Share on

Hampir setiap negara dan ras kerap diberi stereotip berbeda-beda (dan terkadang jahat) oleh orang awam. Jepang pun tidak terkecuali. Sayangnya, Jepang sedikit tidak beruntung karena banyak banget stereotip tentang orang Jepang yang nyatanya tidak benar dan membuat orang Jepang asli kesal. Nah, berikut ini ada 5 stereotip yang dibenci oleh orang Jepang. Apa saja?

Semua Gadis Jepang Menyukai Kultur “Kawaii”

5 Stereotip orang Jepang japanesestation.com
Gadis bergaya "kawaii" (thecuturetrip.com)

Meski dikenal sebagai surga dari sesuatu yang imut, nyatanya tidak semua gadis Jepang tertarik untuk berdandan layaknya boneka dan berbicara dengan suara melengking seperti di anime-anime favoritmu. Mungkin hal ini bakal bikin kaget para traveler yang hanya mengetahui Jepang lewat anime dan dorama TV.

Semua Orang Jepang Menyukai Manga, Anime dan Cosplay

5 Stereotip orang Jepang japanesestation.com
Berdandan ala band Visual Kei (theculturetrip.com)

Hal ini sama saja dengan mengasumsikan semua orang Amerika menyukai baseball dan handgun atau semua orang Indonesia menyukai musik dangdut. Memang sih negeri sakura ini kerap diasosiasikan dengan hal-hal geeky seperti manga, anime, cosplay, atau penampilan ala band-band Visual Kei yang nyentrik, tapi banyak lho yang tidak menyukainya.

Semua Siswa Jepang Itu Rajin dan Pekerja Keras

5 Stereotip orang Jepang japanesestation.com
Siswa sekolah Jepang (theculturetrip.com)

Jepang memang dikenal memiliki siswa berotak encer. Tapi kenyataannya tidak begitu lho, masih banyak siswa sekolah Jepang yang biasa-biasa saja. Jika kamu benar-benar ingin tahu, cobalah kuliah di sini, atau lebih baik lagi, mengajar. Pasti perspektifmu akan berubah.

Orang Jepang Tidak Berbakat dalam Olahraga Apapun Selain Sumo dan Karate

5 Stereotip orang Jepang japanesestation.com
Atlet Sepak Bola Jepang (theculturetrip.com)

Orang yang beranggapan seperti di atas mungkin tidak pernah membaca berita olahraga Jepang. Baseball adalah olahraga paling populer di Jepang, sama seperti tenis, sepak bola, renang, bola basket, track and field, dan masih banyak lagi. Bahkan, baseball dan sepak bola Jepang cukup maju lho, banyak sekali klub baseball di negeri sakura ini, skill para atletnya juga tidak perlu diragukan lagi! Jadi, meski sumo dan karate lahir di negara ini, bukan berarti orang Jepang tidak berbakat dalam olahraga lain lho!

Jepang adalah Negara Teraneh di Bumi

5 Stereotip orang Jepang japanesestation.com
Cosplay Kigurumi (theculturetrip.com)

Memang sih stereotip ini terjadi gara-gara berita-berita unik dan sensasional yang dibuat oleh berbagai media. Karena itu, Jepang jadi emmeiliki reputasi sebagai negara teraneh di dunia deh. Padahal tidak seperti itu, gaya fashion aneh atau hobi-hobi unik di Jepang hanya sebagian kecil dari apa yang terjadi pada orang Jepang sebenarnya.

Sebenarnya, masih banyak lho stereotip yang dibenci orang Jepang. Tapi sepertinya, 5 hal di atas adalah yang paling mereka benci. Jadi, hati-hati ya saat menilai orang, lebih baik cari faktanya dulu!