Share on

Ada banyak shoujo manga Jepang yang sangat bagus di luar sana, dan membaca manga tersebut dapat membantu mengusir kebosanan kamu saat berdiam diri di rumah seharian. Berikut adalah beberapa rekomendasi shoujo manga favorit versi Grapee yang akan dibagikan kepada teman-teman Japanese Station semuanya!

Skip Beat

Kisah ini menceritakan Mogami Kyoko yang jatuh cinta dengan Fuwa Shou (Shoutaro), teman masa kecilnya. Kyoko akan melakukan segalanya untuk Shou dan akhirnya memutuskan untuk mendukung Shou dalam mimpinya menjadi penyanyi pop.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Skip Beat (pinterest)

Setelah Shou memintanya untuk datang ke Tokyo, Kyoko meninggalkan Kyoto dan berhenti sekolah, serta mengambil beberapa pekerjaan untuk dapat secara finansial mendukung teman masa kecilnya tersebut. Namun cinta Kyoko ternyata hanya sepihak. Setelah menyerahkan segalanya untuk Shou, dia mengetahui bahwa selama ini dia hanya dimanfaatkan dan Shou menganggapnya sebagai pembantu rumah tangga. Kyoko kemudian bersumpah untuk membalas dendam dengan masuk ke dunia hiburan dan menghancurkannya setelah Shou sudah melululantahkan hatinya begitu parah.

Manga ini juga memiliki adaptasi anime dan penuh dengan momen romantis serta kocak. Perjalanan Kyoko untuk menemukan perasaan berharganya yang telah hilang, serta menjadi wanita yang mandiri dan kuat, merupakan bentuk pengembangan karakter yang dinamis. Disertai dengan plot yang menarik membuat manga ini menjadi bacaan yang menyenangkan.

Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona adalah salah satu rekomendasi shoujo manga favorit banyak orang di luar sana. Baik dari grafis, plot, dan karakter berkontur dengan sangat indah, serta alur fantasi, komedi, tetapi juga disertai elemen dramatis dan romantis yang luar biasa dikombinasikan dengan seimbang.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Akatsuki no Yona (https://www.zerochan.net/2129716)

Manga ini bercerita tentang Yona, putri berambut merah dari Kekaisaran Kouka yang telah menjalani kehidupan mewah bersama ayahnya. Yona tidak tahu apa yang terjadi di luar tembok istana. Sejak kecil Yona jatuh cinta dengan Su Won sepupunya dan menjalani kehidupan normal, tanpa khawatir tentang apa pun. Namun suatu hari, dia menyaksikan Su Won kesayangannya membunuh ayah Yona dan dia dipaksa untuk melarikan diri dari kastil agar tidak mengalami nasib yang sama.

Pengawal dan teman masa kecilnya, Hak, melarikan diri bersama Yona dan disinilah perjuangan bagaimana mereka hidup di pengasingan, mencari cara untuk memenangkan kembali kerajaan dimulai. Dalam perjalanan ini Yona tumbuh menjadi lebih kuat, dan setelah mengetahui legenda empat naga dari seorang imam, ia mulai mencari mereka untuk menyelamatkan kerajaan dan rakyatnya.

Meskipun Yona digambarkan sebagai putri manja yang nyaris tidak mampu melakukan sesuatu pada awalnya, Yona adalah pembelajar yang cepat dan segera tumbuh menjadi lebih kuat. Hal inilah yang menjadikan dirinya sebagai karakter wanita terkemuka yang sangat disukai. Intrik politik, karakter eksentrik, perkembangan relasi antar karakter, dan plot menarik tak terduga yang dimiliki manga ini akan menarik hati kalian.

Kimi Ni Todoke

Kimi ni Todoke mungkin adalah manga shoujo paling relatable bagi banyak gadis Jepang. Manga ini menjadikan Kuronuma Sawako, yang juga dikenal dengan julukan Sadako, sebagai tokoh sentral. Karena penampilannya yang suram, Sawako tumbuh menjadi seorang gadis pemalu dan tidak berinteraksi dengan orang-orang sekitar, sehingga dia juga tidak mempunyai teman. Meskipun kurang percaya diri, Sawako memiliki jiwa yang baik dan karakter yang sangat disukai.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Kimi ni Todoke (https://www.zerochan.net/415757)

Di lain pihak, Kazehaya, pemeran utama pria kita, adalah kebalikan dari Sawako. Kazehaya adalah anak lelaki populer yang “menyegarkan” di sekolah, dan disukai semua orang. Sosok Kazehaya-lah yang memberi Sawako dorongan sepanjang waktu dan selalu berada di sisinya. Plot yang realistis dan dapat dihubungkan dengan kondisi pembaca, serta pengembangan karakter dan cinta yang polos, membuat banyak yang memberikan rekomendasi shoujo manga ini sebagai bacaan yang indah.

Bokura Ga Ita

Bokura ga Ita memiliki alur cerita yang sangat kompleks dan pergantian peristiwa yang tidak terduga. Ketika kalian akhirnya merasa bahwa semuanya beres dan baik-baik saja, sesuatu terjadi dan situasinya menjadi lebih sulit untuk diselesaikan daripada sebelumnya.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Bokura ga Ita (http://gallery.minitokyo.net/view/349894)

Manga ini membuatku menangis dan bertanya-tanya bagaimana dua karakter utama, Nana dan Yano akan menghadapi komplikasi yang terus muncul dalam hidup mereka. Akankah cinta mereka satu sama lain akan menang? Apakah mereka akan bisa terus saling mendukung dan mencari jalan keluar semua masalah yang ada?

Beauty Pop

Meskipun kisahnya tidak panjang, Beauty Pop adalah manga yang penuh dengan kegembiraan, kesenangan dan momen romantis. Tokoh utama wanitanya, Kiri, adalah seorang jenius dalam hal menata rambut. Tetapi dia tidak tertarik untuk memamerkan keahliannya atau mendapatkan perhatian karena itu.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Beauty Pop (http://takoyaki.asia/2018/11/25/manga-rating-beauty-pop-hay-tu-tin-theo-cach-cua-ban-va-lam-dep-theo-cach-cua-chung-toi/)

Di lain pihak ada kelompok bernama Scissors Project yang dibentuk oleh tiga anak laki-laki paling populer di sekolah dan menggunakan keterampilan menata mereka untuk mengubah anak perempuan menjadi gadis cantik. Kiri selalu mencoba menjauh dari mereka, tetapi secara bertahap jarak mereka justru semakin dekat.

Lovely Complex

Cerita indah yang mengharukan dari seorang gadis jangkung, Koizumi Risa dan seorang bocah lelaki, Ootani Atsushi. Menjadi cewek yang lebih tinggi daripada kebanyakan cowok di kelasmu, atau menjadi cowok yang lebih pendek dari cewek kebanyakan tidaklah mudah. Risa dan Ootani yang mengalami nasib tersebut, memutuskan untuk bekerja sama membuat target yang mereka taksir agar jatuh cinta kepada mereka. Namun seiring berjalannya waktu hubungan keduanya mengarah pada kejadian yang tak terduga dimana mereka justru jatuh cinta satu sama lain.

Rekomendasi Shoujo Manga Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang Kamu di Rumah
Lovely Complex (pinteres)

Risa dan Ootani secara bertahap menjadi sahabat karena mereka juga memiliki banyak minat yang sama dan perlahan-lahan menjadi lebih dari sekadar teman. Namun ada banyak kesulitan dalam berpacaran antara si gadis tertinggi dan si bocah laki-laki terpendek di sekolah. Melihat pasangan yang lucu dan romantis ini berusaha mengatasi semua hambatan bersama-sama sungguh sangat manis. Karena karakternya yang lucu, JS berikan rekomendasi shoujo manga ini untuk kalian penyuka serial komedi romantis.

Nah bagaimana apakah judul-judul rekomendasi shoujo manga di atas juga merupakan manga favorit kalian? Atau kalian punya rekomendasi judul lainnya? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar!