Berita Jepang | Japanesestation.com

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Jepang. Hari Senin kemarin, agensi manajemen bakat Haikyo mengumumkan bahwa aktor pengisi suara Kiyoshi Kobayashi meninggal dunia pada tanggal 30 Juli akibat dari pneumonia.

Kobayashi meninggal dunia di usia 89 tahun dan pihak keluarga meggelar pemakaman secara pribadi. Agensi Haikyo menambahkan bahwa mereka akan mengumumkan rincian lebih lanjut apa yang bisa disampaikan ke publik di kemudian hari.

Dilansir dari Anime news Network, Kobayashi mengumumkan pada bulan September tahun lalu bahwa ia pensiun dari perannya yang sangat lama dan ikonik sebagai sosok karakter Daisuke Jigen dalam franchise Lupin III setelah 52 tahun (Akio Ohtsuka menggantikannya dalam peran untuk anime Lupin 3 part 6).

Kiyoshi Kobayashi
Kiyoshi Kobayashi

Kobayashi telah menjadi pengisi suara karakter tersebut sejak 1969 silam, dan merupakan satu-satunya anggota pemeran generasi pertama asli yang tersisa dalam franchise Lupin III sesaat sebelum ia pensiun dari peran tersebut.

Kobayashi juga mengisi suara Bem tituler dalam seri Youkai Ningen Bem, dan negarawan penghitung Adrian Rubinsky dalam seri OVA The Legend of the Galactic Heroes 1988. Beberapa perannya yang lain termasuk Crystal Bowie di Space Adventure Cobra, Aguille Delaz dan Narator di Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory, Avdol di OVA Petualangan Aneh JoJo 1993, dan Watari di Death Note.