Share on

Karena banyak dari kita mendapati diri sendiri memasak di rumah alih-alih makan di luar selama pandemi corona ini berlangsung, kami akan berbagi resep dari beberapa koki dan restoran top Toronto. Salah satunnya adalah resep kare Jepang yang merupakan makanan pokok menenangkan, sangat lezat dengan rasa seimbang,” menurut koki Kazuya Matsuoka dari Aburi Restaurants, yang mencakup restoran Toronto Miku dan Tora. "Persiapan yang tidak rumit dan bahan-bahan yang mudah didapat membuat hidangan ini menjadi pilihan klasik di banyak rumah tangga Jepang."

Resep Kare Jepang a la Rumahan

Resep Kare Jepang (trnto.com)
Resep Kare Jepang (trnto.com)

Untuk 6-8 porsi

BAHAN-BAHAN KALDU DASHI

4 gelas air

45g bubuk katsuobushi dashi

*Catatan Chef: Katsuobushi dashi memiliki aroma dan umami yang luar biasa, menciptakan basis yang fantastis untuk kare ini

BAHAN-BAHAN KARE JEPANG

1 kotak roux kare Jepang

1/2 pon daging babi giling

1-2 wortel

1-2 bawang

1/2 sdm jahe parut

3 siung bawang putih

1 apel, kupas dan parut

2 sdm minyak sayur

1 sdm bubuk kare

½ sdm bubuk jinten

1 sdm madu

1 sdm saus tomat

1 sdm saus tonkatsu

1/2 sdm kecap asin

30 g mentega tawar, dilelehkan

Krim secukupnya

Garam dan lada hitam, sesuai selera

CARA UNTUK MEMBUAT DASHI BROTH

Panaskan air dalam panci dengan api sedang sampai mendidih

Tambahkan bubuk katsuobushi dashi, aduk rata dan sisihkan

CARA UNTUK MEMBUAT KARE JEPANG

Potong halus wortel dan bawang, sisihkan.

Dalam panci, panaskan minyak sayur di atas api sedang. Tambahkan jahe, bawang putih, bubuk kari dan jintan, aduk hingga harum. Lalu tambahkan bawang dan tumis sampai lunak dan bening.

Masukan daging babi giling ke dalam panci dan masak sampai daging babi matang dengan baik. Lalu tambahkan wortel yang dipotong dadu, aduk rata. Tuangkan kaldu dashi dan masak sampai mendidih, buang semua buih yang muncul dari permukaan kaldu.

Setelah mendidih tambahkan apel dan madu, lalu didihkan perlahan selama 15-20 menit, aduk secara berkala.

Tambahkan kare roux dengan memecah blok dan larutkan dulu dengan sedikit kaldu sebelum dituangkan ke dalam panci. Tambahkan juga kecap asin, saus tomat, dan saus tonkatsu.

*Tips chef Miku: Kalian dapat menambahkan kecap ke dalam kare sebagai alternatif untuk menambah ketajaman pada rasa.

Terakhir tambahkan mentega tawar dan krim aduk rata. Cicipi kare, kalian bisa menambahkan garam dan lada pada tahapan ini sesuai selera jikalau masih terasa kurang berbumbu.

Sajikan dengan nasi dan hiasi dengan aonori (opsional).

Bagaimana, cukup mudah kan untuk dibuat? Kalian bisa mengganti daging babi dengan aneka protein lainnya yang kalian suka. Daging babi memang umumnya menjadi pilihan utama resep kare Jepang kebanyakan. Namun kalian juga bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, maupun seafood. Dan jika kalian membuat hidangan resep kare Jepang ini terlalu banyak, sisa kare bisa kalian sulap menjadi resep makanan kare Jepang lainnya yang bisa kalian lihat di artikel Japanese Station berikut ini.