Berita Jepang | Japanesestation.com

Jepang bisa dibilang identik dengan video game. Buktinya, banyak waralaba besar berasal dari negara ini. Game juga merupakan bisnis yang dapat menghasilkan miliaran yen karena dinikmati oleh orang-orang dari berbagai usia dan latar belakang. Karena itu, wajar jika para profesional di seluruh dunia tertarik untuk bergabung dengan industri game di Jepang. Tidak bisa bahasa Jepang? Jangan khawatir, meskipun keterampilan berbahasa Jepang akan membuka banyak peluang, ada beberapa pekerjaan yang tidak membutuhkan kemampuan bahasa Jepang. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan terbaik bagi orang asing untuk masuk ke industri video game Jepang.

1. Terjemahan dan lokalisasi

Terjemahan dan lokalisasi game
Ilustrasi terjemahan dan lokalisasi (pangea.global)

Penutur bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Indonesia, Italia, Korea, Melayu, Portugis, Spanyol, dan Thailand sering diterima untuk pekerjaan jaminan kualitas bahasa (QA).

Pekerjaan ini sering kali melibatkan permainan uji coba untuk memeriksa hal-hal seperti kesesuaian bahasa atau apakah ucapan dan komunikasi dapat dimengerti pemain dari budaya lain. Kamu dapat mempelajari computer-assisted translation (CAT) seperti Trados atau MemoQ dan mencantumkannya di surat lamaran, resume, atau CV sebagai keterampilan yang relevan. Namun, pekerjaan ini biasanya memiliki gaji yang lebih rendah, terutama di awal.

Perkiraan gaji awal:

  • Tidak ada pengalaman: ¥ 192.000 lebih per bulan
  • Ada pengalaman terjemahan lain: ¥ 224,000 lebih per bulan
  • Paruh waktu: ¥ 1.200 per jam

2. Costumer service

Costumer service
Ilustrasi costumer service (livesaleaman.com)

Karena populasi Jepang yang menyusut, perusahaan di berbagai industri mencari pekerja asing untuk melayani pelanggan. Beberapa perusahaan di industri video game juga mendukung bahasa selain bahasa Jepang lho. Pekerjaan ini ditujukan untuk membantu pengguna mengatasi masalah yang dihadapi saat bermain game, melakukan pembelian, pengembalian dana, atau berbagai bug lainnya. Peran ini juga membutuhkan keterampilan organisasi, pemecahan masalah, dan penyimpanan catatan yang sangat baik. Kemampuan untuk menganalisis masalah dan bekerjasama dengan anggota tim untuk memperkuat alur kerja adalah apa yang ingin dilihat perusahaan di CV-mu.

Perkiraan gaji awal:

  • Full time: ¥ 230.000 hingga ¥ 270.000 per bulan
  • Part time: ¥ 1.200 per jam

3. Jurnalisme dan editorial

jurnalisme dan editorial
Ilustrasi jurnalisme dan editorial (blog-gaijinpot.com)

Jika kamu suka menulis tentang berita game, panduan, atau tren game terpanas, ini bisa menjadi pekerjaan yang cocok. Terutama jika kamu mengerti cara menulis yang ramah SEO untuk mendapatkan klik lebih banyak dan menjangkau khalayak luas.

Perkiraan gaji awal

  • Tidak ada pengalaman: ¥ 200.000 lebih per bulan
  • Ada pengalaman: ¥ 300,000 per bulan

4. Marketing

Marketing game gim
Ilustrasi game marketing (elearningindustry.com)

Sering kali departemen desain dan marketing bekerja sama sebagai satu tim, jadi memiliki pemahaman akan kedua keterampilan tersebut adalah yang dicari perusahaan. Peran ini agak jarang dicari, tetapi perusahaan akan membutuhkannya jika sedang kesulitan menemukan orang yang tepat. Dalam pekerjaan ini, kemampuan bahasa Jepang diperlukan.

Perkiraan gaji awal:

  • Tidak ada pengalaman: ¥ 240,000 lebih per bulan
  • Ada pengalaman: ¥ 400,000 lebih per bulan

5. Software Engineer

Software engineer
Ilustrasi software engineer (bounemouth.ac.uk)

Software Engineer adalah tulang punggung industri video game dan sangat dicari oleh setiap perusahaan. Bahkan, gaji entry-level untuk pekerja outsourcing relatif tinggi. Jika kamu memiliki pengalaman dan kualifikasi dalam ilmu komputer, terutama dengan bahasa pemrograman seperti C ++, C #, Go, Java, Javascript, Unity, Unreal, dan Git, kamu akan menemukan banyak opsi pekerjaan di Jepang.

Perkiraan gaji awal

  • Software Engineer: ¥ 400.000 lebih per bulan
  • Software Engineer (senior): ¥ 600.000 lebih per bulan

6. Producer

Producer game
Ilustrasi producer game (blog-gaijinpot.com)

Produser video game sering kali mengisi banyak peran. Produser bertanggung jawab untuk mengatur, memfasilitasi, dan mendukung anggota tim di berbagai divisi dan departemen, baik secara internal maupun eksternal. Beberapa perusahaan mungkin membutuhkan penguasaan bahasa Jepang dan Inggris untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai klien, mitra, profesional, dan vendor di Jepang maupun luar negeri. Namun, banyak juga perusahaan game Jepang yang hanya "mengutamakan bahasa Inggris" lho.

Menjadi seorang producer adalah cara terbaik untuk bergabung dengan industri video game karena keahlian yang dibutuhkan umumnya tidak terlalu terspesialisasi. Jika kamu mahir dalam perencanaan, penjadwalan, dan spreadsheet, mungkin ini pekerjaan yang cocok untukmu.

Perkiraan gaji awal

  • Tidak ada pengalaman: ¥ 300.000 lebih per bulan
  • Ada pengalaman: ¥ 500,000 plus per bulan

Bagaimana? Tertarik?