Share on

Rumah tradisional Jepang punya interior dan arsitektur unik yang membuatnya charming dan memiliki kesan Jepang banget. Nah, ternyata ada 17 fitur klasik yang wajib ada di rumah tradisional Jepang. Apa saja?

Shoji

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Shoji (japan-talk.com)

Jika pernah menonton anime atau drama dengan setting Jepang zaman dulu, pasti kamu pernah melihat pintu geser yang terbuat dari kayu dengan sekat-sekat menyerupai jendela. Ternyata, nama pintu ini adalah Shoji, pintu geser yang terbuat dari kertas transparan dan kerangka kayu. Fungsi shoji adalah untuk membiarkan cahaya masuk dan bayangan dari luar bisa terlihat.

Fusuma

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Fusuma (japan-talk.com)

Nah, biasanya rumah tradisional Jepang juga punya fusuma. Apa itu? Mirip dengan shoji, fusuma juga merupakan pintu geser yang juga berfungsi sebagai dinding. Adanya fusuma membuat ruangan lebih mudah diatur.

Wagoya

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Wagoya (japan-talk.com)

Bangunan tradisional Jepang juga punya keunikan sendiri, langit-langitnya dibuat tanpa menggunakan paku sedikitpun! Langit-langit yang dibuat menggunakan kayu-kayu ini menggunakan tali tambang sebagai penyambungnya. Nah, ternyata langit-langit unik ini punya nama lho, yaitu wagoya.

Engawa

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Engawa (japan-talk.com)

Rumah tradisional Jepang juga punya bagian mirip beranda yang disebut engawa. Engawa digunakan sebagai pemisah antara shoji dan luar rumah. Di bagian bawah engawa, ada tempat untuk menyimpan sepatu (lihat batu besar dalam gambar). Engawa juga sering dijadikan tempat untuk bersantai.

Ranma

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Ranma (japan-talk.com)

Sudut unik berikutnya adalah Ranma. Bagian yang terletak di atas shoji atau fusuma ini berfungsi untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Biasanya, ranma dibuat dari ukiran kayu.

Tokonoma

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Tokonoma (japan-talk.com)

Tokonoma merupakan sudut kecil yang biasanya terdapat di ruang yang dijadikan ruang tamu di rumah tradisional Jepang. Tokonoma berfungsi untuk meletakkan beberapa hiasan, eperti lukisan, shodo (kalirafi Jepang) atau ikebana (rangkaian bunga ala Jepang). Ada beberapa aturan terkait tokonoma.Contohnya, kita tidak boleh duduk atau berdiri di area tokonoma karena dianggap tidak sopan.

Amado

17 Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang
Amado (japan-talk.com)

Untuk privasi dan keamanan, rumah tradisional Jepang juga punya segel yang biasa disebut Amado. Benda yang biasanya terbuat dari papan kayu atau lapisan besi ini mampu mengubah sebuah rumah yang terbuka dan terlihat mengundang di siang hari menjadi tertutup dan aman di malam hari tanpa mengurangi keindahannya.