SHARE THIS ARTICLE

Meski takhayul dianggap sudah ketinggalan zaman, namun hingga saat ini masih banyak orang yang percaya dengan hal tersebut, terutama orang-orang tua. Setiap negara biasanya memiliki takhayul yang berbeda, Jepang salah satu negara yang memiliki banyak takhayul unik. Salah satunya adalah takhayul di Jepang yang mengatakan bahwa kalian akan mati jika cegukan sebanyak seratus kali.

Biasanya, cegukan dengan yang tidak normal merupakan pertanda memiliki penyakit parah, dan orang-orang kemudian mengasumsikan cegukan sebagai pertanda bahwa kematian telah dekat.

Jangan Menulis Nama Seseorang Dengan Tinta Merah

Menulis nama dalam pena berwarna merah di Jepang masih dianggap tidak sopan, meski banyak yang tidak tahu alasan mengapa tinta merah menjadi sesuatu hal yang buruk. Salah satu alasannya adalah karena warna merah membuat orang membayangkan perang dan darah. Di Jepang jika kalian membuat kuburan sebelum meninggal, maka nama yang terukir akan berwarna merah.

Alasan lainnya, di beberapa daerah nama penjahat ditulis dalam warna merah, dan dalam bahasa Jepang 赤字 に なる (akaji ni naru) menghubungkan warna merah dengan kegagalan bisnis.

Teru Teru Bouzu

Tradisi menggantung teru teru bouzu dikatakan telah dimulai sejak zaman Edo, dan dipengaruhi oleh boneka serupa dari China. Teru teru bouzu digunakan oleh masyarakat Jepang untuk menangkal hujan di keesokan harinya. Mereka membuat salah satu boneka tersebut dan menggantungnya di jendela rumah tanpa menggambar wajah, dan jika esok harinya tidak hujan, mereka akan menggambar wajah di teru teru bouzo lalu kemudian membiarkan boneka itu hanyut di sungai.

Jika kalian pernah ke Jepang, mungkin kalian pernah melihat boneka berbentuk bola kecil yang tergantung di luar jendela rumah.

Daun Teh Berdiri Tegak

crimsonlotustea.com

Masyarakat Jepang percaya jika ada daun teh yang berdiri tegak saat ada orang yang menuangkan teh ke dalam cangkir maka orang tersebut akan sukses. Tidak diketahui alasan pastinya, tapi mungkin karena jarang terjadi maka itu dianggap sebagai keberuntungan.

Jangan Tidur Menghadap Ke Utara

Di Jepang, saat meninggal maka tubuh mereka ditempatkan dengan kepala menghadap ke utara, hal inilah yang menyebabkan kepala dilarang menghadap utara saat tidur. Selain itu ada takhayul di Jepang lainnya seperti, menghadap ke timur dianggap membawa keberuntungan di tempat kerja karena menghadap ke arah matahari. Menghadap ke barat disebut bisa membantu seseorang tetap tenang dan rileks sepanjang hari dan tidur menghadap ke selatan bisa menyebabkan tidur malam yang buruk.

Jadi jika kalian akan berkunjung Jepang, sebaiknya ingat beberapa hal ini untuk berjaga-jaga dan kalian juga bisa mencoba membuat teru teru bouzu sebagai penangkal hujan.

Source : tokyogirlsupdate.com
COMMENT