandara Miyako. Seperti burger pada umumnya yang terdiri dari roti tebal yang menghimpit sayuran dan keju di tengahnya, teksturenya yang lembut dan pas untuk digigit. Selain itu,restoran ini juga memiliki tiga varian burger yang bisa kamu coba yaitu burger tuna, burger daging sapi,dan burger vegan. Jangan lupa untuk memesan minuman cola dan makanan pendamping onion rings yang cocok untuk menemani makan siangmu.

Burger,Kuliner Jepang
Doug's Burger disajikan bersama daging tuna, sayur, dan keju di dalamnya (dougsburger.com)

Nam : Doug's Burger

Jam buka: 11:00 - 20:00

Alamat: 101, 1153-3, Shimozato, Hirara, Miyakojima-shi, Okinawa

Google Maps

Situs web(Jepang)

4. Akaishi Shokudo

Restoran yang terletak di bagian utara Pulau Ishigaki ini, dapat dicapai setelah berkendara selama 20 menit dari bandara. Meskipun letaknya yang terpencil namun restoran ini selalu ramai oleh turis dan penduduk setempat. Ini karena menu yang ditawarkan pun beragam mulai dari Yaeyama soba, soki soba, dan tonkatsu. Soki soba berisi tiga potong soki (iga babi rebus ala Okinawa), sedangkan untuk menu tonkatsu porsi yang disajikan cukup besar sehingga kamu akan merasa kenyang.

Tonkatsu, Kuliner Jepang , Okinawa
Porsi Tonkotsu yang cukup besar akan membuatmu merasa kenyang (tsunagujapan.com)

Nama: Akaishi Shokudo

Jam buka: 17:30 - 19:00

Alamat : 360, Ibaruma, Ishigaki-shi, Okinawa

Google Maps

Situs web (Jepang)

5. Namiji

Yang keempat dari daftar restoran terbaik Naha Okinawa adalah Namiji. Restoran ini merupakan restoran izakaya yang menyajikan makanan laut khas Okinawa. Restoran yang terletak dekat Kumejima Eef Beach Hotel ini dapat ditempuh dengan mobil selama 20 menit dari Bandara Kumejima. Menu andalannya adalah Japanese Tiger Prawns yang biasanya disajikan sebagai sashimi atau tempura. Selain itu ada karaage ala Pulau Kume), somen, dan chanpuru. Hidangan yang beragam inilah yang menjadikan Namiji sangat populer, sehingga kamu disarankan untuk melakukan reservasi dahulu sebelum berkunjung.

Sashimi, Okinawa, Kuliner Jepang
Restoran Namiji yang terletak di Pulau Kume ini menyajikan berbagai makanan laut ala Pulau Kume (tsunagujapan.com)

Nama : Namiji

Jam buka: 11:00 - 14:30 (makan siang) & 17.30 - 24.00 (makan malam)

Alamat: 548-32, Janado, Kumejima-cho, Shimijiri-gun, Okinawa

Google Maps

Situs web (Jepang)