Share on

Pembaca JS pasti tidak asing lagi dengan ayam karaage kan? Itu lho, makanan asal Jepang yang terbuat dari daging ayam yang digoreng dengan dilumuri tepung di luarnya, membuat teksturnya renyah dan lezat disantap. Nah, di negara asalnya, ayam karaage lezat banyak ditemukan di Prefektur Oita. Dan ternyata, selain ayam karaage, Prefektur Oita masih punya makanan khas lain yang tidak kalah nikmat lho! Kira-kira apa saja ya? Simak rekomendasi makanan khas Oita yang dilansir dari situs Discover Oita ini!

Advertise With Us

Reimen dan Onmen

makanan khas Oita japanesestation.com
Reimen (discover-oita.com)

Sajian mie di Oita bisa disajikan dengan 2 versi, dingin atau “reimen” dan panas atau “onmen”. Mie yang terbuat dari tepung soba ini memiliki tekstur al dente dan disajikan dalam kuah kaldu bening dengan potongan daging sapi, setengah potong telur rebus, kol pedas dan asam ala kimchi asal Korea, dan wijen.

Reimen dan onmen hanya bisa kamu temukan di beberapa restoran spesialis di tengah kota, misalnya di restoran ramen Kirin-tei yang terletak di pinggir laut. Di restoran ini, mie akan disajikan di depanmu lengkap dengan panci memasaknya.

Dango-jiru & Yaseuma

makanan khas Oita japanesestation.com
Dango-jiru (cookingwithdog.com)

Dango-jiru adalah salah satu masakan signature Oita yang paling populer. Makanan ini seberarnya merupakan mie gandum tebal yang dimasak bersama irisan jamur shiitake, bawang bombay, dan wortel dalam sup miso, sangat sederhana namun lezat dan bikin puas!

makanan khas Oita japanesestation.com
Yaseuma (wikimedia.org)

Mie yang digunakan dalam Dango-jiru juga digunakan dalam Yaseuma. Bedanya, mie ini dibuat manis dengan taburan tepung kinako, sebuah tepung yang terbuat dari kacang kedelai panggang yang dihaluskan. Yaseuma biasanya dihadikan sebagai snack atau dessert. Biar makin sempurna, makanlah dessert manis ini dengan secangikir kopi atau teh hijau hangat!

Usuki Fugu

makanan khas Oita japanesestation.com
Masakan dengan daging ikan fugu Oita (discover-oita.com)

Ikan fugu adalah salah satu makanan asal Jepang yang dikenal dengan kelezatannya sekaligus efek samping mematikannya jika dimasak oleh koki yang tidak terkualifikasi. Nah, Usuki di Oita memiliki sedikitnya 20 restoran spesialis ikan fugu, membuatnya jadi surga bagi pecinta ikan fugu! Salah satu restorannya, Yamadaya, memiliki cabang di Tokyo dan telah mendapat tiga Michelin Stars!

Toriten & Ayam Karaage

makanan khas Oita japanesestation.com
Toriten (discover-oita.com)

Orang-orang asal Prefektur Oita dikenal memakan daging ayam dibanding penduduk prefektur lain di Jepang. Masakan ayam terpopuler di sini adalah Toriten dan Karaage. Toriten sendiri merupakan masakan asli Oita di mana daging ayam dipotong-potong kecil dan pas digigit. Daging ayam ini kemudian dibumbui dengan sake, bawang putih, dan jahe, lalu dilumuri tepung dan digoreng dengan metode deep frying menjadi semacam tempura. Ayam ini biasanya disajikan bersama salad, buah kanosu sebagai garnish, mustard dan ponzu alias saus kecap yang dicampur dengan jeruk. Teksturnya lembut ketika digigit, lezat dan bikin puas!

Jika ingin menikmatinya, restoran Toyoken di Beppu memiliki reputasi baik dalam menyajikan makanan ini lengkap dengan saudara sepupunya, karaage. Wajib dikunjungi nih!

Semuanya terlihat enak ya? Jangan lupa cicipi semua makanan khas asal Prefektur Oita ini saat berkunjung  nanti!