Share on

Hida Takayama sangat populer saat ini! Pemandangan kota tradisional dan makanan lezat yang hanya dapat kalian miliki di sini, menarik perhatian banyak wisatawan. Nikmati perjalanan wisata kuliner menemukan makanan khas Hida Takayama sambil dikelilingi oleh alam yang asri!

Goheimochi

Goheimochi adalah nasi tumbuk yang dipanggang di atas tusuk sate dan dilapisi dengan saus wijen lezat yang disebut "afurae." Goheimochi adalah masakan lokal di Pegunungan Chubu di mana Hida Takayama berada. Dikatakan bahwa makanan ini diberi nama "gohei" karena menyerupai bentuk "gohei," sebuah tongkat dengan pita kertas anyaman yang digunakan untuk ritual menghormati dewa Shinto. Mereka menjualnya di berbagai tempat, termasuk tempat wisata Sannochi. Penggunaan tusuk sate membuat makanan khas Hida Takayama ini mudah dimakan dan cocok untuk kalian yang merasa sedikit lapar.

Goheimochi (tsunagujapan.com)
Goheimochi (tsunagujapan.com)

Ramen Takayama

Takayama ramen adalah hidangan lokal yang sangat populer. Sup ramennya menggunakan tulang, katsuobushi (serpihan bonito kering), dan sayuran sebagai bumbu, kemudian dicampur dengan saus rahasia yang dibuat dengan kecap dan miso sebelum direbus. Supnya terasa menyegarkan meskipun memiliki banyak rasa. Mie tipis bergelombang buatan sendiri ini memiliki kekenyalan yang pas. Ramen ini bisa kalian temukan salah satunya di restoran Mame Tengu.

Ramen Takayama (tsunagujapan.com)
Ramen Takayama (tsunagujapan.com)

Mitarashi Dango

Mitarashi dango adalah cemilan tradisional Jepang, di mana mochi dibentuk menjadi dumpling kecil bundar, kemudian diolesi dengan saus. Biasanya mitarashi dango dibuat menggunakan kecap manis, tetapi di Hida Takayama mereka menggunakan kecap dan memanggangnya untuk melepaskan aroma saus. Cemilan ini sangat populer di kalangan orang yang bukan penggemar dango mitarashi yang manis. Karena mochi mudah dimakan, mereka menjadi jajanan paling dicari oleh pengunjung yang sedang berjalan-jalan.

Mitarashi Dango (tsunagujapan.com)
Mitarashi Dango (tsunagujapan.com)

Hida Beef Nigiri

Sakaguchiya adalah sebuah toko kecil, tetapi mereka adalah pencipta nigiri daging sapi Hida. Menu ini merupakan sushi yang dibuat dengan daging sapi Hida dan ditutupi dengan saus khusus kemudian dipanggang. Makanan khas Hida Takayama ini sangatlah unik, karena nasi terlihat bersembunyi di bawah daging sapi. Kalian dapat memesan tingkat kematangan daging sesuai keinginan, jadi pastikan untuk menyebutkannya saat kalian memesan. Hidangan ini hanya dapat kalian temukan di Hida Takayama.

Hida Beef Nigiri (tsunagujapan.com)
Hida Beef Nigiri (tsunagujapan.com)

Sake dari Harada Sake Brewery

Bangunan bergaya rumah tradisional  ini sebenarnya adalah tempat pembuatan sake yang telah beroperasi selama 160 tahun. Mereka memiliki berbagai macam sake Jepang dari Junmai (sake yang dibuat tanpa tambahan gula atau alkohol) hingga Daiginjo (sake berkualitas tinggi), serta aneka item yang terkait dengan sake. Jika kalian membeli cangkir dengan desain mata banteng di dalamnya, bagian dari logo tempat pembuatan bir, kalian dapat mencicipi beberapa barang dagangan mereka. Ada minuman beralkohol regional Takayama lain di sana yang tidak dapat kalian temukan di tempat lain. Karyawannya pun sangat ramah, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan mereka, ya!

Sake dari Harada Sake Brewery (tsunagujapan.com)
Sake dari Harada Sake Brewery (tsunagujapan.com)

Salah satu merek sake Hida Takayama berperingkat paling tinggi disebut Sanshu, yang memiliki rasa lembut, agak kering, serta beraroma buah. Sake in memenangkan penghargaan dari pameran internasional dan mendapat hadiah utama di Monde Selection. Cheesecake yang dibuat dengan sake Sanshu saat ini sangat populer. Campuran antara keju dan minuman keras sangat baik sehingga banyak orang membelinya sebagai souvenir. Cheesecake ini akan mengingatkan kalian pada kue-kue dari Perancis.