Share on

Setiap budaya memiliki mitos dan takhayul, tidak terkecuali negara maju seperti Jepang. Ada banyak mitos dan takhayul yang masih dipercaya oleh masyarakat Jepang hingga saat ini. Banyak di antaranya terkait dengan kencan dan hubungan, untuk memastikan suatu pasangan tetap langgeng. Berikut adalah beberapa mitos dan takhayul Jepang tentang kencan dan hubungan romantis yang paling banyak dipercaya oleh masyarakat Jepang.

Advertise With Us

1. Pasangan yang Menyaksikan Pemadaman Lampu Tokyo Tower pada Malam Hari akan Bersama Selamanya

pasangan Jepang
Pasangan Jepang (pakutaso.com)

Ada mitos yang mengatakan bahwa jika pasangan berhasil melihat lampu Tokyo Tower dimatikan pada tengah malam, mereka akan diberkati dengan cinta yang abadi. Dengan adanya rumor ini, orang-orang terus bertanya kepada staf menara tentang lampu dan mengapa mereka tidak mematikannya. Jadi, staf yang awalnya hanya mematikan lampu menara tiap ada perbaikan, sekarang selalu mematikan lampu menara setiap tengah malam.

2. Pasangan yang Memasang Gembok ke Pagar di Koibito no Oka, Pulau Enoshima, Cinta Mereka Tidak akan Berubah Selama Bertahun-tahun

Alih-alih takhayul, tampaknya hal ini lebih seperti pernyataan cinta, dan ide yang terinspirasi dari jembatan Paris. Kuil Enoshima terkenal untuk enmusubi (menghubungkan cinta), sehingga pasti ada cinta yang mengudara di sana.

3. Bunyikan Bel Cinta Tiga Kali di Koibito Misaki di Shizuoka, dan Cinta akan Bergetar di Seluruh Negeri

Koibito Misaki
Koibito Misaki (japandeluxetours.com)

Tidak mengherankan, Koibito Misaki di Shizuoka adalah tempat kencan yang sangat populer.

4. Menyaksikan Gerhana Matahari Bersama Berarti Cinta akan Bertahan Selamanya

Ada banyak takhayul Jepang tentang cinta yang melibatkan cincin, karena cincin tidak memiliki “akhir” atau ujung. Jika kamu dan pasangan melihat cincin yang muncul di sekitar bulan saat gerhana mencapai puncaknya, maka cinta kalian akan bertahan selamanya.

5. Pasangan yang Mengendarai Perahu Bersama di Taman Inokashira di Kichijoji Pasti akan Putus

Perahu di danau
Naik perahu di danau, takhayul Jepang (tokyoweekender.com)

Takhayul Jepang yang satu ini memiliki beberapa asal yang berbeda. Salah satunya adalah karena kutukan dari Bezaiten yang cemburu (dewa kekayaan, musik, kefasihan, dan air Buddha). Kisah lainnya adalah seorang gadis yang patah hati pernah menenggelamkan dirinya di danau tersebut. Namun muncul sebuah teori yang lebih logis, menyatakan bahwa wanita secara tidak sadar akan mengawasi bagaimana pasangan mereka mengarahkan perahu. Jika pasangan mereka menabrak orang lain atau benda, maka dia tidak akan bisa mempercayainya untuk menjaga masa depan mereka.

6. Jika Pergi ke Tokyo Disneyland untuk Berkencan, maka Semuanya akan Berakhir

Yang ini mungkin memiliki penjelasan yang logis. Sebuah blog mengatakan bahwa meskipun kebanyakan pasangan tidak akan mengucapkan selamat tinggal di sana, ada banyak alasan khusus: biayanya terlalu mahal, pasangan menjadi lelah dan rewel, ada banyak wanita lain selain pasangan.

Ada pula kumpulan mitos dan takhayul Jepang yang aneh yang beredar dari mulut ke mulut.

1. Jika kamu sedang berkencan saat salju pertama turun, kamu akan bahagia selamanya.

2. Jika kamu melihat kucing putih saat kencan, hubunganmu akan baik-baik saja selamanya.

3. Letakkan saputangan renda di bawah bantal pada malam sebelum kencan dan tidurlah. Bawalah bersama kamu saat kencan dan apa pun yang kamu impikan dalam tidur akan menjadi kenyataan.

Menggunting kertas
Menggunting kertas (tokyoweekender.com)

4. Jika kamu menggunakan gunting atau pemotong kertas pada hari kencan, kamu akan dicampakkan.

5. Naik roller coaster bersama pada kencan pertama, dan kamu akan putus.

6. Naik perahu apa pun di danau mana pun di mana Benten-sama (dewi seni dan kebijaksanaan) tinggal, dan kamu akan terlibat perkelahian. (Dewa dan dewi Jepang bisa sangat cemburu pada pasangan yang mesra-mesraan)

7.  Berfoto bersama di depan kandang gorila di kebun binatang adalah ide yang buruk untuk dilakukan saat kencan.