Share on

Dengan begitu banyaknya masyarakat di seluruh dunia yang tinggal di dalam rumah, beberapa dapur rumah tangga terlihat lebih banyak digunakan daripada biasanya, karena orang-orang fokus pada kegiatan memasak sendiri daripada makan di luar. Mereka yang telah kehabisan ide akan resep baru mungkin telah menemukan penyelamat dalam membuat cemilan manis dari Yuki (@yukko_kitchen_). Koki berbakat yang satu ini baru saja berbagi resep makanan penutup yang luar biasa dan telah populer di Jepang - kue keju yang terlihat seperti sepotong keju asli! Cheesecake Jepang ala kartun yang seperti banyak kamu lihat di TV, kini tampil dalam wujud 3D.

Tapi apakah ini sekedar animasi, atau kita benar-benar dapat memakannya? Sementara makanan penutup di kartun yang mungkin terlihat seperti ini dapat ditemukan dalam episode lama Tom and Jerry, sebenarnya hidangan ini adalah varian jiggly cheesecake Jepang seperti yang kalian lihat di bawah ini.

Yuki adalah seorang juru masak Jepang (dia mengelola toko okonomiyaki) dan pembuat manisan di Belanda. Dirinya sangat berbaik hati untuk berbagi resep kue a la kartun yang sekarang viral di Twitter. Berikut ini rincian sederhana bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan:

  • Panci springform 15 sentimeter (6 inci) (meskipun jelas, ukurannya bisa disesuaikan dengan bahan-bahannya)
  • 12 gram (0,42 ons) krim keju
  • 300 mililiter (10,14 ons) krim kental
  • 300 gram (10,6 ons) yogurt
  • 90 gram (3,2 ons) gula
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 12 gram (0,42 ons) gelatin
  • Pewarna makanan kuning

Cara membuat:

Rendam lembaran gelatin dalam air secara terpisah. Campur semua bahan selain gelatin dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Kemudian tambahkan gelatin ke dalam adonan dan aduk hingga benar-benar merata. Sebaiknya kalian cukup cepat mengaduknya agar adonan tidak menggumpal karena gelatin. Lalu tuang adonan ke dalam loyang dan masukan ke dalam kulkas. Dinginkan cheesecake selama kurang lebih 3-4 jam. Saat mengeluarkan cheesecake dari cetakan, kami merekomendasikan untuk menggunakan sendok yang dipanaskan saat  memberikan celah di sekeliling kue, agar kue lebih mudah dikeluarkan dan tidak merusak bentuknya. Sekarang kita tinggal membuat "lubang-lubang" keju dengan sendok es krim.

Untuk memudahkan dalam mengaduk adonan, kalian juga dapat menggunakan blender loh. Selain itu, Yuki juga telah membuat aneka cemilan lainnya yang terlihat unik.

Bagaimana menarik bukan? Untuk inspirasi memasak yang lebih keren, pastikan untuk mengikuti Yuki di akun Twitter dan Instagram miliknya! Kalian juga bisa melihat resep Strawberry on the Shortcake di artikel Japanese Station berikut ini.