Share on

Kalian mungkin sudah mendengar kan kalau bulan Juli mendatang bakal ada anime orisinal baru di Netflix? Ya, Japan Sinks: 2020! Anime tentang bencana alam ini akan menceritakan tentang masa depan di mana sebuah gempa besar menghantam Jepang, bertepatan dengan digelarnya Tokyo Olympics 2020, membuat sebuah keluarga terpaksa mencoba bertahan hidup sementara dunia di sekitar mereka sudah benar-benar hancur. Nah, biar terbayang, yuk intip trailernya!

Nah, sambil menunggu anime ini dirilis, bagaimana kalau kita mencoba menonton anime tentang bencana lain? Misalnya, 5 anime bencana berikut!

5. 7 Seeds

anime bencana japanesestation.com
7 Seeds (cbr.com)

Sedikit berbeda dengan anime lain di daftar ini, 7 Seeds tidak menceritakan bencana alam, namun post-apocalypse (tetap saja bencana, kan?). Ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang gadis bernama Natsu Iwashimizu yang tiba-tiba bangun di masa depan dan menyadari bahwa ia merupakan satu dari 7 orang terpilih yang  diberi tugas untuk menyelamatkan kehidupan manusia setelah sebuah bencana menewaskan hampir seluruh umat manusia. Meski anime ini bukan anime bencana biasa, seri ini tetap realistis dan memperlihatkan hubungan dan kepercayaan antar para survivor. Horror, misteri, survival game, semua jadi satu! 

Mau mencoba nonton? Tonton saja di Netflix!  

4. Taiyou No Mokushiroku: A Spirit Of The Sun

anime bencana japanesestation.com
Taiyou No Mokushiroku: A Spirit Of The Sun (cbr.com)

Film Taiyou no Mokushiroku: A Spirit of the Sun terbagi dalam dua part, part pertama menceritakan tentang berbagai bencana alam yang membuat Jepang lumpuh dan harus meminta bantuan dari negara lain. Dalam part kedua, dikisahkan sudah lebih dari satu dekade sejak kejadian dalam film pertama dan Jepang berusaha untuk mengembalikan para pengungsi yang diungsikan ke negara lain seperti Taiwan sembari beradaptasi dengan kultur dan keadaan baru.

Meski belum bisa dibilang terbaik, tapi A Spirit of the Sun sangat terasa nyata dan berpotensi membuatmu ikut merasakan ketakutan di dalamnya. Tidak ada solusi sederhana, terhadap dampak bencana pada ekonomi dan politik negara, benar-benar realistis.

3. Natsunagu!

anime bencana japanesestation.com
Natsunagu! (cbr.com)

Setelah menonton yang berat-berat, mari mencoba sesuatu yang lebih menyentuh, Natsunagu! Anime ini menceritakan tentang keadaan setelah area Kumamoto dilanda gempa bumi, membuat Natsuna Keyaki putus kontak dengan temannya yang ia temui secara daring. Untuk memastikan ia baik-baik saja, Natsuna berpetualang untuk menemukan temannya.

Meski hanya 12 episode, anime ini mampu membuatmu terharu saking menyentuhnya. Natsunagu! memperlihatkan sisi baik manusia dan kemampuan mereka dalam bertahan di tengah kesulitan, dibuktikan dengan perjalanan yang dilakukan Natsuna yang membawanya bertemu dengan orang- baik yang siap membantunya.

2. Yomigaeru Sora: Rescue Wings

anime bencana japanesestation.com
Yomigaeru no Sora (cbr.com)

Jika membicarakan anime tentang bencana, ada 2 anime yang sangat mencolok dan Yomigaeru Sora: Rescue Wings adalah salah satunya. Anime ini menceritakan kisah Kazuhiro Uchida, seorang pilot yang ingin menerbangkan pesawat tempur namun malah ditempatkan sebagai anggota unit helikopter penyelamat.

Seiring waktu dan misi yang dijalankannya, Uchida mulai belajar mengapresiasi betapa pentingnya pekerjaannya. Rescue Wings benar-benar memperlihatkan bagaimana para pejuang mengorbankan dirinya saat bencana alam menyerang, writing-nya sangat bagus! Wajib ditonton!

1. Tokyo Magnitude 8.0

anime bencana japanesestation.com
Tokyo Magnitude 8.0 (cbr.com)

Di urutan pertama, tentu saja ada Tokyo Magnitude 8.0, anime terbaik yang selalu jadi buah bibir jika membicarakan anime tentang bencana. Anime ini menceritakan tentang Mirai dan Yuuki Onozawa  yang meninggalkan rumah mereka saat gempa besar melanda Tokyo dan menghancurkan seluruh penjuru kota serta menewaskan ribuan orang sebagai dampaknya. Kedua bersaudara ini, bersama dengan seorang orang dewasa yang mereka temui, berusaha bertahan di kota yang sudah luluh lantak agar bisa kembali ke keluarga mereka.

Intinya, Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime  slow-paced yang berfokus pada dampak bencana alam yang memaksa dua anak-anak tumbuh dan berkembang lebih cepat agar mampu bertajhan hidup. Dan anime inilah yang menurut JS paling mirip dengan Japan Sinks: 2020!