Berita Jepang | Japanesestation.com

Setiap negara dan wilayah pasti memiliki kultur berbeda. Di Indonesia saja, beda pulau pun bisa berbeda budaya kan? Apalagi jika membandingkannya dengan negara lain, Jepang misalnya. Pasti banyak banget perbedaan budayanya, membuat turis atau penduduk asing yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Jepang, kaget. Miasalnya saja, 5 hal yang bikin kaget orang asing saat pertama kali mengunjungi Jepang ini!

1. Iklan di mana-mana!

orang asing di jepang kaget japanesestation.com
Sebuah gedung penuh iklan (razienjapon.com)

Jika menginjakkan kaki di area metropolitan Jepang, orang asing seperti kita pasti bakal kaget saat melihat  betapa banyaknya iklan di tempat-tempat umum seperti kereta, bus, taksi, mall, taman, bahkan di area seperti handrail eskalator, tangga, roda sepeda, vending machine, majalah dan paper gratis, dan di tempat-tempat lain yang mungkin tak bisa kamu bayangkan pada awalnya.

2. Super toilet

orang asing di jepang kaget japanesestation.com
Toilet di Jepang (bootsnall.com)

Toilet-toilet di Jepang sangat canggih dan gokil. Menurut penulis dalam situs Go with Guide, ia sempat menemukan beberapa toilet yang bisa berbicara dan mayoritas dari toilet ajaib tersebut dapat memainkan suara tertentu sesuai apa yang teman-teman pilih. Jadi, suara memalukan saat kita buang air tak akan terdengar deh oleh orang lain!  Keren ya?

Huawei MatePad Pro

3. Ramai banget!

orang asing di jepang kaget japanesestation.com
Tokyo yang ramai (gowithguide.com)

Melihat pemandangan ramai Tokyo adalah makanan sehari-hari. Gedung-gedung berderet dan mayoritas toko-toko terlihat sangat dekat, hampir seperti tak memiliki jarak antar toko. Umumnya, restoran-restoran di Tokyo pun tidak besar dan hanya mampu menampung maksimal 10-20 konsumen di dalamnya.

Jalanan dan stasiun kereta pun sellau dipenuhi orang-orang, terutama saat rush hour. Orang-orang di Jepang terbiasa berjalan kaki dan dapat berjalan lebih jauh dibandingkan dengan orang asing. Hal inilah yang membuat jalanan Jepang selalu padat layaknya lautan manusia. Benar-benar ramai!

4. Membungkus belanjaan sendiri dan counter tanpa kasir

orang asing di jepang kaget japanesestation.com
Berbelanja di Jepang (diginfo.tv)

Hati-hati saat berbelanja. Banyak toko di Jepang yang “menyuruh” konsumen memasukkan item yang mereka beli ke kantong plastik atau tas belanja. Orang asing pasti akan kaget saat pertama kali menyaksikan hal ini. Biasanya, barang dimasukkan oleh kasir kan?

Selain itu, di sebuah mall di Yokohama juga ada counter tanpa kasir lho. Jadi teman-teman harus menekan barcode ke item yang ingin dibeli dengan tanganmu sendiri, memberikan uang sesuai dengan item yang dibeli dan ambil kembalianmu jika ada. Dan tentu saja kalau seperti ini, teman-teman harus memasukkan belanjaan sendiri kan?

5. Pemandian umum

orang asing di jepang kaget japanesestation.com
Pemandian umum (perfectlibertywithq.blogspot.com )

Konon, rumah-rumah Jepang pada zaman dulu tidak memiliki bathtub, karena itulah pemandian umum pun dibangun bagi para penduduk yang ingin berendam dan bersantai di dalam air hangat.

Di Jepang zaman modern ini, bath tub memang bukan lagi barang mewah, namun, pemandian umum masih tersedia! Pemandian ini bisa kalian temukan di rumah-rumah tradisional, dorm, penginapan, dan sebagainya. Pemandian umum juga biasanya memiliki fasilitas lain lho, seperti sauna untuk relaksasi!

Itulah 5 hal di Jepang yang bikin kaget orang asing. Ingat-ingat ya supaya gak kaget saat ke Jepang nanti!