Share on

Kagoshima di selatan Kyushu, Jepang memang dianugerahi dengan berbagai hal yang membuatnya layak dikunjungi, mulai pemandangan yang cantik, gunung-gunung yang indah, hingga makanan khasnya yang lezat. Nah, tapi, apa saja ya yang wajib dilakukan saat berkunjung ke sini? Berikut 7 hal yang wajib kamu lakukan di Kagoshima!

Advertise With Us

1. Mandi Pasir di Ibusuki Seaside Hotel

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Pemandian pasir panas di Ibusuki Seaside Hotel (tokyoweekender.com)

Dibuka pada tahun 1960 di Kota Ibusuki, Kagoshima, hotel di pinggir laut ini dikenal dengan pelayanannya yang sangat memuaskan. Selain pelayanannya, penampilan hotel ini juga sangat cantik dengan kamar modern yang dilengkapi dengan area lounge dan kasur ala barat atau ala Jepang. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, bisa pilih suite dengan sebuah kamar mandi balkon yang langsung mengarah ke pemandangan laut yang indah.

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Pemandian balkon di Ibusuki Seaside Hotel (tokyoweekender.com)

Biar liburanmu makin maksimal, cobalah pemandian pasir yang ada di hotel ini, di mana kamu dapat menenggelamkan dirimu dalam pasir panas. Berendamlah selamana 10 hingga 15 menit hingga keringatmu mulai bercucuran dan selesai! Pasir panas ini dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah, meredakan radang sendi, membuka pori-pori kulit, dan membantu membuang racun.

2. Melihat Gunung Berapi  Aktif

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Gunung Sakurajima (tokyoweekender.com)

Jika mendengar kata Kagoshima, biasanya Sakurajima-lah yang langsung terlintas di kepala. Gunung berapi ini memang terkenal kerap bereaksi dan erupsi hampir setiap harinya. Namun, terkadang kamu sulit melihat pemandangan erupsi itu karena puncaknya diselimuti awan atau kabut atau erupsinya sangat kecil hingga tidak terlihat dari seberang teluk. Nah, jika ingin melihatnya dengan nyaman, kamu dapat mengunjungi Shiroyama Observatory, atau menumpang kapal feri ke pulau tempat gunung itu berada dan mendaki sekitar 373m menuju Yunohira Observation Point.

3. Minum Teh di Taman Bersejarah

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Sengan-en. (tokyoweekender.com)

Di seberang Sakurajima, terletaklah sebuah taman yang disebut-sebut sebagai taman paling penting di Kagoshima: Sengan-en.

Dibangun pada tahun 1658 sebagai taman untuk sebuah villa di bawah perintah daimyo Shimadzu Mitsuhisa, kini taman yang terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini menjadi sebuah situs dan taman untuk mengenal sejarah Satsuma (nama lama Kagoshima). Berjalanlah ke museum Shoko Shuseikan untuk mempelajari sejarah Satsuma sekaligus menikmati ubi manis dan secangkir teh hangat. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menaiki bus sekitar 10 menit dari Kota Kagoshima lho!

4. Berkendara ke Titik Paling Selatan Kagoshima

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Tanjung Nagasaki, Kagoshima (tokyoweekender.com)

Titik paling selatan Semenanjung Satsuma adalah Tajung Nagasaki. Di sini, kamu akan menemukan sebuah mercusuar putih mungil dengan sebuah kuil di belakangnya, Kuil Ryugu. Warna merah dan oranye kuil tempat bersemayamnya dewa Ryugu ini sangat kontras dengan birunya laut, sangat cantik. Kulit kerang-kerang indah menghiasi papan mamori, menggantikan kayu tradisional, membuat para pengunjung dapat menuliskan harapan mereka dan menaruhnya di sebuah ember kayu yang telah disediakan. Dengan berkendara ke sini, kamu juga akan disuguhkan pemandangan cantik dan membawamu berkeliling di area Gunung Kaimon, melewati ladang bunga matahari, dan Flower Park Kagoshima yang populer!

5. Menyantap Katsuobushi

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Katsuobushi (tokyoweekender.com)

Salah satu bagian paling menarik dari Kota Makurazaki di Kagoshima adalah wangi udaranya yang khas. Makurazaki memproduksi banyak katsuobushi (cakalang serut), membuat wanginya yang khas bertahan di udara. Di sini, kamu bisa menyantap katsobushi sambil memandangi pemandangan gunung dan kotanya yang indah!

6. Mendaki “Gunung Fuji-nya” Kagoshima!

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Gunung Kaimon (tokyoweekender.com)

Meski hanya dibilang “mirip” dengan Gunung Fuji, Gunung Kaimon punya banyak keunggulan yang tidak kalah lho dari gunung yang jadi simbol Jepang itu. Gunung ini memiliki tanah yang cocok untuk bercocok tanam, bunga-bunga liar cantik, dan sumber air panas yang jernih dan segar. Gunung ini sebenarnya merupakan gunung berapi aktif lho, namun, aktivitas terakhirnya adalah sebuah emisi gas voklanik ringan pada tahun 2000 dan letusan besarnya terjadi pada tahun 885 silam. Gunung ini cukup dekat dengan Kuil Ryugu, bisa sekalian nih!

7. Menikmati Makanan Khas Kagoshima

Hal yang wajib dilakukan di Kagoshima japanesestation.com
Ramen Kagoshima (tokyoweekender.com)

Tak lengkap kan rasanya berwisata tanpa mencicipi makanan khas daerah yang kamu pijaki? Nah, selain katsuobushi, Kagoshima juga terkenal dengan ramen. Ramen lokal Kagoshima biasanya berisi mie tebal dan kenyal dengan kuah yang dibuat dari kaldu tulang babi yang gurih, kaldu ayam, sarden kering, sayuran, jamur, dan rumput laut. Membayangkannya saja sudah membuatmu meneteskan air liur kan? Nah, salah satu restoran ramen favorit di sini adalah Noboruya, restoran ramen ala Kagoshima yang telah berdiri sejak tahun 1947. 

Itulah 7 hal yang wajib kamu lakukan di Kagoshima!