Share on

Ada banyak banget stereotip orang Jepang yang dipikirkan oleh orang asing, dan orang Jepang adalah orang yang pemalu adalah salah satunya. Nah, apakah anggapan tersebut benar? Benarkah semua orang Jepang itu pemalu? Mari kita telusuri!

Advertise With Us

Orang Jepang Hanya Menggunakan “Honne” dan“Tatemae” Saat Berkenalan Pertama Kali!

orang Jepang pemalu japanesestation.com
Ilustrasi tatemae (livejapan.com)

Honne dan tatemae memang identik dengan orang Jepang. Biasanya, apa yang mereka katakan dengan apa yang mereka pikirkan bisa bertolak belakang, Namun nyatanya, hone dan tatemae hanya mereka gunakan saat awal-awal saja!

“Orang Jepang ternyata mengatakan apa yang mereka pikirkan saat mereka merasa lebih dekat denganmu. Jadi, tidak sulit berteman dengan mereka,” ujar seorang pria asal Korea Selatan yang menetap di Jepang.

Orang Jepang melakukan tatemae hanya untuk mengindari konflik dan memastikan hubungan mereka dengan orang lain tetap harmonis. Meskipun begitu, hal ini tidak eprlu dilakukan saat berinteraksi dengan seseorang yang mereka kenal dengan baik.

Jadi, jangan kaget ya jika mereka terlihat sedikit “muka dua’. Mereka hanya melakukan itu untuk menghindari tidak disukai orang lain kok!

Orang Jepang Itu Pemalu? Coba Pikir Sekali Lagi…

orang Jepang pemalu japanesestation.com
Ilustrasi pesta Halloween di Shibuya (livejapan.com)

“Sebelum datang ke Jepang, aku pikir Shibuya merupakan tempat yang cocok untuk berbelanja, Namun ternyata jalannya sangat ramai dan membuatmu sulit berjalan! Aku juga sedikit kaget saat melihat perayaan Halloween di Shibuya. Aku pikir, orang Jepang itu pemalu dan sopan, tapi nyatanya mereka sangat menikmati berdandan dengan kostum dan melambai pada orang-orang yang lewat. Aku sangat kaget karena bayangan dan kenyataan bertotak belakang,” ujar seorang wanita asal Taiwan.

Shibuya memang merupakan sebuah jalan sibuk dan selalu dipenuhi orang. Jika tidak biasa, bakal susah untuk berbelanja dan menikmati suasana Shibuya.

Selain itu, Shibuya di malam Halloween lebih ramai lagi. Bahkan, pada 2018, beberapa orang ditahan karena menimbulkan kekacauan. Masih berpikir kalau orang Jepang itu pemalu?  

Meski Terlihat Serius dan Tidak Ramah, Mereka Sangat Baik!

orang Jepang pemalu japanesestation.com
Orang Jepang terlihat serius (livejapan.com)

Kelihatannya, keseriusan mereka dalam bekerja dan belajar serta etika khususnya membuat image orang Jepang terlihat dingin dan tidak ramah di mata orang asing. Bahkan, beberapa orang asing berpikir kalau orang Jepang tiidak menyukai orang asing.

Kenyataannya, orang Jepang hanya terlihat pemalu dan dingin di awal namun sangat baik jika telah mengenalmu. Meski kamu tidak memahami bahasa mereka, orang Jepang akan tetap berlaku sopan dan ramah padamu. Nah, kesopanan ini menunjukkan betapa ramahnya mereka kan?

Ternyata Shibuya  Tidak Seperti yang Dibayangkan

orang Jepang pemalu japanesestation.com
Suasana Shibuya (livejapan.com)

“Aku memang berpikir kalau Shibuya itu area yang ramai, tapi ternyata lebih serius lagi. Orangnya terlalu banyak! Aku benar-benar kagum orang Jepang bisa tetap tenang di lingkungan seperti ini. Kalau aku sih, pasti akan memilih tempat yang lebih menenangkan dan tidak sepadat ini,” ujar seorang pria asal Perancis.

Sebagai orang asing, reaksi pria tadi memang tidak aneh. Suasana Shibuya tentunya tidak cocok untuk semua orang dan akan lebih mudah bergerak jika Shibuya tidak sepenuh sekarang. Tapi, nanti bukan Shibuya lagi dong?

Benarkah Orang Jepang Cuek dalam Hubungan Romantis?

orang Jepang pemalu japanesestation.com
Pasangan Jepang (livejapan.com)

Cueknya orang Jepang dalam hubungan romantis memang merupakan anggapan umum. Namun kenyatannya, beberapa orang tidak bisa bertemu dengan pasangan mereka setiap hari karena alasan pekerjaan dan “me-time”. 

Dari perspektif orang asing, meski rasanya menyenangkan jika mengencani seseorang sambil tetap menjaga privasi satu sama lain, terlihat sedikit kesepian. Bahkan, ada orang asing yang mengatakan: “Di negara asalku, meski kami berdua sibuk, kami pasti mencoba untuk bertemu meski hanya 10 menit saja atau setidaknya berbicara lewat teelpon. Jadi, aku pikir kalau mereka sangat cuek dalam hubungan romantis, tapi nyatanya mereka saling menghormati dan tetap independen dalam berhubungan!”

Jadi, masih berpikir kalau orang Jepang itu pemalu?