Share on

Siapa sih yang gak kenal sushi? Ya, makanan asal Jepang ini memang terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang unik dan lezat memang bikin orang-orang ketagihan! Tapi, tahukah kamu kalau masih banyak orang yang menyantap sushi dengan cara yang salah? Kalau orang Jepang tahu, bisa malu nih! Nah, tapi jangan takut, sebelum berangkat ke Jepang, JS akan memberitahu bagaimana cara makan sushi dan sashimi dengan benar. Simak cara-caranya ya!

Advertise With Us

Sashimi

Ternyata, mencampur wasabi ke dalam shoyu (kecap asin Jepang) itu etika buruk lho saat menyantap sashimi. Jadi, taruh wasabi secukupnya di atas sashimi, lalu celupkan deh ke dalam shoyu sebelum dimakan.

cara makan sushi japanesestation.com
Menaruh wasabi di atas sashimi (tsunagujapan.com)
cara makan sushi japanesestation.com
Mencelupkan sashimi dan wasabi ke dalam shoyu (tsunagujapan.com)

Wasabi memang pedas, tapi harum. Jika, kamu mencampurkannya ke shoyu, aromanya akan hilang. Namun, jika menggunakan cara di atas, kamu bisa menikmati rasa pedas sekaligus aromanya!

Nigiri

Mencelupkan hanya neta (topping sushi) saja ke dalam shoyu itu etika buruk lho. Selain itu, mengambil neta dari atas nasi juga dianggap kasar dan tidak menghormati chef yang membuatnya. Bagaimana kalau mencelupkan nasinya? Sama saja! Shari atau nasi untuk sushi adalah campuran dari nasi, cuka, garam, dan gula. Mencelupkan shari ke dalam shoyu akan membuat rasa shoyu mendominasi dan menghancurkan rasa dan bentuk sushi.

Bagaimana Cara Memakan Nigizizushi dengan Sumpit?

cara makan sushi japanesestation.com
Meletakkan sushi ke sisi kiri (tsunagujapan.com)
cara makan sushi japanesestation.com
Cara mencelupkan sushi ke shoyu dengan benar. (tsunagujapan.com)

Jatuhkan sushi ke pinggir kiri dan ambil dengan sumpitmu. Jika kamu mengambil sushi dalam posisi tegak, akan sulit mencelupkan neta ke shoyu. Jika kamu menempatkannya di sisi kiri, akan lebih mudah.  Lalu, arahkan neta sehingga menghadap ke bawah dan celupkan sedikit ke shoyu. Jika terlalu basah, rasa unik dan gurih sushi akan hilang.

Cara Memakan Nigirizushi dengan Tangan

Tempatkan sushi di sisi kiri dan ambil susi dengan menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah. Intinya, mau dengan tangan ataupun dengan sumpit, wajib menempatkannya di sisi kiri! Setelah itu, celupkan neta ke dalam shoyu dan makan deh.

cara makan sushi japanesestation.com
Cara memakan nigirizushi dengan tangan (tsunagujapan.com)
cara makan sushi japanesestation.com
Cara memakan nigirizushi dengan tangan (tsunagujapan.com)

Jangan lupa untuk memegang sushi dengan posisi terbalik sehingga neta berada di bawah dan celupkan sedikit ke dalam shoyu. Sama saat seperti menggunakan sumpit, tidak baik lho membuat neta terlalu basah dengan shoyu. Jadi, jangan lupa ya!  

Gunkan

Sama seperti nigirizushi, mencelupkan shari ke dalam shoyu adalah etika buruk. Neta-nya tidak akan tersentuh shoyu, dan shari akan basah terendam. Jadi, bagaimana cara yang tepat memakan sushi gunkan?

cara makan sushi japanesestation.com
Memasukkan gari ke dalam shoyu (tsunagujapan.com)
cara makan sushi japanesestation.com
"Memindahkan" shoyu dengan gari (tsunagujapan.com)

Mudah kok. Pertama, masukkan gari (jahe yang diiris tipis dan dibuat acar) ke dalam shoyu. Lalu, gunakanlah gari itu itu untuk memindahkan shoyu ke atas neta. Nah, saat kamu menggnakan gari untuk menjadi “saus” untuk neta, lakukanlah pelan-pelan agar tidak merusak bentuk sushi gunkan. Nah, harus hati-hati nih saat memakan sushi yang dibungkus dengan nori seperti gunkan dan hosomaki. Lama-kelamaanm nori yang membungkusnya akan lengket dan basah, jadi, meski tidak perlu terburu-buru, jangan sampai sushinya lengket ya!

Hosomaki

cara makan sushi japanesestation.com
Cara makan hosomaki dengan benar. (tsunagujapan.com)

Cara memakan hosomaki cukup mudah. Langsung saja makan dengan posisi tegak. Alasannya, jika kamu tidak memegangnya dengan posisi tegak, shari-nya akan terlalu basah oleh shoyu. Hati-hati ya!

Nah, itulah cara memakan sushi dan sashimi yang benar! Mungkin memang sedikit merepotkan, tapi dengan cara makan yang benar, rasa sushi juga akan semakin enak! Selain itu, dengan etika yang baik, pasti akan membuat orang Jepang terkesan kan?