Share on

Apakah kamu ingin mencoba berwisata ke sebuah pulau dengan keindahan alam yang memukau dan menikmati indahnya pantai yang belum terjamah oleh manusia? Atau ingin melihat hewan-hewan yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain? Datang saja ke Pulau Iriomote di Prefektur Okinawa, Jepang!

Pulau Iriomote adalah pulau terbesar dari Kepulauan Yaeyama (Yaeyama-shoto), kumpulan dari 19 pulau sub-tropis di barat daya Prefektur Okinawa. Pulau ini disebut-sebut sebagai salah satu pulau dengan lingkungan yang paling alami di Jepang dengan lebih dari 90% wilayah pulaunya ditutupi oleh hutan hujan tropis dan pohon bakau.

Iriomote juga merupakan rumah dari berbagai spesies flora dan fauna eksotik, seperti kucing Iriomote (yamaneko) yang langka dan hanya bisa kamu temukan di Iriomote atau ular habu yang berbisa. Pulau ini juga memiliki sebuah kawasan pelestarian alam bernama Iriomote National Park atau Taman Nasional Iriomote yang meliputi 34% dari total luas pulau.

Tidak banyak orang yang menghuni di pulau ini, hanya ada sekitar 2.000 orang yang tinggal di kota pelabuhan Uehara di utara dan Ohara di selatan. Kedua kota ini terhubung dengan kapal feri dari Pelabuhan Ishigaki di Pulau Ishigaki, yang terletak sekitar 20 km dari utara Iriomore. Iriomote sendiri memliki sebuah jalan (Jalan Tol Nasional 215) yang menghubungkan kota-kota kecil ini.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Iriomote sebenarnya tengah berlibur di Ishigaki. Namun, mereka memutuskan untuk bermain lebih lama di pulau ini karena banyak banget hal menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti trekking di hutannya, kayaking di sungai, dan scuba diving mengagumi indahnya terumbu karang di pulau ini.

Nah, selain yang sudah disebutkan di atas, apa saja ya yang bisa dilakukan di Pulau Iriomote?

Mengagumi Indahnya Air Terjun dengan Waterfall Trip

Okinawa Iriomote japanesestation.com
Mariudo-no-taki (japanvisitor.com)

Iriomote dikenal dengan keindahan dua air terjunnya, Kampire-no-taki dan Mariudo-no-taki (taki adalah air terjun dalam bahasa Jepang). Untuk mengunjunginya, kamu harus mendaki sedikit dari tepi Sungai Urauchi (Urauchi-gawa) setelah melewati sungai dengan kapal layar atau kayak selama 1 jam. Lanjutkan waterfall trip-mu dengan trekking dan berlayar menuju Pinaisara-no-taki, air terjun tertinggi di Prefektur Okinawa. Wajib dicoba nih!

Mengamati Kehidupan Alam Iriomote

Buat kamu yang tertarik mengamati kehidupan alam Iriomote, bisa mengunjungi Iriomote Wildlife Center (IWC), sebuah museum/fasilitas penelitian yang bisa dicapai dengan berkendara sebentar dari Ohara. IWC memiliki panel dinding yang menyajikan penjelasan detail terkait  kehidupan burung-burung di Iriomote, audio-visual tentang kucing Iriomote, informasi menarik tentang Katak Cane, sebuah spesies katak berbahaya bagi beberapa hewan di Iriomote, dan masih banyak lagi!

Berkeliling Pulau dengan Delman Kerbau

Okinawa Iriomote japanesestation.com
Delman kerbau (jaoanvisitor.com)
Okinawa Iriomote japanesestation.com
Kusir delman kerbau yang memainkan sanshin sambil menyanyikan lagu tradsional (japanvisitor.com)

Jika berkunjung ke area Pulau Yubu yang bisa dicapai dengan berlayar sedikit dari Iriomote, kamu bisa mencoba berkeliling pulau dengan delman kerbau! Saat berkeliling, sang kusir akan menghiburmu dengan memainkan sanshin (alat musik khas Okinawa) sambil menyanyikan lagu tradisional. Seru kan?

Bersantai di Onsen

JIka terus berjalan menuju utara dan melewati Tanjung Noharazaki, kamu akan menemukan sebuah onsen, namanya Iriomote Hot Spring yang dilengkapi dengan pemandian umum indoor dan outdoor (rotemburo) serta sebuah sauna besar. Di sini, ada pemandian terbuka raksasa, tapi ada syaratnya, pengunjung harus memakai baju renang sebeum memasukinya. Nah, buat yang menginap di Painumaya Resort Hotel, bisa menikmati semua fasilitasnya dengan gratis!

Menikmati Indahnya Pantai di Iriomote

Okinawa Iriomote japanesestation.com
Pantai Hoshizuna (japanvisitor.com)

Iriomote dikenal dengan berbagai pantainya yang cantik. Misalnya 3 pantai di bawah ini:

Pantai Hoshinozuna di ujung utara Iriomote yang dikenal dengan pasirnya yang berbentuk bintang (hoshizuna). Pasir unik ini terbentuk dari kerangka hewan-hewan laut lho.

Pantai Nakano, pantai cantik dengan pasir berwarna coklat keemasan yang sangat dekat dengan Kota Uehara dan memiliki area berkemah!

Pantai Funauki, pantai yang kerap disebut sebagai pantai terindah di Jepang dan bisa dijangkau dengan mengendarai kapal dari Shirahama.

Pantai-pantai di Iriomote masih belum terjamah manusia, membuat pantainya cukup bersih. Namun, harus waspada ya. Tidak terjamah berarti tidak ada penjaga pantai lho, jadi harap berhati-hati, terutama ketika berenang atau snorkeling, ada ubur-ubur habu yang berbahaya. Jangan sampai tersengat ya!

Bagaimana Cara Menuju Iriomote?

Pulau Iriomote bisa dicapai dengan menggunakan kapal feri dari Pulau Ishigaki. Feri berkecepatan tinggi ini beroperasi setiap 30 hingga 60 menit sekali dan memakan waktu 35 hingga 40 menit untuk mencapai pelabuhan Ohara.

Kamu juga bisa membawa kendaraan sendiri dan masuk ke Iriomote dengan melewati jalan tol utama menuju pulau. Mudah kan?

Sumber:

Japan Visitor

Japan Travel