Share on

Tidak mengherankan, di Jepang, banyak tayangan yang keluar setiap tahunnya merupakan versi film live action dari serial anime populer. Ketika saya berbicara tentang dorama Jepang terbaik untuk ditonton, banyak dorama dalam daftar berasal dari adaptasi shoujo manga. Tapi berbeda dengan film live action, ketika sebuah perusahaan mengumumkan bahwa manga atau anime akan diadaptasi, para penggemarnya mungkin ada yang merasa senang, tapi bisa juga jadi skeptis.

Memang, sulit untuk memenuhi ekspektasi penggemar karya yang populer. Beberapa adaptasi yang "jelek" juga telah menyebabkan banyak orang tidak lagi memiliki harapan untuk melihat “versi manusia” dari karakter favoritnya. Nah, tapi tidak menutup kemungkinan pula yang berhasil. Kali ini JS akan menampilkan daftar beberapa film live action anime Jepang terbaik, yang mungkin saja salah satunya merupakan serial favorit teman-teman semua.

Rurouni Kenshin 

Film live action pertama dalam daftar ini tidak lain adalah Rurouni Kenshin, yang mungkin merupakan film live action terbaik atau salah satu yang terbaik yang pernah dibuat Jepang.

Rurouni Kenshin tidak diragukan lagi adalah salah satu manga legendaris paling terkenal baik di luar maupun di dalam Jepang. Siapa pun yang suka anime dan manga akan mengetahui seri ini meskipun mereka belum melihat atau membacanya. Karena itu ketika rencana pembuatan live action diumumkan, terjadi kehebohan besar! Membuat versi nyata dari serial yang begitu dicintai adalah taruhan yang berisiko dan tantangan besar, karena meskipun para penggemar menantikannya, mereka juga akan sangat kritis jika filmnya tidak sesuai dengan standar yang telah tertanam kuat dalam benak mereka.

Namun, film pertama Rurouni Kenshin menjadi blockbuster dan para penggemar sangat puas menontonnya. Takeru Sato paham betul cara menghadirkan sosok Kenshin dengan sempurna. Setelah film pertama pada 2012, dua lagi dibuat pada 2014, dan live action keempat yang seharusnya rilis tahun ini, ditunda karena adanya pandemi sehingga direncanakan rilis golden week tahun depan. Berikut adalah teaser dari film terbarunya.

Fullmetal Alchemist 

Tokoh protagonis dari cerita ini adalah Edward dan Alphonse Elric, dua bersaudara yang pada awalnya hanya tinggal bersama ibu mereka sejak ayahnya pergi dari rumah. Saat ibu mereka, Trisha, meninggal dunia dan meninggalkan keduanya yang masih kecil sendirian, Edward yang tidak menerima kematian ibunya, meyakinkan Alphonse untuk mencoba membangkitkan ibunya melalui alkimia. Namun tentu saja kalian tidak dapat membangkitkan seseorang dari kematian, itu adalah salah satu aturan alkimia. Upaya itupun gagal dan Edward kehilangan kaki kirinya, sedangkan Alphonse seluruh tubuhnya.

Edward berhasil menyegel jiwa saudara lelakinya di sebuah baju besi, meskipun untuk ini ia harus kehilangan lengan kanannya juga. Setelah bencana itu terjadi, seorang alkemis bernama Roy Mustang mengunjungi dua bersaudara Elric dan mengusulkan kepada Edward untuk menjadi anggota Alkemis Negara di mana ia dapat mencari cara untuk memulihkan tubuh keduanya. Sejak hari itu, semua motivasi yang membuat Edward terus berjuang ialah untuk mengembalikan tubuh adik semata wayangnya.

The Fullmetal Alchemist Live Action diumumkan pada tahun 2016, dan Yamada Ryosuke adalah aktor yang dipilih untuk memerankan Edward. Meskipun mungkin tidak mencapai level kesuksesan Rurouni Kenshin, Fullmetal Alchemist juga merupakan manga yang sangat populer, dan menjadi anime paling populer pada jamannya. Serial aksi fantasi ini menimbulkan kekhawatiran para penggemar mengenai efek khusus alkimia yang menjadi plot utama akankah berhasil diwujudkan secara realistis sesuai animenya atau mengecewakan. Namun pada akhirnya film live action Fullmetal Alchemist mendapat sambutan baik dari para penggemar dan menerima banyak penilaian positif.