Share on

Bagi sebagian orang, anime mungkin terlihat “aneh” dan membuat orang malas menontonnya. Ya, anime memang penuh dengan keunikan, kiasan, dan genre yang mungkin terlalu asing di kalangan non-fans. Apalagi, yang biasanya hanya menonton serial-serial barat. Namun, tidak semua anime begitu lho, ada juga yang memiliki cerita menarik dan bisa diterima bahkan bagi mereka yang newbie dan baru saja ingin mencoba menonton anime, misalnya 10 anime terbaik buat newbie berikut!

10. Erased

Fans seri ber-genre time travel atau misteri? Jika iya, Erased pasti cocok buatmu! Anime ini tergolong pendek, selesai hanya dengan 13 episode saja, tapi bisa bikin kamu jatuh cinta dengan animasi dan jalan ceritanya yang bikin deg-degan.

Erased bercerita tentang seorang pemuda bernama Satoru yang memiliki kekuatan misterius untuk “melompat” ke masa lalu dan menyelamatkan nyawa orang-orang di sekitarnya. Satoru sendiri tidak mengerti mengapa ia memiliki kekuatan itu, tapi semua berubah 180o setelah seorang pembunuh dari masa kecilnya kembali bangkit dan ia mendadak masuk ke dalam tubuhnya saat berumur 11 tahun untuk menghentikan pembunuhan tersebut.

9. Death Note

Death Note (nationeditions.com)
Death Note (nationeditions.com)

Mungkin, Death Note adalah anime paling terkenal di daftar ini. Ya, seri ini memang ada di mana-mana! Selain diadaptasi menjadi seri anime, live action, ada juga versi film Netflix yang sedikit “unik,” bikin hampir semua orang tahu tentang seri ini.

Anime yang diadaptasi dari manga karangan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata ini menceritakan tentang Light Yagami, seorang siswa cerdas yang menemukan sebuah buku yang dapat membunuh orang lain dan mulai membantai para kriminal untuk membuat “dunia baru”. Sayangnya, perbuatan Light mulai tercium oleh detektif terbaik di dunia, L, dan keduanya mulai saling memburu. Ceritanya sangat seru, cocok ditonton buat kamu pecinta misteri!

8. When They Cry

When They Cry (geekculture.co)
When They Cry (geekculture.co)

When They Cry adalah anime ideal buat para fans Stephen King. Anime ini berlatar di sebuah desa kecil yang menyimpan berbagai rahasia kelam dan okultisme yang melibatkan sekelompok anak tidak beruntung yang harus menghadapi kutukan yang menaungi desa itu.  

Anime ini memperlihatkan elemen komedi dan slice of life dan karakter-karakter menarik di balik gelap dan brutalnya jalan cerita. Intinya, When They Cry adalah tontonan sempurna buat kamu para fans genre misteri dan horror!

7. Samurai Champloo

Samurai Champloo (cbr.com)
Samurai Champloo (cbr.com)

Para fans mungkin lebih mengenal Cowboy Bebop. Padahal, Shinichiro Watanabe masih punya satu masterpiece lain, yaitu Samurai Champloo!

Anime ini mungkin aneh bagi sebagian orang karena menggabungkan sejarah Jepang dengan budaya hip-hop Amerika. Jadi, pemandangan samurai melakukan break dancing biasa banget di anime ini. Meski sedikit aneh, anime ini tetap seru dan adegan adu pedangnya juga luar biasa! Pokoknya, jika kamu mencari anime dengan adegan battle keren dengan soundtrack juara, Samurai Champloo-lah jawabannya!

6. Fate/Zero

Meski kini lebih dikenal lewat franchise mobile game-nya, Fate/Grand Order, franchise Fate awalnya merupakan sebuah visual novel eroge yang menceritakan tentang pertempuran yang disebut “Holy Grail War.” Setiap franchise-nya, berfokus pada sebuah battle royale di mana para mage memanggil hero dalam legenda atau sejarah (disebut “servant” dalam Fate) untuk bertarung sampai mati untuk memenangkan hadiah yang dapat mengabulkan semua keinginan. Ada banyak game, anime, dan film dalam franchise Fate, namun Fate/Zero lah yang disebut-sebut fans sebagai yang terbaik dan paling cocok bagi para fans baru.  

Zero memang merupakan prekuel dari seri orisinalnya, Fate/Stay Night, yang dipadukan dengan adegan action dan karakter yang menakjubkan. Tak hanya itu, penggambaran karakter King Arthur di sini juga paling baik di antara franchise lainnya.