Berita Jepang | Japanesestation.com

Di Jepang, setiap tahunnya diadakan kontes Japan Seifuku Award. Japan Seifuku Award merupakan kontes pemilihan siswa dan siswi yang paling cocok mengenakan seragam sekolah. Kontes ini disponsori oleh merk seragam sekolah terkenal di Jepang, yaitu CONOMi. Pemenang kontes Japan Seifuku Award akan menjadi model untuk katalog CONOMi. Katalog CONOMi akan dicetak sebanyak 200.000 jilid dan kemudian akan didistribusikan ke seluruh Jepang.

Tahun ini, ada sekitar 3000 peserta yang mendaftar kontes Japan Seifuku Award. Para peserta berasal dari seluruh SMP dan SMA yang ada di Jepang. Lalu, pada 7 Februari lalu telah diumumkan bahwa pemenang kontes Japan Seifuku Award tahun 2021 adalah Sakayori Fuuta dan Takeuchi Shino.

Siswa Yang Paling Cocok Mengenakan Seragam Sekolah

Japan Seifuku Award
Sakayori Fuuta (deview.co.jp)

Sakayori Fuuta terpilih menjadi siswa yang paling cocok mengenakan seragam sekolah pada kontes Japan Seifuku Award tahun 2021. Sakayori merupakan siswa SMA kelas 1 yang berasal dari prefektur Tokyo.

Huawei MatePad Pro

Setelah menerima piala penghargaan, Sakayori menyampaikan keinginannya untuk bisa berperan dalam sebuah music video. “Saya berharap, saya bisa mempromosikan seragam sekolah melalui sebuah music video yang bertema School Love”.

Ketika ditanya apa alasan mengikuti kontes ini, Sakayori menjawab “Saya berangkat ke sekolah dengan pakaian bebas. Karena tidak memiliki seragam, saya berharap bisa memakai beragam jenis seragam sekolah”. Dia juga bercerita ingin pergi ke Disneyland dengan mengenakan seragam sekolah.

Sejak musim gugur tahun lalu, Sakayori Fuuta aktif menciptakan lagu dan mengunggahnya ke channel Youtube miliknya: 酒寄楓太公式. Sakayori juga beberapa kali tampil di acara reality show tentang percintaan anak SMA, yaitu Kyou, Suki Ni Narimashita. Acara ini ditayangkan di ABEMA TV.

Siswi Yang Paling Cocok Mengenakan Seragam Sekolah

Japan Seifuku Award
Takeuchi Shino (sponichi.co.jp)

Pada kontes Japan Seifuku Award tahun 2021, Takeuchi Shino dinilai sebagai siswi yang paling cocok mengenakan seragam sekolah. Takeuchi merupakan siswi SMA kelas 3 yang berasal dari prefektur Chiba.

Setelah menerima piala penghargaan, Takeuchi bercerita bahwa dia telah mengikuti kontes ini sebanyak lima kali mulai dari saat dia masih duduk di bangku SMP kelas 2.  Usahanya selama ini tidak sia-sia, karena di tahun ini akhirnya Takeuchi berhasil memenangkan kontes Japan Seifuku Award.

“Saat saya masih kelas 2 SMP, ibu saya menemukan informasi audisi kontes ini di sebuah majalah. Saya pun mencoba mendaftar tetapi saat itu saya gagal. Saya sangat menyesal. Kemudian, saya memutuskan untuk mengikuti kontes ini setiap tahunnya sampai saya bisa menjadi pemenang...” kata Takeuchi.

Sejak bulan Mei tahun lalu, Takeuchi Shino sering mengunggah video di akun Tiktok miliknya: @takeuchishino. Dia juga mengatakan akan mempromosikan seragam sekolah melalui sosial media. Takeuchi memiliki mimpi untuk menjadi seorang model atau aktris. Dia bercerita ingin berperan sebagai heroine yang mengenakan seragam sekolah dalam film atau drama yang diadaptasi dari sebuah manga. Dia juga ingin memerankan tokoh antagonis. “…Jika saya berperan menjadi tokoh antagonis lalu saya dibenci oleh para penonton, itu berarti kemampuan acting saya diapresiasi. Oleh karena itu, saya ingin mencoba untuk memerankannya.” kata Takeuchi.