Share on

Salah satu aspek yang menarik dari dunia kuliner Jepang adalah senmonten atau restoran khusus. Senmonten berfokus pada satu jenis hidangan tertentu, dengan pengabdian yang kuat dan pengalaman mendalam yang diperoleh koki mereka untuk menyajikan hidangan lezat. Seperti Sansada sebuah restoran Tempura di Tokyo.

Sansada hanya membuat tempura, dan itu adalah pekerjaan yang telah dijalankannya tidak hanya untuk karier staf memasaknya saat ini, tetapi selama beberapa generasi. Sansada dikatakan sebagai restoran tempura tertua yang ada di Jepang, restoran ini didirikan pada zaman Edo tahun 1837.

Sansada, Restoran Tempura Tertua di Jepang
(Gambar: soranews24)

Pertama kali restoran ini bermulai pada saat Jepang masih berada di bawah kebijakan isolasi nasional, dan seorang bernama Sadakichi yang tinggal di provinsi Mikawa (sekarang menjadi prefektur Aichi) pergi ke Edo dan berjualan tempura menggunakan gerobak. Setelah mengumpulkan cukup uang ia membuka sebuah restoran dan sejak saat itu dia dikenal sebagai 'Sadakichi Mikawaya'. Nama Sansada juga diambil dari gabungan nama Sadakichi dan tempat tinggal awalnya.

Sansada, Restoran Tempura Tertua di Jepang
(Gambar: soranews24)

Kalian mungkin menyangka semua citarasa dan sejarah ini datang dengan harga yang mahal, namun tersedia beberapa pilihan menu pada restoran ini, mulai dari set bento seharga 1,500 yen hingga course seharga 9,750 yen. Menu lengkap dapat kalian lihat di website resminya, dan restoran ini selalu ramai pada akhir pekan.

Alamat: 1-2-2 Asakusa, Taito-ku, Tokyo

Jam buka: 11.00 - 21.00 (Last order)

Website

  Featured image: thefoodiesabode

Sumber : soranews24.com