Share on

Berbeda dengan film-film horor dari negara lain, film horor Jepang biasanya bernuansa dan bertema unik dan sulit untuk ditebak. Film horor Jepang lebih mengarah ke psikologis, dengan alur plot twist, menyeramkan, dan tidak selalu berjalan mudah. ​Film-film ini juga mencerminkan budaya yang kaya dan cenderung berfokus pada yūrei (hantu), yōkai (setan), onryō (roh pendendam), dan kehancuran keluarga (keluarga merupakan salah satu aspek penting dari budaya Jepang). Tidak hanya menakuti penonton dengan hantu-hantu, Jepang juga tidak segan untuk menambahkan unsur-unsur aneh yang unik dan darah ke dalam film mereka.

The Ring (1998) dan The Grudge (2002) merupakan film horor Jepang yang sukses, tapi taukah kamu masih banyak film horor dari Jepang lainnya yang tidak kalah seram dan wajib kamu tonton? Berikut adalah rekomendasi film-film horor Jepang yang akan membuatmu susah tidur.

1. Sadako vs. Kayako (2016)

Poster film horor Jepang Sadako vs. Kayako (en.wikipedia.org)
Poster film horor Jepang Sadako vs. Kayako (en.wikipedia.org)

Dua hantu ikonik dalam film The Ring dan The Grudge, Sadako dan Kayako, sama sama memiliki dendam yang besar, bagaimana jika mereka dipertemukan? Jawabannya bisa kamu dapatkan dalam film Sadako vs. Kayako.  

2. Dark Water (2002)

Film horor Jepang, Dark Water (filmsmash.com)
Film horor Jepang, Dark Water (filmsmash.com)

Film yang satu ini adalah karya klasik yang selama ini diremehkan. Yoshimi adalah seorang ibu tunggal karena perceraian. Untuk membuktikan bahwa ia mampu merawat putrinya, ia pindah ke sebuah gedung apartemen yang bobrok, di mana hal-hal mistis mulai terjadi.

3. Tag (2015)

Fim gore Jepang 2015 (hollywoodreporter.com)
Fim gore Jepang 2015 (hollywoodreporter.com)

Sebuah film horor yang tidak konvensional, unik, dan feminis, film ini memiliki salah satu adegan pembuka paling absurd. Seorang anak sekolah, Mitsuko, berada di dalam bus bersama teman-teman sekelasnya ketika semua orang tiba-tiba terbelah menjadi dua oleh sesuatu yang mematikan. Setelah itu, kita mengikuti Mitsuko ke dalam kekacauan, penuh darah, berjuang untuk bertahan hidup dalam scenario yang semakin aneh setiap menitnya, sambil mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

4. Uzumaki (2000)

Poster film Uzumaki 2000 (youtube: BoneNodle)
Poster film Uzumaki 2000 (youtube: BoneNodle)

Diangkat dari manga horor karya mangaka Junji Ito dengan judul yang sama, konsep film ini sama eksentriknya juga menyeramkan. Bercerita tentang kota terkutuk yang penduduknya dihantui oleh hal-hal spiral yang membuat penduduk kota marah dan stress sampai bunuh diri. Sang tokoh protagonist berusaha untuk menghentikan kutukan spiral tersebut, namun tidak semudah yang ia bayangkan.

5. Suicide Club (2001)

Potongan adegan dalam Suicide Club (kompasiana.com)
Potongan adegan dalam Suicide Club (kompasiana.com)

Sama seperti Tag, film ini juga memiliki adegan pembuka yang sangat mengganggu. 54 anak sekolah berpegangan tangan dan dengan senang hati melakukan bunuh diri secara massal dengan melemparkan diri mereka ke kereta yang melaju. Ketika Jepang terancam oleh gelombang bunuh diri yang tidak terkendali, polisi berjuang untuk mencari tahu apa yang menyebabkan perilaku aneh ini.

6. Corpse Party (2015)

Potongan adegan dalam film Corpse Party (youtube: Eib Semper)
Potongan adegan dalam film Corpse Party (youtube: Eib Semper)

Diambil dari seri video game horor dengan judul yang sama, bahkan ada anime dan manga-nya juga! Berlatar di sekolah berhantu dan sangat gelap dan mengerikan. Film ini memiliki segala unsur film horor: darah, misteri, dan hantu. Sekelompok siswa sekolah menengah melakukan ritual yang disebut "Sachiko Ever After" untuk memastikan mereka akan tetap berteman selamanya. Tetapi setelahnya mereka malah mendapati diri mereka berada di sebuah sekolah dasar yang berhantu dan bertemu dengan hantu Sachiko.

7. Carved: The Slit-Mouthed Woman / Kuchisake-onna (2007)

Film horor Jepang, Kuchisake-onna (asianwiki.com)
Film horor Jepang, Kuchisake-onna (asianwiki.com)

Kuchisake-onna adalah urban legend yang sangat populer di Jepang, tentang hantu seorang wanita cantik yang mati dimutilasi oleh kekasihnya yang cemburu. Dia kemudian bergentayangan dan membunuh korbannya dengan cara merobek mulut mereka seperti miliknya menggunakan gunting. Dalam film ini, menceritakan seorang guru, Noboru, yang mencoba untuk menyelesaikan serangkaian kasus penculikan anak. Ketika dia menyadari Kuchisake-onna ada di balik kasus-kasus tersebut, dia menemukan fakta bahwa dia mungkin memiliki hubungan yang tidak mengenakan dengan hantu itu.