Berita Jepang | Japanesestation.com

Kebun Binatang Higashiyama di kota Nagoya sedang disibukkan dengan penyambutan Taro, spesies komodo pertama yang ada di Jepang mulai 18 Juli mendatang. Kadal terbesar di dunia ini sebelumnya tinggal di Kebun Binatang Ueno Tokyo dan Kebun Binatang Sapporo Maruyama.

Dilansir dari Kyodo News, komodo jantan berusia 13 tahun ini sebelumnya tinggal di Kebun Binatang Singapura. Namun, karena kurangnya ruang setelah menerima komodo betina untuk konservasi satwa langka, Kebun Binatang Singapura memutuskan untuk memindahkan Taro.

Sementara itu, selama masa kampanye pemilihan wali kota Nagoya, Takashi Kawamura berjanji untuk memperkenalkan hewan-hewan yang menarik seperti komodo kepada penduduk, “Kami akhirnya berhasil membawa Taro ke sini setelah melewati negosiasi yang alot,” ujar Kawamura.

Spesies asli Indonesia ini telah ditetapkan sebagai salah satu satwa langka dan terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature. Sebagai kadal raksasa, komodo dapat tumbuh lebih dari tiga meter dengan berat lebih dari 160 kilogram.