Share on

Jepang terkenal memiliki menu makanan dan cemilan yang unik, yang tidak akan bisa kamu temukan di negara lain. Contohnya seperti KitKat dengan berbagai varian rasa yang hanya tersedia di Jepang, atau menu makanan dari serangga yang aneh tetapi digemari banyak orang. Bagaimana dengan makanan tradisional di tiap daerahnya? Ternyata beberapa makanan tradisional daerah Jepang juga sangat unik dan hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu. Berikut adalah makanan tradisional daerah Jepang yang unik dan wajib kamu coba!

Advertise With Us

1. Zunda Mochi (Miyagi)

Zunda Mochi
Zunda Mochi, makanan tradisional Prefektur Miyagi (wow-j.com)

Zunda mochi adalah salah satu makanan khas Prefektur Miyagi. Kue Jepang yang unik ini terkenal dengan warna hijaunya yang cerah karena bahan utamanya adalah edamame! Dibuat dengan cara menumbuk edamame menjadi pasta dan mencampurkannya dengan mochi. Mochi yang sedikit manis dan aroma edamame yang kaya bekerja sama untuk membuat rasa manis yang sangat lezat. Selain di Prefektur Miyagi sendiri, zunda mochi tersedia untuk dibeli di Stasiun Sendai, Bandara Sendai, sekitar Stasiun Tokyo, dan Bandara Haneda.

2. Agemanju (Tokyo)

Agemanju
Agemanju, makanan tradisional daerah di Jepang (wow-j.com)

Manju adalah camilan pasta kacang manis yang dibungkus dengan adonan tepung tipis, dan merupakan salah satu makanan tradisional Jepang yang paling umum ditemui. Manju yang digoreng goreng atau "agemanju" sangat populer di seluruh Jepang. Menggoreng manju akan meningkatkan rasanya, menambahkan tekstur, dan menonjolkan rasa manis dari pasta kacang. Agemanju dikatakan berasal dari Prefektur Fukushima, tetapi juga ada di Tokyo. Asakusa Kokonoe di Asakusa, kawasan yang selalu ramai dengan turis, adalah tempat dimana kamu bisa menikmati agemanju. Tersedia 11 pilihan rasa, termasuk rasa original dan matcha (300 yen).

3. Izumo Zenzai (Shimane)

Izumo zenzai
Izumo Zenzai, makanan tradisional Prefektur Shimane (wow-j.com)

Izumo zenzai adalah kue khas Jepang yang berasal dari Prefektur Shimane. Dibuat dengan cara merebus kacang adzuki dengan gula, dan menambahkan mochi atau shiratama (pangsit tepung beras). Shimane terkenal dengan Izumo Taisha, sebuah kuil Shinto yang konon memberikan keberuntungan dalam perjodohan. Di depan Izumo Taisha, ada jalan bernama Goen Yokocho yang dipenuhi dengan toko suvenir dan tempat untuk menikmati makanan lokal Shimane.

4. Karukan (Kagoshima)

Karukan
Karukan, makanan tradisional Prefektur Kagoshima (wow-j.com)

Karukan adalah kue dengan tekstur lembut dan kenyal yang terkenal dari Prefektur Kagoshima. Bahan utamanya adalah jinenjo, sejenis ubi gunung, yang memberikan tekstur unik. Karukan manju yang diisi dengan pasta kacang manis juga wajib untuk dicoba. Toko terkenal yang menjual karukan adalah Akashiya.

5. Ikinari Dango (Kumamoto)

Ikinari Dango
Ikinari Dango, makanan tradisional daerah Jepang (wow-j.com)

Ikinari Dango adalah makanan lokal dari Prefektur Kumamoto. Pangsit kukus berbahan dasar tepung ini berisikan dua lapis ubi jalar dan pasta kacang adzuki manis. Kue yang simpel namun cantik ini memiliki rasa yang sedikit asin dari bagian luarnya, sangat cocok dengan isian ubi jalar dan azuki. Kamu dapat menemukan kue ini di Bandara Kumamoto dan Stasiun Kumamoto.