Share on

Instalasi seni bisa jadi sesuatu yang menginspirasi, tapi bagaimana jika instalasi seni menyeramkan yang justru kamu temukan? Bayangkan kamu kamu berjalan-jalan di hutan pasti kamu siap untuk bertemu jalanan berlumpur, serangga, daun-daun berguguran dari pohon, dan suara burung berkicau yang menemani perjalananmu. Tapi, bayangkan ketika kamu berjalan-jalan di tengah hutan menuju lokasi perkemahan dan tiba-tiba menemukan wajah-wajah di antara pepohon, seperti ini:

Seni Patung Wajah, Karya Seni Jepang
Keita Motooka yang menciptakan patung wajah dari daun kering,kotoran dan nasi sebagai perekat ( grapee.jp)

Menakutkan bukan? Kamu pasti akan berpikir bahwa baru saja terjadi peristiwa mengerikan seperti film-film horror. Tenang saja, tidak seperti itu kok! Ini adalah instalasi seni patung wajah karya Keita Motooka, mahasiswa seni di Jepang.  Layaknya mahasiswa seni yang tidak pernah kehabisan akal, Keita membuat karyanya ini dari daun kering, kotoran, dan nasi sebagai perekatnya. Kemudian semua dicampur dan direkatkan ke pohon bambu sebagai medianya.                   

Dilansir dari FNN, awalnya  karya tersebut dibuat sebagai proyek seni dari  universitasnya. Namun, ketika lockdown diberlakukan, universitas ditutup, Keita memutuskan untuk meneruskan proyeknya di rumah. Saat itu juga, untuk pertama kalinya Keita baru mengetahui bahwa orang tuanya memiliki sebidang tanah luas yang kosong di gunung, tempat leluhurnya dikubur. Dari situlah, Keita memutuskan membuat struktur wajah manusia dengan berdasarkan bayangan wajah leluhurnya sebagai model.

Seolah terinspirasi dari pandemi virus corona saat ini, Keita merasa perlu mengekspresikan keprihatinannya dalam bentuk karya seni yang dibuat sedetail mungkin seolah untuk memperlihatkan kesedihan manusia yang mencuat keluar dari pohon bambu. Perlu waktu tiga jam sehari untuk memoles satu per satu karyanya hingga terlihat sempurna. Sebuah dedikasi yang luar biasa dan patut diacungi jempol!

Keita bahkan tidak menyangka bahwa karyanya akan mendapat perhatian besar dari warganet. Ia memang kerap membagikan karyanya ke Twitter dan mendapat beragam komentar seperti  karyanya mirip dengan karakter anime One Punch Man Merzarugard.

Ide kreatif bisa datang dari mana saja, ya bahkan dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang. Tapi apa rasanya ya kalau kita benar-benar mengunjungi hutan dengan instalasi seni Jepang seperti itu apalagi pada malam hari? Nah, mungkin bagi kamu yang takut uji nyali sampai ke hutan, bisa nih nonton film horor Jepang dari rumah saja. Tapi hati-hati jangan sampai susah tidur, ya!