Share on

Jepang dikenal sebagai sebuah negara yang sukses dalam banyak hal, seperti dalam hal teknologi, ekonomi, bisnis, serta penanganan masalah. Lihat saja, meski negaranya kerap dilanda bencana besar seperti tsunami pada tahun 2011, negeri matahari terbit ini tampak menangani dengan baik dan cepat kan? Nah, teman-teman JS mau tahu gak nih rahasia sukses orang Jepang? Simak ulasannya ya, siapa tahu kita bisa lebih sukses dari mereka nanti!

Advertise With Us

1. Spirit

rahasia sukses orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi wanita Jepang sukses (jp.fotolia.com)

Mengapa orang Jepang dapat menangani masalah dengan baik? Jawabannya, karena negara ini selalu tabah dan berani meski menghadapi waktu sulit, seperti saat bom atom dijatuhkan atau saat bencana nuklir Fukushima. Ya, bencana yang melanda Jepang, baik bencana alam buatan manusia maupun bencana alam mampu menguji ketahanan dan kesabaran mereka sehingga bisa seperti sekarang.

2. Ketepatan Waktu

rahasia sukses orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi kereta Jepang yang tepat waktu (jp.fotolia.com)

Jepang memang dikenal sangat tegas soal ketepatan waktu dan penduduknya dapat mengelola waktu mereka secara bijak dan produktif. Baik orang tua maupun orang muda kerap membawa sebuah agenda berisi jadwal kegiatan dan tugas harian dan bulanan mereka, memastikan semuanya terlaksana tepat waktu. Selain itu, jika dirata-ratakan, keterlambatan kereta di Jepang hanya 7 detik per tahunnya. Hal ini membuktikan bagaimana orang Jepang sangat menghargai waktu yang mereka miliki kan?

3. Disiplin

5 fakta tentang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi tempat sampah (pakutaso.com)

Negeri sakura ini diberkahi dengan penduduknya yang sangat disiplin serta patuh pada aturan dan hukum yang berlaku. Orang Jepang tak akan berbicara via telepon saat di dalam kereta, mengutamakan orang yang difabel terlebih dahulu, dan tidak pernah membuang sampah sembarangan. Hal-hal tersebut merupakan bukti bahwa yang dibutuhkan suatu negara agar bisa sukses adalah adanya kerja sama antara warganya yang membuat negara tetap bersih serta kehidupan negara tetap berfungsi lancar dan efisien.

4. Sopan

Etika membungkuk di Jepang japanesestation.com
Membungkuk di Jepang (tripsavvy.com)

Selalu membungkuk saat memberi salam, berbicara dengan nada rendah dan senang membantu merupakan ciri-ciri yang membuktikan bahwa orang Jepang sangat sopan, penolong dan bijaksana. Mereka juga sering terlihat membantu turis yang menanyakan arah, menolong orang difabel, menghormati semua orang dan menggunakan kalimat sederhana namun manis seperti ‘Irrashaimase (selamat datang)’, atau ‘Arigatou Gozaimasu (terima kasih)’ sambil tersenyum, menujukkan ketulusan hati mereka yang membuat semua orang nyaman.

5. Tidak Melakukan Kesalahan

Tujuan orang Jepang untuk membuat semuanya sempurna dan efisien benar-benar mengagumkan, Semua sistem dan proses Jepang untuk mencapai tujuan tersebut benar-benar mulus dan tak merepotkan. Masyarakat dan teknologi Jepang pun bekerja sama untuk emmastikan kesempurnaan ini tercapai dalam semua bidang. Ya, memastikan tidak adanya kesalahan, membuat setiap produk serta layanan mereka dengan kualitas sempurna dan memotivasi semua orang untuk melakukan yang terbaik adalah ciri khas negara dan rakyat Jepang, salah satu kunci kesuksesan mereka!

6. Kerja Keras

rahasia sukses orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi pekerja keras (pakutaso.com)

Sudah bukan rahasia lagi kan kalau orang Jepang adalah pekerja keras? Rata-rata jam kerja orang Jepang bisa mencapai 2.450 jam lho per tahunnya! Bahkan, seorang pekerja di Jepang bisa mengerjakan pekerjaan yang biasanya baru bisa diselesaikan 5-6 orang. Tak hanya itu, pulang cepat juga dianggap sebagai sesuatu yang ”tidak baik” di Jepang. Namun, hal ini memiliki banyak dampak negatif, misalnya karoshi (meninggal akibat kelelahan) yang kerap dialami salaryman di Jepang. Bingung juga ya?

7. Kultur Membaca

rahasia sukses orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi membaca dalam kereta (pakutaso.com)

Jangan kaget jika kamu datang ke Jepang, menaiki kereta, lalu melihat mayoritas penumpangnya membaca buku atau koran (sekarang lebih banyak yang membaca berita atau novel lewat smartphone). Tak peduli berdiri atau duduk, banyak orang Jepang yang memanfaatkan waktu mereka untuk membaca. Budaya membaca di Jepang memang diterapkan sejak dini, apalagi, kini banyak penerbit Jepang yang membuat versi manga dari buku-buku pelajaran di sekolah bagi siswa SD, SMP, dan SMA di Jepang. Mata pelajaran seperti sejarah, biologi, bahasa Inggris dan lain-lain dihadirkan dalam bentuk yang menarik agar ketertarikan mereka untuk membaca meningkat. Kultur membaca Jepang juga didukung dengan kecepatan translasi buku-buku asing yang biasanya hanya memakan waktu beberapa minggu sejak buku aslinya diterbitkan. Keren!

Nah, itulah beberapa rahasia sukses orang Jepang! Yuk, kita coba tiru biar gak kalah sukses!

Sumber:

Japan Info

Motivational Stories