Share on

Apakah kamu punya keinginan untuk kuliah di luar negeri tapi bingung pilih negara yang mana? Mungkin sebagian orang yang kamu kenal akan menyarankan untuk kuliah di Jepang. Kenapa begitu? Selain dikenal dengan sistem pendidikannya yang bagus, ternyata masih banyak alasan lain yang membuat banyak orang asing ingin kuliah di Jepang, dan rela bersaing untuk itu. Berikut adalah alasan-alasan paling populer dari kenapa banyak orang asing ingin kuliah di Jepang!

Advertise With Us

1. Pendidikan Tingkat Tinggi

Kuliah di Jepang
Kuliah di Jepang (marj3.com)

Jepang memiliki lebih dari 700 universitas untuk dipilih, dan 10 di antaranya berada di peringkat 200 universitas terbaik di seluruh dunia. Jepang juga memiliki jumlah pemenang penghargaan Nobel tertinggi kedua dari seluruh negara di dunia. Singkatnya, kualitas pendidikan yang tinggi sangat penting bagi orang Jepang.

Ketika seseorang memiliki pengalaman pernah belajar di Jepang, pintu kerja akan terbuka lebar. Banyak perusahaan besar di Jepang ingin merekrut lebih banyak lulusan internasional untuk mewakili bisnis global mereka.

2. Negara yang Bersih dan Aman

Kuliah di Jepang
Kuliah di Jepang (goaboard.com)

Masyarakat Jepang sangat bangga dalam menjaga kebersihan ruang publik mereka. Kamu akan jarang sekali melihat sampah atau coretan di jalanan Jepang, bahkan toilet umum pun sangat bersih! Jika kamu termasuk orang yang menyukai kebersihan, Jepang harus jadi pilihan pertama kamu untuk kuliah di luar negeri.

Jepang juga memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, dan sistem perawatan kesehatan yang baik. Sebagai seorang siswa, belajar di luar negeri mungkin menjadi salah satu pengalaman pertama untuk berkelana sendiri. Ini berarti bahwa keselamatan mungkin menjadi perhatian utama (paling tidak untuk orang tua).

3. Transportasi yang Praktis

Kereta di Jepang
Kereta di Jepang (tsunagujapan.com)

Selain sistem pendidikannya, Jepang juga terkenal sebagai negara dengan sistem transportasi terbaik, dengan ketepatan waktu dan efisiensinya. Jutaan orang menggunakan transportasi umum setiap hari, terutama di kota-kota besar di mana transportasi umum merupakan metode tercepat dan ternyaman.

Meskipun tidak memiliki kendaraan pribadi, tetapi kamu tidak akan kesulitan untuk pergi kemanapun di Jepang. Tidak perlu naik pesawat, kamu bisa naik shinkansen (kereta cepat) jika ingin berkeliling negara ini.

4. Budaya yang Menakjubkan

Budaya Jepang
Budaya Jepang (goaboard.com)

Jepang memiliki sejarah ribuan tahun yang telah membentuk budaya mereka hingga saat ini. Menggabungkan tradisi dan teknologi modern adalah salah satu keunikan yang dimiliki negara ini. Kuliah di Jepang sama dengan merasakan cara hidup baru yang menakjubkan!

Setelah selesai belajar, pastikan untuk berkeliling dan menikmati berbagai budaya Jepang yang ada, termasuk salah satunya mengikuti kegiatan ekstra kulikuler di kampus yang berhubungan dengan budaya Jepang. Mulai dari seni bela diri seperti Judo, Kendo, Kyudo atau Karate, juga klub budaya lain seperti kaligrafi Jepang, drum taiko, dan shamisen (alat musik Jepang).

Di sekitaran kampus juga ada beberapa kuil yang bisa kamu kunjungi. Kamu juga bisa mengikuti upacara minum teh (sado), menonton Sumo, menonton teater Kabuki, dan banyak lagi. Bahkan, jika kamu berkuliah di Kyoto, kamu mungkin bisa melihat Geisha!

5. Makanan yang Luar Biasa

Stall Makanan Jepang
Stall Makanan Jepang (goaboard.com)

Kenapa kuliah di Jepang? Untuk makanannya yang enak, tentu saja! Kamu mungkin pernah mencoba sushi, ramen, takoyaki, dan makanan Jepang yang umum lainnya. Tetapi masih ada banyak makanan lain yang wajib kamu coba dan hanya ada di Jepang!

Mulai dari berbagai jenis tahu, makanan laut, sayuran yang difermentasi, hingga street food yang digoreng, semuanya akan membuat mulutmu berair. Jepang menjadi salah satu negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia, sebagian dikarenakan makanan di negara ini selalu dibuat dengan kualitas yang baik.

6. Kehidupan Kota dan Alam yang Berdampingan

Kuil Kinkakuji, Kyoto
Kuil Kinkakuji, Kyoto (timeout.com)

Hal terbaik tentang kuliah di Jepang adalah di mana pun kamu berada, kamu bisa keluar dari kehidupan kota kapan saja dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan negara ini! Dari mata air panas, gunung berapi, pegunungan, hingga bunga yang bermekaran dan garis pantai yang indah. Jepang memiliki semuanya!

Sumber: Go Aboard, Asia Exchange