Share on

Apakah kamu tahu dorayaki? Kue berbentuk bulat favorit Doraemon ini merupakan salah satu dessert tradisional asal Jepang. Nah, ternyata selain dorayaki, Jepang masih punya dessert-dessert tradisional lain yang menggugah selera lho!

Advertise With Us

Penasaran? Ayo simak uraiannya!

Anmitsu

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Anmitsu, dessert tradisional Jepang (justonecookbook.com)

Tidak hanya orang-oang barat sana yang suka dengan parfait, orang Jepang juga suka! Mereka punya parfait sendiri yang biasa disebut anmitsu. Berbeda dengan parfait versi barat, anmitsu dibuat dari agar-agar jelly. Nah, agar-agar jelly ini ditumpuk dan diberi jus buah segar. Di atasnya, ditambahkan pasta kacang merah atau anko, berbagai macam buah-buahan segar sesuai selera, dan sirup gula yang biasa disebut kuromitsu. Kadang-kadang, anmitsu juga diberi tambahan topping seperti mochi dan eskrim.

Castella

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Castella (tsunagujapan.com)

Castella adalah dessert berupa sponge cake dengan bahan sederhana. Kue ini memiliki rasa manis yang pas, cocok buat kamu yang tidak begitu suka makanan manis.  Castella sangat populer di Jepang, terutama di daerah Nagasaki, area Kyushu yang sering disebut-sebut sebagai “Kota Castella”. Biasanya, para turis membeli Castella di Nagasaki sebagai oleh-oleh.

Ada fakta menarik nih tentang castella. Kue ini ternyata bukan benar-benar asli dari Jepang lho. Castella pertama kali dibawa ke Nagasaki oleh pedagang Portugis. Castella yang sebenarnya berbeda dengan castella-nya Nagasaki, bentuk dan teksturnya lebih mirip dengan roti.

Dorayaki

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Dorayaki kekinian, mengganti anko dengan es krim (flickr: Wenday)

Makanan favorit Doraemon ini sebenarnya merupakan dua pancake castella yang di tengahnya diberi anko atau pasta kacang merah. Kue berbentuk bulat ini cukup populer hingga sekarang, bahkan semakin bervariasi. Dorayaki kekinian biasanya mengganti anko-nya dengan isian yang lebih disukai anak muda, misalnya Nuttella.

Daifuku

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Ichigo Daifuku (justonecookbook.com)

Mungkin kamu sering mendengar istilah ichigo daifuku tapitidak tahu seperti apa sebenarnya makanan ini? Nah, ichigo daifuku sebenarnya merupakan varian dari daifuku. Daifuku sendiri merupakan dessert yang terbuat dari mochi. Makanan ini berukuran mungil, hanya sebesar 3 cm atau sekepalan tangan saja dan diberi terpung jagung atau kentang untuk mencegahnya menempel.

Ichigo daifuku sendiri sebenarnya merupakan daifuku berisi buah strawberry. Selain strawberry, masih banyak varian isi lain seperti krim manis, selai apricot, pasta chestnut, dan crème caramel serta filling kopi untuk versi kekiniannya.

Dango

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Hanami Dango (matcha-jp.com)

Terlihat familiar? Ya, makanan berbentuk bulat ini memang dijadikan emoji di smartphone. Dango sendiri sebenarnya merupakan dessert yang dibuat dari mochiko, tepung beras yang biasa dipakai untuk membuat makanan manis lain. Biasanya, satu tusuk dango berjumlah 3 hingga 4 buah. Makanan ini cukup populer dan bisa dimakan kapan saja. Salah satu varian dango paling populer adalah mitarashi dango, dango yang dilumuri oleh sirup manis dan kental.

Taiyaki

6 Dessert Tradisional Jepang yang Harus Kamu Coba!
Taiyaki (thisis-japan.com)

Jika kamu hobi datang ke festival Jepang, mungkin tidak asing dengan kue berbentuk ikan yang biasa disbeut taiyaki ini.

Taiyaki merupakan street food tradisional yang populer di Jepang. Versi tradisionalnya hanya memiliki 1 isian, yaitu anko. Kini, variasi isiannya bertambah banyak, seperti custard, coklat, dan ubi. Bahkan, ada beberapa yang memiliki rasa asin, seperti sosis, keju, atau isian gyoza. Ada juga yang memasukkan eskrim dan buah-buahan ke dalam kue berbentuk ikan ini.