Share on

Seperti layaknya Indonesia, Jepang merupakan negara yang yang kaya akan berbagai street food lezat yang bisa kamu temukan di berbagai tempat seperti festival, pasar kaget, dan beberapa event lain. Nah, buat kamu yang penasaran ingin mencoba berbagai varian street food di Jepang, JS punya rekomendasi 5 street food paling top di Jepang. Apa saja?

Takoyaki

5 Street Food Terpopuler di Jepang
Takoyaki (livejapan.com)

Pertama, ada takoyaki! Makanan berbentuk bulat ini pasti tidak asing lagi di matamu kan? Ya, selain jadi makanan khas festival di Jepang, takoyaki juga merupakan makanan khas festival Jejepangan di Indonesia. Takoyaki sendiri merupakan snack street food berbentuk bulat yang biasanya berisi dengan potongan daging gurita, bawang daun, dan (kadang-kadang) potongan tempura. Di atasnya, dilumuri saus takoyaki dan mayonnaise lalu ditaburi dengan katsuobushi dan bubuk rumput laut yang lezat. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas Kansai. Jadi, meskipun sedang tak ada festival, kamu bisa tetap mencicipinya di berbagai kedai dan restoran area Kansai.

Ikayaki

5 Street Food Terpopuler di Jepang
Ikayaki (tokyocreative.com)

Buat yang suka makanan laut, bisa coba nih cumi bakar alias ikayaki. Ikayaki adalah satu cumi utuh yang ditusuk dengan tusukan sate, dilumuri kecap lalu dibakar. Terkadang, streetfood lezat ini juga dilumuri dengan tambahan beberapa saus, tergantung penjualnya. Beberapa stall juga mnejual ikayaki dalam keadaan telah dipotong-potong, cocok buatmu yang belum berani memakan 1 cumi utuh.  Rasa cuminya yang kenyal dan gurih bikin makanan ini sangat populer di Jepang, apalagi jika ditemani oleh beer atau sake. Tambah nikmat!

Candied Fruit

5 Street Food Terpopuler di Jepang
Ringo ame (savorjapan.com)

Nah, buat yang suka nonton anime biasanya tidak asing sama makanan satu ini, candied fruit! Dalam anime, biasanya buah-buahan yang direndam dalam sirup permen ini adalah apel, menjadi ringo ame (permen apel). Namun, ternyata masih ada lho buah lainnya, misalnya apricot (anzu ame). Rasanya yang manis dan segar bikin kamu nagih! Jika datang ketika musim buah strawberry, bisa coba ichigo ame (permen strawberry) atau mikan ame, permen yang terbuat dari jeruk asli Jepang. Wajib dicoba buat kamu yang sweet tooth!

Taiyaki

5 Street Food Terpopuler di Jepang
Taiyaki (thisis-japan.com)

Berikutnya ada taiyaki, kue khas festival berbentuk ikan yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah. Namun seiring berkembangnya zaman, isian taiyaki jadi semakin beragam, kamu bisa menemukan taiyaki dengan isian custard atau coklat yang lezat. Taiyaki dapat memiliki tektstur renyah seperti waffle, atau empuk dan lembut layaknya pancake, tergantung selera penjual dan para pelanggannya. Taiyaki juga dibuat versi kekiniannya lho, misalnya dengan dijadikan “cangkang” es krim. Lezat!

Wataame

5 Street Food Terpopuler di Jepang
Wataame (livejapan.com)

Belum cukup dengan candied fruit? Tenang, Jepang masih punya wataame, permen kapas Jepang yang bisa kamu temukan di kedai-kedai street food dan berbagai festival di Jepang. Jika kamu membelinya di festival, kamu bisa melihat proses pembuatannya, permen kapas ini akan diputar membentuk gulungan kapas menutupi gagangnya. Jika tidak mau menunggu, kamu juga bisa membeli wataame yang sudah siap dimakan. Makanan manis ini merupakan favorit anak-anak. Tapi, apa salahnya jika mencoba?

Nah, itulah 5 street food paling populer di Jepang. Mau pilih yang mana?