Share on

Kalau kamu main ke rumah temen atau saudara, biasanya kamu disuguhi apa? Kue bolu? Teh manis? Kopi? Atau rengginang yang ada di dalam kaleng biskuit Khong Guan? Nah kalo kalian bertamu ke rumah orang Jepang, inilah 10 snack khas Jepang yang bakal kamu dapat sebagai suguhan! Ssst...enak semua lho.

1. Kurobo

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Kurobo, salah satu snack khas Jepang untuk menjamu tamu (japanesesnackreviews.blogspot.com)

Kurobo berasal dari Kyushu selatan. Makanan yang secara harfiah berarti Tongkat Hitam ini memiliki tekstur yang lembut dengan lapisan taburan gula yang manis. Snack ini popular sebagai teman minum kopi karena rasa manisnya dapat melengkapi dan menyempurnakan dari rasa kopi yang pahit.

2. Genji Pie

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Genji Pie (www.amazon.ca)

Nah, ini bisa dibilang sebagai kue yang legendaris karena sudah ada sejak 1965! Kue dengan taburan gula ini berbentuk seperti hati dan biasanya jadi teman untuk minum teh, menjadikannya sebagai salah satu kombinasi andalan untuk disuguhkan ke tamu yang berkunjung.

3. Cheese Okaki

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Cheese Okaki, snack khas Jepang dengan sensasi rasa beragam (247japanesecandy.com)

Bourbon adalah salah satu produsen snack atau makanan ringan yang sudah terkenal di Jepang. Salah satu produknya yaitu Cheese Okaki ternyata menjadi suguhan andalan untuk tamu di Jepang. Rice crackers  dengan rasa soy sauce (shoyu) ini berisi krim keju yang menghasilkan kombinasi rasa manis, asin dan gurih di setiap gigitanya.

4. Asparagus

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Asparagus Biscuit (www.amazon.com)

Eits, jangan bingung dulu. Ini bukan sayuran hijau yang biasanya dihidangkan di masakan Eropa itu. Kue ini dinamakan asparagus karena bentuknya yang panjang dan bertekstur sehingga dikatakan mirip dengan asparagus. Dibuat oleh Ginbis, rasa yang paling digemari dari kue asparagus ini adalah rasa kombinasi biskuit dan wijen hitam. Dengan rasa manis yang enak, snack ini sangat cocok disajikan dengan minuman hangat.

5. Cheese Almond

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Cheese Almond (shopee.com.my)

Salah satu snack dengan rasa asin yang paling populer di Jepang yang mengkombinasikan kacang, biscuit dan krim keju. Uuuh, enaknya...

6. Nanbu Senbei

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Nanbu Senbei, snack khas Jepang dari Hachinose (visithachinohe.com)

Siapa sih warga Jepang yang gak suka dengan kue tradisonal khas Jepang yang satu ini? Kue ini awalnya berasal dari Kota Hachinohe yang dulu merupakan rumah dari klan samurai Nanbu, tapi kemudian menyebar ke mana-mana. Kue ini pun dijual hingga ke penjuru Prefektur Aomori dan beberapa daerah di Prefektur Iwate. Dengan rasa yang unik dan tekstur yang renyah, ternyata kue ini tidak seperti senbei kebanyakan. Alih-alih beras, bahan utama dari kue ini adalah gandum dengan campuran kacang pistachio dan kacang tanah.

7. Soft Salad

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Soft Salad, snack khas Jepang ini cocok untuk anak-anak dan lansia (www.amazon.com)

Keunikan dari kue beras yang satu ini adalah teksturnya yang lebih lembut dari kue beras yang beredar di pasaran karena kue ini dimaak dengan minyak sayuran, yang biasa disebut di Jepang sebagai “Salad Oil”. Kue berukuran besar dengan bentuk bulat ini dibuat dengan tekstur yang lembut agar memudahkan untuk orang tua dan anak-anak memakannya.

8. Lumonde

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Bourbon (247japanesecandy.com)

Kue ini sudah ada sejak 1974 loh. Kue legendaris ini memiliki tekstur yang renyah dari bentuknya yang seperti crepes yang dibalut dengan krim coklat yang pastinya lezat, membuat kita bisa lupa diri ketika makan kue ini.

9. Pota Pota Yaki

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Pota Pota Yaki (www.amazon.com)

Senbei (rice cracker) buatan Kamata Seika ini sudah beredar di pasaran Jepang sejak 1986, membuat kue ini termasuk salah satu snack yang legendaris. Crackers dengan shoyu ini memiliki rasa manis dan tektur yang renyah yang lezat ini sangat cocok dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh atau kopi.

10. Yuki no Nado

10 Snack Khas Jepang yang Jadi Suguhan Untuk Tamu
Yuki no Nado (www.amazon.com)
Yuki no Nado adalah senbei yang secara harfiah berarti "Penginapan Salju. Kue yang pertama kali diperkenalkan ke pasar di Jepang pada 1977 ini memiliki ciri khas kombinasi crackers yang renyah dan lapisan yang terlihat seperti salju yang terbuat dari susu kental manis dan krim yang berasal dari Hokkaido. Kombinasi renyah, gurih dan manis inilah yang membuat kue ini menjadi favorit orang Jepang untuk dijadikan sebagai suguhan untuk tamu. Jadi, manakah yang kira-kira akan jadi favoritmu ketika berkunjung ke rumah teman Jepang?