Share on

Ada banyak takhayul di Jepang yang masih dipercayai oleh orang Jepang, dari yang menarik hingga yang terdengar sedikit gila. Tapi bagaimana dengan takhayul tentang dunia percintaan? Seperti halnya di negara lain, Jepang juga memiliki berbagai takhayul terkait dengan jatuh cinta, kencan dan hubungan percintaan dari berpacaran hingga menjadi pasangan suami istri.

Advertise With Us

Berbagai takhayul di Jepang ini beberapa di antaranya ada yang baik, yang buruk, dan aneh hingga terkesan konyol. Berikut adalah aneka takhayul di Jepang tentang jatuh cinta, kencan dan hubungan percintaan dikutip dari tokyoweekender.com.

Takhayul di Jepang Tentang Percintaan Pada Umumnya

  • Tempatkan karangan bunga di jembatan Harajuku dan pikirkan yang seseorang yang disukai.
  • Tangkap tiga kelopak bunga yang jatuh dari pohon sakura dan keinginan cinta kalian akan terwujud. Namun, kalian perlu bersama orang lain pada saat itu (mungkin seseorang yang kalian sukai) agar bisa berpengaruh.

  • Jika ada ladybug (kepik) menempel di kulit kalian, maka kalian akan menikah. Tapi tidak akan berpengaruh jika kalian memaksanya untuk menempel di kulit kalian.
  • Saat kalian memasukkan tiket kereta api melalui pintu putar, 4 digit nomor akan tercetak di atas tiketnya. Dua nomor tengah akan memberi tahu kalian apakah cinta kalian akan sukses atau tidak. (Tapi tidak ada yang bisa memberi tahu kita berapa nomornya.)
  • Perhatikan 100 mobil Volkswagen (bukan hanya VW kodok, model apapun bisa) dan keinginan kalian akan terwujud. Sayangnya, jika kalian melihat yang berwarna merah, kalian harus mulai lagi dari nol.
  • Teleponlah dengan menggunakan telepon umum berwarna kuning di Shinjuku-dori di Yotsuya dan kasih sayang kalian akan dijawab oleh orang yang kalian cintai. Namun, kalian hanya bisa menggunakan koin giza-jyu produksi tahun 1951, yang merupakan koin 10 yen dengan tepi bergerigi. (Jenis koin 10 yen ini hanya diproduksi antara tahun 1951 dan 1958. Koin 10 yen yang dibuat setelah periode ini memiliki tepian yang halus.) Beberapa koin dari tahun 1951 masih beredar, dan dikabarkan diproduksi dengan emas sungguhan, membuatnya lebih "Kuat". (Cukup sulit untuk menemukan telepon umum belakangan ini, apalagi yang berwarna kuning, jadi kalian mungkin lebih baik langsung berbicara dengan orang yang kalian sukai.)
  • Ambil bulu mata yang jatuh dan letakkan di jari telunjuk tangan kanan kalian. Tiup, dan jika berhasil terbang menjauh, impian kalian tentang cinta sejati akan terwujud.
  • Tumbuhkan kuku jari telunjuk kalian di tangan kiri sampai 7 mm, dan catlah dengan warna pink lembut. Cinta pun akan datang ke hadapan kalian.
  • Saat berbicara dengan seseorang yang kalian sukai di telepon, tanyakan pada telinga mana mereka menempelkan telepon. Jika dia menempelkannya di telinga kanan, mintalah padanya untuk memindahkannya ke kiri. Seharusnya, informasi apapun yang memasuki telinga kiri akan terhubung ke sisi kanan otak, yang menyebabkan pendengar memproses bagaimana perasaan mereka tentang apa yang sedang dikatakan, bukan makna harfiah dari kata-kata.

Takhayul di Jepang Yang Baik

Pasangan kekasih yang melihat lampu Tokyo Tower dipadamkan di malam hari akan tetap bersama selamanya.

Ada rumor yang mengatakan bahwa jika beberapa orang berhasil melihat lampu Tokyo Tower yang padam pada tengah malam, mereka akan diberkati dengan cinta yang bertahan lama. Bagian yang terbaiknya adalah Tokyo Tower biasanya hanya mematikan lampu pada tengah malam untuk perawatan.

Namun, dengan desas-desus ini, orang-orang terus bertanya kepada para staf menara tersebut tentang lampunya dan mengapa mereka tidak mematikannya. Jadi, Tokyo Tower melakukan apa yang pasangan romantis lakukan dan kini mereka mematikan lampu tepat pada tengah malam - hanya untuk semua pasangan yang berdiri menunggu di luar sana. (Menara akan menyalakannya lagi tak lama setelahnya, dan membiarkannya menyala sampai siang hari.)

Juga, pada Sabtu malam antara pukul 8 malam dan 10 malam, pengunjung dapat melihat tujuh warna dari apa yang disebut "Diamond Veil", di mana setiap warna yang ditampilkan membawa artin yang berbeda. Para pasangan kekasih kemungkinan besar akan melihat warna merah, yang melambangkan cinta dan rasa syukur.

Pasangan yang mengaitkan sebuah gembok ke pagar di Koibito Oka (Lover's Hill) di Pulau Enoshima akan menemukan cinta mereka tidak berubah selama bertahun-tahun.

Dibandingkan sebagai takhayul, nampaknya ini lebih ke arah pernyataan cinta, dan sebuah ide yang dipinjam dari jembatan di Paris dan kota-kota besar lainnya. Di dekatnya ada Kuil Enoshima yang terkenal dengan enmusubi (menghubungkan cinta, terutama jenis cinta yang mengarah pada pernikahan) sehingga pasti ada hawa cinta di sana.

Bunyikan lonceng cinta (dikenal sebagai ai no kane) tiga kali di Koibito Misaki (Lover's Cape) di Shizuoka dan cinta kalian akan bergaung di seluruh penjuru Jepang.

Tidak mengherankan lagi, ini adalah tempat kencan yang sangat populer.

Menyaksikan gerhana matahari berarti cinta kalian akan bertahan selamanya.

Ada banyak takhayul yang melibatkan cincin, karena cincin/lingkaran tidak memiliki "ujung", dan berlanjut untuk selamanya. Cinta kalian juga akan terus berlanjut, jika kalian melihat cincin yang muncul di sekitar bulan saat gerhana mencapai puncaknya.

Takhayul di Jepang Yang Buruk

Pasangan kekasih yang mengendarai perahu angsa bersama di Inokashira Park di Kichijoji pasti akan putus.

Legenda urban ini memiliki beberapa asal-usul yang berbeda. Salah satunya adalah karena kutukan oleh Bezaiten yang cemburu (dewa kekayaan, musik, dan air dalam agama Buddha). Asal-usul yang lain adalah karena seorang gadis yang patah hati yang pernah menenggelamkan dirinya di danau tersebut. Sebuah teori yang lebih logis menyatakan bahwa wanita secara tidak sadar akan mengawasi bagaimana pasangan mereka mengemudikan perahu, jika pria itu menabrak orang atau benda, maka wanita itu juga tidak akan dapat mempercayainya untuk mengurus masa depan mereka. Namun, tidak semua demikian, ada satu perahu angsa di danau itu yang dikecualikan dari kutukan. Ada versi lain yang menyebutkan bahwa pasangan kekasih yang mengendarai perahu jenis apa pun di danau itu akan putus.

Jika kalian pergi berkencan ke Tokyo Disneyland, maka hubungan di antara kalian berdua memang sudah berakhir.

Takhayul yang ini mungkin punya penjelasan logis. Salah satu blog mengatakan bahwa sementara sebagian besar pasangan kekasih tidak akan mengucapkan perpisahan di sana, tapi banyak yang melakukannya, dan ada beberapa alasan spesifik: kencan di tempat ini terlalu mahal; seseorang menjadi lelah dan rewel; ada banyak pria atau wanita lain yang dilirik selain pasangan kalian; atau pria pasangannya akan tersesat (yang terakhir ini sangat penting, karena wanita sering pergi bersama teman-teman wanitanya dan kemungkinan besar lebih mengetahui jalan.)

Takhayul di Jepang Yang Aneh

Takhayul di Jepang Yang Membawa Keberuntungan

  • Jika kalian berkencan dan salju pertama tahun ini akan mulai turun, kalian akan bahagia selamanya.
  • Jika kalian melihat kucing putih saat kencan, kalian akan berada dalam kondisi yang baik selamanya.
  • Letakkan saputangan berenda di bawah bantal kalian di malam sebelum berkencan dan tidurlah untuk mendapatkan keberuntungan. Bawalah saputangan itu bersama kalian pada saat kencan dan apapun yang kalian inginkan dalam tidur kalian akan menjadi kenyataan.

Takhayul di Jepang Yang Membawa Sial

  • Jika kalian menggunakan gunting atau cutter/pemotong kertas pada hari kencan kalian, maka kalian akan dicampakkan. (Potongan kertas kalian secara harfiah bisa berubah menjadi pemotong ikatan.)
  • Naik roller coaster pada kencan pertama kalian dan kalian akan putus. (Terutama jika kalian muntah pada saat kencan.)
  • Naiklah perahu di danau mana pun di mana Benten-sama (dewi seni dan kebijaksanaan) tinggal dan kalian akan bertengkar. (Dewa dan dewi di Jepang bisa sangat cemburu dengan pasangan kekasih.)
  • Berfoto bersama di depan kandang gorilla pena di kebun binatang adalah ide yang buruk. (Meskipun tidak ada penjelasan yang diberikan untuk takhayul tertentu ini, ada teori yang menyebutkan bahwa mungkin memang berbahaya berdiri di depan kandang jika gorila melempar sesuatu ke arah kalian.)
(Diterjemahkan dari tokyoweekender.com dengan sedikit penyesuaian) (Featured image: edited from tokyoweekender.com)