Share on

Banyak di antara kita yang tinggal di rumah sebagai penanggulangan pandemi coronavirus mungkin mendapati diri mereka merasa jenuh. Tidak hanya terhadap pilihan pengiriman makanan yang terbatas, tetapi juga akan resep rumahan mereka selama ini. Untungnya para seniman dan koki Michelin-star Jepang telah mengunjungi Twitter untuk memberikan resep masakan kreatif seperti cheesecake ala kartun yang menawan atau roti panggang taman batu Zen.

Mereka yang ingin meningkatkan level mereka ke masakan ala koki tersebut dengan sedikit upaya keras sepertinya sedang beruntung. Shusaku Toba, pemilik dan seorang koki Michelin restoran Jepang-Prancis Sio, menunjukkan bagaimana mengubah barang-barang konbini Jepang menjadi masakan gourmet dengan resep yang membutuhkan persiapan sederhana!

Toba membagikan resep dalam bahasa Jepang, tetapi panduan bergambar langkah demi langkahnya membuat segalanya mudah dipahami. Inilah beberapa kreasinya yang membuat kalian mungkin segera berlari menuju konbini untuk membeli bahan-bahahnnya. Tentu saja, kalian dapat mengganti dengan barang serupa.

Resep sederhana Japanese Michelin-star chef ini membutuhkan sejumlah lunch pack sandwich rasa selai kacang (tentu saja kalian juga bisa membuatnya sendiri) dengan tambahan kecap asin Jepang dan sepotong keju. Lemparkan sandwich ke dalam oven pemanggang roti dan tambahkan telur goreng di atasnya. Toba mengatakan aroma asin dari kecap asin dan rasa manis yang kaya akan selai kacang, menghasilkan kombinasi seperti mitarashi dango, cemilan mochi yang diolesi kecap manis.

Resep paling sederhana Toba sebenarnya yaitu sandwich Croque Monsieur atau Monte Cristo yang renyah tapi lembut. Sang koki merekomendasikan memanggang egg sandwich toko ke dalam microwave (tidak perlu microwave sebenarnya jika kalian bisa membuat sendiri). Lapisi sandwich dengan irisan ham dan keju, dan masukkan ke dalam oven pemanggang sampai berwarna kecoklatan.

Yang ini bisa menjadi sedikit rumit tanpa konbini Jepang, tetapi tetap terlihat menyenangkan, yaitu resep roti jagung mayones populer di konbini. Cukup isi roti dengan keju parut dan lada sansho Jepang, lalu biarkan dimasak dalam oven pemanggang sesuai keinginan. Keluarkan dan tambahkan satu porsi lada sansho lainnya untuk suguhan roti manis dengan sensasi citrus dan pedas.

Koki Michelin-star ini juga mengambil burger katsu saus tartar untuk di-upgrade. Toba mengambil sandwich kubis dan ayam menchi katsu dari toko 7-11, dan kemudian menambahkannya dengan saus tartar manis buatan sendiri (sang koki menggunakan mayo, bawang cincang, krim segar, madu, dan acar tsukemono Jepang). Pertama-tama, masukkan sandwich ke dalam microwave, setelah mendapatkan kerenyahan ekstra dalam oven pemanggang, berikan sedikit saus tartar (atau ramuan kalian sendiri).

Jika kalian ingin melihat lebih banyak kreasi gourmet sederhana ala koki Michelin-star Jepang, pastikan untuk mengikuti Shusaku Toba di akun Twitter beliau, serta akun terpisah yang didedikasikan untuk resep. Kalian juga dapat menemukan rincian lebih rinci dari resep di atas pada postingan blog berikut ini.