Share on

Ketika datang ke Tokyo, banyak orang mungkin berpikir tentang gedung pencakar langit dan keramaian. Namun, ada banyak tempat di sekitar Tokyo di mana pemandangan kuno masih tetap ada. Artikel ini akan memperkenalkan 3 kafe dan restoran yang terletak di dalam kominka (rumah tradisional Jepang), di mana pengunjung masih dapat merasakan pesona dan suasana Tokyo lama. Yuk kita lihat langsung rekomendasi kafe rumah tradisional Jepang berikut ini!

1. Kosoan [Jiyugaoka]

Kosoan adalah sebuah kafe rumah tradisional Jepang yang diperbaharui dan terletak sekitar 5 menit berjalan kaki ke utara dari Stasiun Jiyugaoka, sebuah daerah dengan banyak toko-toko mewah dan trendi. Di kafe ini, kalian dapat menikmati teh, kopi, dan manisan Jepang seperti anmitsu (hidangan penutup Jepang dengan agar-agar, buah-buahan, kue beras, dan pasta kacang merah manis) atau zenzai (sup kacang merah manis), sambil menikmati pemandangan halaman rumah bergaya Jepang.

Kosoan Cafe
Kosoan Cafe (tsunagujapan.com)

Matcha (teh hijau bubuk) yang disajikan di sini dibuat sesuai pesanan, cangkir demi cangkir, dan memiliki rasa pahit yang unik serta menenangkan. Matcha juga disajikan dengan manisan yang berubah setiap musimnya. Jika kalian berkunjung di musim panas, spesialisasi musim panas di kafe ini adalah Matcha Kaki-gori (es serut). Kalian pasti akan menyukai rasa manis yang menyegarkan dan sempurna untuk cuaca panas.

Matcha otentik khas Jepang
Matcha otentik khas Jepang (tsunagujapan.com)

Nama Kafe : Kosoan

Jam buka : 11:00 - 18:30

Hari tutup: Rabu

Alamat :

1-24-23, Jiyugaoka, Meguro-ku, Tokyo

Google Maps

Akses : sekitar 5 menit berjalan kaki dari pintu keluar utama Stasiun Jiyugaoka

Situs web (Jepang)

2. Cafe Couwa [Kiku]

Cara terbaik untuk mengakses Cafe Couwa adalah dengan menaiki bus atau taksi, karena lokasi kafe rumah tradisional Jepang ini agak jauh dari stasiun terdekat. Kafe ini berada di sebuah rumah tua yang telah dipugar, jadi kalian dapat melihat berbagai perabot rumah yang digunakan di Jepang tempo dulu.

Cafe Couwa
Cafe Couwa (tsunagujapan.com)

Suasana indah di dalam diciptakan oleh pencahayaan tidak langsung, yang membuat pelanggan merasa santai. Kafe ini menyajikan scone, roti Swiss, dan kombo makan siang yang disertai dengan minuman. Kalian juga dapat memilih tempat duduk sendiri, baik di counter, meja makan, atau tempat duduk sofa, guna menghabiskan waktu santai di kafe.

Scone khas Cafe Couwa
Scone khas Cafe Couwa (tsunagujapan.com)

Nama Kafe : Cafe Couwa

Jam buka : 11:00 - 18:00 (L.O. 5:00 PM)

Hari tutup: Selasa, Senin ke-3 setiap bulan

Alamat :

483, Shobu-cho Niibori, Kuki-shi, Saitama

Google Maps

Akses : naik bus menuju Shobu-nakabashi dari pintu keluar barat Stasiun Kuki, turun di Shobu-nakabashi kemudian 8 menit berjalan kaki ke kafe.

Situs web (Jepang)

3. Tenement [Hiro-o]

Tenement adalah sebuah kafe dan restoran di rumah petak yang sangat tua dan terletak di Hiro-o, daerah yang penuh dengan banyak kafe cantik dan toko-toko trendi yang cocok sebagai lokasi jalan-jalan dan menjelajah. Yang menjadikan kafe rumah tradisional Jepang ini istimewa adalah mereka begitu cermat dalam memilih masing-masing bahan makanan dan menyajikan berbagai hidangan, seperti semur daging sapi buatan sendiri, cheesecake, dan aneka menu pilihan lainnya yang sangat lezat.

Menu homemade yang lezat disajikan
Menu homemade yang lezat disajikan (tsunagujapan.com)

Ada meja untuk pelanggan di lantai 1 dan 2. Setelah masuk ke dalam bangunan, kalian akan menikmati alunan musik latar yang menjadi bagian dari esensi suasana yang menyenangkan dalam kafe. Tenement memiliki kualitas interior, makanan, dan musik terbaik, yang semuanya mengarah pada kepuasan tinggi pelanggan akan pengalaman mereka di sini.

Tenement Cafe
Tenement Cafe (tsunagujapan.com)

Nama : Tenement

Jam buka : 11:30 pagi - 11:00 malam

Hari tutup: buka sepanjang tahun

Alamat :

2-39-4, Ebisu, Shibuya-ku, Tokyo

Google Maps

Akses : sekitar 10 menit berjalan kaki dari pintu keluar 1 Stasiun Hiro-o

Situs web (Jepang)