Share on

Wabah virus corona membuat banyak orang terpaksa bekerja dari rumah untuk pertama kalinya dalam kehidupan karir mereka. Secara prikologis, hal ini memicu pro dan kontra. Di satu sisi, hal ini membuat sebagian orang merasa lebih nyaman. Namun di sisi lain, hal ini juga akan menciptakan atmosfir yang membuat mereka merasa harus bekerja terus karena tempat dimana mereka beristirahat menjadi tempat mereka bekerja juga, tentunya menimbulkan stress.

Untungnya, baru-baru ini kami menemukan cara untuk membuat gabungan rumah dan kantor kamu menjadi sedikit lebih tenang. DIY miniatur taman batu ala Jepang atau Zen Garden, bisa kamu simpan di atas meja sebagai hiasan, dan bisa kamu mainkan kapanpun kamu membutuhkan istirahat mental. Bahkan lebih baik, kamu dapat dengan mudah mengatur ulang dan membuat kembali elemen-elemennya jika ingin mengubah penampilannya. Dan bahkan lebih baik dari itu, kamu juga bisa memakannya!

DIY Zen Garden yang Bisa Dimakan
DIY mainan Jepang, miniatur Zen Garden yang bisa dimakan (soranews24.com)
Taman ini sebenarnya terbuat dari adonan permen, diproduksi dalam satu set oleh perusahaan mainan Jepang, Heart. Satu set mainan ini berisi baki kertas, miniatur sapu, cetakan batu, bubuk rasa ramune (soda jeruk), dan cokelat yang berbentuk dan berwarna seperti kerikil.
DIY Zen Garden yang Bisa Dimakan
Campur bubuk permen untuk membuat miniatur batu taman (soranews24.com)

Untuk membuat Zen Garden dari set mainan ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampur bubuk permen dengan sedikit air. Tuang bubuk permen ke dalam gelas pengukur, tambahkan sedikit air, kemudian aduk. Saat kamu mengaduk, campuran akan menghasilkan tekstur kenyal berpasir dengan aroma manis dari ramune yang akan mengisi seluruh ruangan.

DIY Zen Garden yang Bisa Dimakan
Cetak adonan permen batu untuk membuatnya lebih padat dan keras (soranews24.com)

Selanjutnya, masukkan adonan permen ke dalam cetakan batu, kemudian tekan dengan kuat hingga padat. Setelah dicetak, batu-batu ini perlu didinginkan, jadi masukkan ke dalam lemari es.

DIY Zen Garden yang Bisa Dimakan
Tuang bubuk permen ke baki kertas untuk membuat padang pasir (soranews24.com)

Setelah itu ambil bubuk permen lainnya dan masukkan ke dalam baki kertas untuk membuat padang pasir. Ratakan dengan menggunakan miniatur sapu, kemudian gambarlah pola dengan menggunakan ujung pada miniatur sapu.

DIY Zen Garden yang Bisa Dimakan
Miniatur Zen Garden atau taman batu ala Jepang yang sudah ditata dengan cantik (soranews24.com)

Setelah adonan batu menjadi lebih padat, keluarkan dari lemari es, kemudian ditata diatas bubuk pasir yang sudah dibentuk bersama dengan cokelat berbentuk kerikil. Kamu bisa menata Zen Garden milikmu sesuai dengan yang kamu inginkan.

DIY Candy Kit Zen Garden dari Heart ini bisa kamu beli hanya dengan harga 500yen. Produk ini bisa kamu beli secara online lewat Blippo, mereka menyediakan pengiriman gratis ke Indonesia. Tersedia juga dalam berbagai macam varian rasa, bentuk, dan tema lainnya.