Share on

Memasak hidangan Jepang sebenarnya sangatlah mudah, terlebih jika kalian memiliki bumbu-bumbu dari Jepang berikut ini. Pelajari tentang bumbu dan bahan-bahan pokok khas masakan Jepang, mulai dari saus sukiyaki hingga kari roux, yang akan memberi kalian rasa lezat yang tak tertahankan. Ini akan menjadi kesempatan kalian meningkatkan skill memasak di saat situasi pandemi yang mengharuskan kita stay at home.

1. Soy Sauce – Bumbu Pokok Lezat dari Jepang

Kecap asin Jepang adalah bumbu Jepang klasik, digunakan dalam sejumlah besar hidangan, mulai dari sup hingga makanan yang direbus. Apakah rasanya ada sesuatu yang kurang di piring kalian? Dengan menambahkan kecap asin kalian dapat membuat dimensi rasa dan mengubah sebuah makanan menjadi hidangan yang luar biasa.

Kecap asin Jepang (matcha-jp.com)
Kecap asin Jepang (matcha-jp.com)

Jika kalian hanya ingin mencicipi kecap sendiri, lalu bagaimana dengan mencoba tahu dingin (hiyayakko)? Hidangan sederhana ini dibuat dengan hanya mengaduk kecap di atas tahu. Taburkan beberapa irisan bawang daun di atasnya untuk menambah warna ke sajian. Untuk meningkatkan rasa tahu, dapat juga menambahkan parutan jahe atau katsuobushi (serpihan bonito kering).

Cobalah kecap asin Jepang sebagai bumbu saat memasak hidangan Jepang ataupun untuk makanan yang biasanya kalian nikmati, seperti telur mata sapi yang akan menambahkan profil rasa baru ke dalam makanan sehari-hari kalian!

2. Sukiyaki Sauce - Cara Sederhana untuk Menyempurnakan Makanan!

Cara tercepat dan termudah untuk membuat sukiyaki, sejenis hot pot Jepang, adalah dengan menggunakan saus sukiyaki yang sudah jadi. Yang harus kalian lakukan adalah mendidihkan saus sukiyaki dalam panci, lalu tambahkan daging sapi, bawang daun, jamur, aneka sayuran lainnya, dan tahu, lalu masak bersama-sama.

Sukiyaki (matcha-jp.com)
Sukiyaki (matcha-jp.com)

Jika kalian tidak memiliki saus sukiyaki siap pakai, kalian dapat membuatnya sendiri. Tuang 100ml mirin (anggur beras Jepang manis) dan 100ml sake Jepang ke dalam panci, kemudian masak hingga seluruh alkohol menguap. Tambahkan kecap asin Jepang (100ml) dan larutkan gula (2 sdm) ke dalam panci untuk melengkapi rasa saus. Jangan ragu untuk menyesuaikan jumlah masing-masing bahan sesuai dengan selera kalian.

3. Mentsuyu - Suatu keharusan untuk Hidangan Udon, Soba, dan Mie!

Mentsuyu, adalah aneka kaldu yang sering digunakan sebagai saus celup, bumbu yang sangat berguna untuk dimiliki. Kalian harus memiliki sebotol mentsuyu saat makan hidangan mie, seperti udon, ramen dan soba. 

Rasa mentsuyu sangat kuat jika langsung dinikmati dari botol, jadi tambahkan air untuk mengencerkan rasa dan masak sebentar di atas kompor. Tambahkan mie matang kalian ke dalam sup dan siap disajikan. Topping mie terserah kalian, tetapi topping sayuran seperti bawang daun, kamaboko fish cake, tempura, dan tenkasu (potongan adonan tempura goreng) adalah beberapa topping yang sering terlihat di Jepang.

Mentsuyu (matcha-jp.com)
Mentsuyu (matcha-jp.com)

Ingin mencoba memasak hidangan Jepang udon dingin? Tempatkan mie udon kalian di wadah berisikan es, ambil secukupnya ke dalam mangkuk, lalu beri sedikit mentsuyu sebelum dimakan. Gaya ini disebut bukkake udon. Mentsuyu juga menambahkan sentuhan akhir yang lezat pada hidangan lain seperti makanan yang direbus.