Share on

Prefektur adalah yurisdiksi di Jepang yang merupakan nama lain dari provinsi, jika di Indonesia di sebut dengan provinsi maka di Jepang disebutnya prefektur. Jepang memiliki kurang lebih 47 prefektur, dan dibagi menjadi beberapa tingkatan prefektur, kota, dan desa.

Advertise With Us

Tingkat prefektur dibagi menjadi 4. Yang pertama, disebut "To" (), To merupakan prefektur satu metropolis atau bisa disebut Ibu Kota (Tokyo), kedua, "Do" () yang merupakan prefektur satu sirkuit (Hokkaido), istilah ini awalnya digunakan untuk merujuk kepada wilayah Jepang terdiri dari beberapa provinsi. Ketiga, ada "Fu" () yang merupakan dua prefektur perkotaan atau dua kota besar (Osaka dan Kyoto), terakhir ada "Ken" () yang merupakan 43 prefektur lainnya. Dalam bahasa jepang ke-4 golongan prefektur ini disebut dengan Todofuken .

Nah, selain prefektur, masih ada tingkat di bawahnya, yaitu sub-prefektur. Tingkat sub-prefektur terbagi jadi 2 yaitu sub-prefektur atau Shicho () dan distrik atau Gun (). Di bawahnya, ada tingkatan kota dan desa terbagi menjadi 7, yaitu : Kota Terpilih atau Seirei-shitei-toshi (), Kota Inti atau Chukaku-shi (), Kota Istimewa alias Tokurei-shi (), Kota atau Shi (), Distrik Kota Tokyo atau Tokubetsu-ku (), Kota Kecil atau Cho/Machi () dan Desa alias Son/Mura (). Ada juga tingkat kota terpilih yang disebut Distrik Kota (Ku ).

Prefektur juga sering dikelompokkan menjadi delapan wilayah (Chiho) yakniHokkaid, Thoku, Kant, Chbu, Kansai, Chgoku, Shikoku, dan Kysh. Daerah-daerah yang tidak secara resmi ditentukan, mereka tidak memiliki pejabat terpilih, tidak pula mereka badan hukum. Namun, dalam praktek urutan prefektur berdasarkan lokasi geografis mereka sering digunakan. Berikut ini prefektur dan wilayah Jepang yang JS urutkan dari yang paling utara ke selatan :

Hokkaid

Area Hokkaido hanya memiliki satu kota, yaitu Hokkaido.

Tohoku

Tidak seperti area Hokkaido yang hanya memiliki 1 kota, area Tohoku dibagi menjadi 6 kota, yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, Fukushima

Kanto

Kanto punya 7 area, yaitu Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Chiba, Tky, dan Kanagawa.

Chubu

Chubu punya cukup banyak kota, yaitu Niigata, Toyama, Ishikawa, Fukui, Yamanashi, Nagano, Gifu, Shizuoka, dan Aichi.

Kansai

Ada 7 kota di area Kansai, yaitu Mie, Shiga, Kyto, saka, Hygo, Nara, Wakayama.

Chugoku

Hanya ada 5 kota di area Chugoku, yaitu Tottori, Shimane, Okayama, Hiroshima, dan Yamaguchi.

Shikoku

Kota di Shikoku hanya ada 4, yaitu Tokushima, Kagawa, Ehime, dan Kchi.

Kyushu

Jika dibandingkan area lain, Kyushu punya banyak kota di dalamnya. Ada 8 kota di area ini, yaitu Fukuoka, Saga, Nagasaki, Kumamoto, ita, Miyazaki, Kagoshima dan Okinawa.

Sumber: berbagai sumber