Share on

Ketika kalian pergi ke Jepang, pastikan untuk makan 11 hidangan tradisional Jepang ini. Dilansir dari Matcha, kita akan mencari tahu apa saja yang harus dimakan untuk menikmati budaya masakan washoku Jepang yang kaya sepenuhnya. Mulai dari sushi hingga sup miso, unagi, tempura, soba, udon, dan lain-lain.

Advertise With Us

Hidangan Tradisional Jepang - Makanan yang Harus Dicoba!

Ketika mengunjungi Jepang, kalian tentu ingin mencicipi masakan Jepang langsung di rumah asalnya. Ada banyak jenis hidangan dan spesialisasi lokal yang dapat kalian pilih, karena itu kami merangkum sebagian hidangan tradisional Jepang yang sangat kami rekomendasikan, dan mereka akan diperkenalkan di bawah ini.

1. Sushi

Sushi adalah salah satu makanan Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Hidangan tradisional Jepang ini ditawarkan dengan berbagai cara dan harga, dari kaiten-zushi (conveyor belt sushi) di mana pengunjung dapat menikmati sushi dengan harga yang wajar sekitar 100 yen per piring, hingga sushi Edomae (sushi bergaya Edo) tradisional kelas atas yang telah lama berdiri, di mana kalian akan duduk di meja konter untuk makan saat sushi disiapkan oleh chef tepat di depan mata kalian.

Edomae Sushi (matcha-jp.com)
Edomae Sushi (matcha-jp.com)

Sushi biasanya mengacu pada hidangan nasi cuka yang dipres dengan sepotong ikan mentah atau kerang, yang disebut neta di atasnya. Sushi umumnya dimakan dengan kecap asin dan wasabi, tetapi mereka yang tidak terlalu menyukai wasabi dapat meminta "sabi-nuki" (artinya "tanpa wasabi").

Aneka jenis sushi (matcha-jp.com)
Aneka jenis sushi (matcha-jp.com)

Sushi dapat dimakan dengan sumpit atau langsung dengan tangan. Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan. Saat mencelupkan sushi ke dalam kecap asin, kalian harus membaliknya dan mengoleskan kecap asin ke neta, alih-alih nasi. Ini untuk mencegah nasi menghisap terlalu banyak kecap dan menghapus rasa asli "neta" itu sendiri.

Cara mencelupkan sushi ke kecap asin (matcha-jp.com)
Cara mencelupkan sushi ke kecap asin (matcha-jp.com)

2. Sashimi

Sashimi adalah makanan yang wajib kalian coba. Mirip dengan sushi tetapi tanpa nasi, sashimi adalah ikan mentah yang diiris menjadi potongan yang mudah dimakan. Ikan berkualitas tinggi yang ditangkap di semua wilayah Jepang menjadikannya pilihan hidangan tradisional Jepang yang tepat, tidak peduli apakah kalian mengunjungi Tokyo, Kyoto, atau di tempat lain.

Sashimi (matcha-jp.com)
Sashimi (matcha-jp.com)

Sama seperti sushi, pengunjung dapat menikmati puluhan varietas sashimi. Beberapa varietas yang paling umum dan populer adalah maguro dan varietas tuna lainnya, salmon, mackerel, dan bream laut. Kalian juga dapat mencoba kerang, uni atau landak laut, dan telur salmon. Cari tahu ikan dan makanan laut apa yang paling kalian sukai dengan memesan aneka  variasi sashimi.

Sashimi biasanya dimakan dengan kecap asin untuk penyedap. kalian juga dapat menambahkan satu titik wasabi ke bagian atas sashimi untuk sensasi ekstra, tetapi terkadang itu tidak diperlukan. Varietas tertentu, seperti horse mackerel akan disajikan dengan jahe bukan wasabi.

3. Unagi - Belut Panggang

Unagi atau belut, adalah jenis hewan air yang diketahui banyak ditemukan di sungai. Di Jepang unagi merupakan hidangan khas dalam santapan kelas atas. Banyak juga restoran kasual yang berspesialisasi dalam hidangan unagi. Di restoran unagi, kalian akan dapat menikmati kabayaki, di mana unagi disajikan dengan tusuk sate dan dipanggang dengan saus khusus yang mengandung kecap, mirin, gula, dan sake. Unadon, menghidangkan kabayaki di atas nasi putih, juga sering kali ditawarkan.

Kabayaki unagi (matcha-jp.com)
Kabayaki unagi (matcha-jp.com)

Hitsumabushi, hidangan khas dari Nagoya, adalah hidangan tradisional Jepang lainnya yang harus dicoba. Penampilannya mungkin mengejutkan orang, memotong kabayaki di atas nasi putih, namun hidangan ini juga bisa dimakan dengan beberapa cara, seperti dengan bumbu bawang daun dan wasabi, atau sebagai ochazuke dengan menuangkan teh hijau hangat atau kaldu di atasnya. Unagi juga dicintai sebagai makanan kesehatan guna mencegah kelelahan di musim panas karena proteinnya dan dikenal baik untuk pencernaan.

Hitsumabushi (matcha-jp.com)
Hitsumabushi (matcha-jp.com)

4. Tempura

Tempura adalah hidangan yang melibatkan bahan-bahan seperti makanan laut, daging, dan sayuran yang dilapisi adonan dan digoreng dengan minyak. Adonan tempura biasanya mengandung tepung dan telur. Tempura umumnya dicelupkan ke dalam saus khusus yang disebut tentsuyu sebelum dimakan. Tentsuyu adalah saus yang terbuat dari kaldu kombu atau bonito kering, mirin, dan kecap yang dicampur dengan perbandingan 4: 1: 1 dan dimasak. Kalian dapat menambahkan jahe atau parutan lobak sesuai dengan keinginan untuk rasa yang lebih menyegarkan.

Tempura udang (matcha-jp.com)
Tempura udang (matcha-jp.com)

5. Soba - Mie Sorgum

Soba adalah hidangan mie yang terbuat dari tepung soba (sorgum/buckwheat) dengan air dan tepung, yang kemudian disebar tipis dan dipotong menjadi mie dengan lebar 1-2cm. Setelah merebus mie dalam air panas, mie dimakan dalam sup dingin, atau dengan menuangkan sup panas ke atasnya. Kaldu soba (tsuyu) biasanya dibuat dari kombu atau kaldu bonito kering, yang dibumbui dengan kecap dan mirin. Sangat penting untuk memiliki pengalaman dalam membuat soba yang lezat.

Soba (matcha-jp.com)
Soba (matcha-jp.com)

Soba merupakan hidangan tradisional Jepang yang dapat dinikmati panas ataupun dingin, menjadikannya hidangan yang ideal sepanjang tahun.

6. Udon - Mie Gandum Hangat

Udon adalah hidangan unik yang terkenal dengan mie tebalnya. Udon juga merupakan hidangan tradisonal Jepang yang populer. Adonan udon dibuat dari tepung dan air asin yang diremas dengan baik dan dipotong menjadi mie. Setelah direbus dalam air panas, ia dimakan dalam sup kaldu seafood, atau dengan menuangkan sup dan topping seperti tempura di atasnya. Seperti soba, kalian dapat menikmati udon panas atau dingin. Tidak ada satu cara khusus untuk menikmati lezatnya udon.

Udon (matcha-jp.com)
Udon (matcha-jp.com)