Share on

Sashimi merupakan hal yang tidak asing di restoran sushi. Daging segar yang dipotong tipis tersebut menjadi menu yang wajar untuk dimakan mentah-mentah. Sebagian besar hanya mengetahui sashimi dari ikan salmon atau tuna, tetapi sebenarnya banyak sekali jenis sashimi yang ada di Jepang. Berikut ini adalah beberapa jenis sashimi yang menarik, terkenal, dan mudah ditemui di Jepang.

Advertise With Us

Katsuo

Sashimi cakalang
Sashimi katsuo (lamtc.com)

 

Katsuo merupakan daging ikan cakalang, salah satu jenis ikan tuna yang terkenal di Jepang. Selain menjadi sashimi, ikan ini juga diproses menjadi katsuoboshi yang sering ditemui di okonomiyaki dan takoyaki. Sebagai sashimi, daging ikan ini terkenal dimakan dengan cara "katsu no tataki." Ikan dipanggang bagian luarnya dan tetap membiarkan bagian dalamnya mentah, kemudian disajikan dengan saus jeruk ponzu dan bawang.

Sake

Sashimi salmon
Sashimi sake (wabisabicork.com)
Jenis ini merupakan jenis yang sering ditemui di restoran sushi, yaitu ikan salmon. Dagingnya yang berwarna oranye mudah dikenali orang-orang. Salmon terbagi-bagi lagi berdasarkan banyaknya lemak dalam setiap potongan daging. Pada bagian tertentu yang memiliki banyak lemak, potongan sashimi tersebut dinamai toro.

Saba

Sashimi makarel
Sashimi saba (food-in-japan.com)

 

Saba merupakan jenis sashimi dari ikan makarel Jepang. Berbeda dengan sashimi pada umumnya yang jarang dibumbui, ikan ini lebih nikmat disantap jika direndam dengan bumbu. Terkadang, ikan ini juga disajikan dengan dipanggang terlebih dahulu. Ikan makarel Jepang memiliki rasa yang kuat dan berminyak, sehingga cocok untuk disajikan dengan daun bawang dan jahe.

Ebi, Ika, dan Tako

Sashimi udang
Sashimi ebi (gurunavi.com)

 

Sashimi gurita
Sashimi tako (gurunavi.com)

Tidak hanya ikan, udang, cumi-cumi, dan gurita pun juga bisa dijadikan sashimi. Udang atau pun lobster memiliki banyak jenis dengan nutrisi dan rasa berbeda-beda, sehingga kamu bisa mencoba bermacam-macam rasa. Sementara itu, gurita memiliki tekstur daging seperti karet, berbeda dengan tekstur daging ikan. Cumi-cumi pun memiliki tekstur serupa, tetapi lebih lembut dan licin.  

Basashi

Sashimi Kuda
Sashimi basashi (kingdom-of-winter-trip-tohoku.com)

 

Setelah mengenal berbagai jenis sashimi dari produk laut, jenis yang satu ini berasal dari hewan darat. Berasal dari daging kuda, jenis ini cukup umum di tempat minum-minum di Jepang. Daging ini sangat cocok untuk disantap bersama sake dan bir.

Niwatori no Tataki

Sashimi ayam
Sashimi niwatori (favy-jp.com)

Sama seperti basashi, jenis ini berasal dari hewan darat, yaitu ayam. Sudah menjadi hal biasa di Jepang untuk memakan daging ayam mentah. Seperti katsuo, jenis ini cocok untuk disajikan dengan pinggiran yang sudah dipanggang.

Sumber:

Gurunavi

Favy