Share on

Bagi kamu yang pecinta alam, masih banyak tempat di Jepang yang cocok buat kamu yang berjiwa petualang. Salah satunya, Aso Geopark di Kumamoto, di Area Kyushu.

Advertise With Us

Aso Geopark merupakan salah satu gunung berapi terbesar di dunia dengan ukuran kalderanya yang mencapai 350 km2. Di tengah kalderanya, berdiri Gunung Nakadake yang masih aktif hingga sekarang. Gunung Nakadake tidak sendirian, dia ditemani 4 gunung tidak aktif lain, yaitu Gunung Takadake, Gunung Nekodake, Gunung Kijimadake, dan Gunung Eboshidake. Kelima gunung itu membentuk pegunungan kecil yang disebut Aso Gogaku.

Di bagian utara dan selatan Aso Gogaku, ada lantai kaldera] yang dikelilingi lantai luar kaldera. Selain itu, di dekatnya juga ada sebuah cekungan unik yang terbentuk dari letusan gunung berapi yang meledak bersamaan pada 100.000 tahun lalu, menambah keunikan tempat ini. Aso Gogaku memang sudah beberapa kali meletus, kira-kira ada sekitar 150 kali, dengan letusan terakhir terjadi pada tahun 2015.

Unruk mencapai kaldera di Aso Geopark, kamu bisa menggunakan mobil, berjalan, atau kereta gantung. Pemandangan dalam kawah sangat menakjubkan, ada kepulan asap dan danau cantik berwarna hijau emerald yang pastinya bakal membuatmu terpesona.

 
Aso Geopark Kumamoto, Surga buat Pecinta Alam
Kaldera di Aso Geopark (aso-geopark.jp) 

Aso Geopark juga sudah dinobatkan sebagai salah satu bagian dari UNESCO Global Geoparks pada 17 November 2015, lho. Hal inilah yang membuat tempat ini semakin populer, baik untuk orang dewasa, anak-anak maupun turis.

Aso Geopark Kumamoto, Surga buat Pecinta Alam
Turis yang berkunjung ke Aso Geopark (unesco.org)

Area Aso Geopark juga sering dipakai sebagai lokasi study tour anak-anak sekolah karena selain bentuknya yang unik, tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat untuk mempelajari gunung berapi, dan cara penyelamatan darurat jika terjadi bencana.

Untuk pergi ke Aso Geopark, kamu bisa menggunakan bus dari Stasiun Aso Nishi. Kamu dapat mencapai Stasiun Aso Nishi dari Bandara Kumamoto dan Stasiun Kumamoto melalui Stasiun Aso. Perjalanan ini membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 1 jam dan 30 menit dari Bandara Kumamoto dan 2 jam dan 30 menit transfer antara kereta dan bus dari Stasiun Kumamoto.

Sebelum pergi, kamu harus ingat ya gunung ini adalah gunung berapi aktif dan bisa meletus kapan saja. Jadi sebelumnya kamu harus cari informasi sebanyak-banyaknya ya!

Untuk info lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi Aso Geopark di Kumamoto ini.