SHARE THIS ARTICLE

Apakah Anda percaya pada takhayul? Ada banyak takhayul di Jepang. Beberapa masih diyakini sementara yang lain telah dibuang. Akhir-akhir ini tergantung pada seberapa besar ukuran masing-masing keluarga; karena kawula muda cenderung tidak hidup dengan orang tua mereka lagi, ada sedikit kesempatan untuk mempelajari takhayul melalui berbagai cerita. Namun, takhayul ini menggambarkan aspek-aspek yang unik dari budaya Jepang. Mari kita lihat beberapa takhayul Jepang yang paling populer!

1. Jika Anda menempatkan bantal ke arah utara, Anda akan meninggal lebih awal

7280634660_a4d44c6d89_b
Photo by Sébastien Bertrand on flickr

Menempatkan bantal ke arah utara adalah aturan ketika Anda meletakkan suatu jasad selama pemakaman, sehingga dianggap sial bagi orang-orang yang masih hidup. Jika Anda ingin hidup lebih lama, pastikan Anda menyadari arah tidurnya.

2. Ketika kucing mencuci wajahnya, besok akan hujan

15173421521_dfc139c158_b
Photo by Tatsuru on flickr

Ada banyak hipotesis untuk membuktikan alasan untuk takhayul ini. Mungkin kucing dapat merasakan kelembaban di udara, atau kucing tidak ingin kumis mereka basah, sehingga hewan ini merawat wajahnya ketika ada banyak kelembaban di udara. Tidak ada yang tahu secara ilmiah mengapa ini terjadi, tapi takhayul ini sangat populer di kalangan orang Jepang.

3. Minum cuka dapat membuat tubuh anda lentur

tretert
amazon.co.jp

Di Jepang, cuka dianggap sangat sehat dan membersihkan tubuh Anda ketika Anda meminum atau menelannya. Tidak ada bukti ilmiah untuk takhayul ini, tetapi Anda dapat mendengar banyak orang mengatakan ini seolah-olah takhayul ini adalah benar.

4. Sepotong daun teh yang berdiri tegak di cangkir teh Anda berarti akan ada keberuntungan

img59680720
matome.naver.jp

Ketika Anda menghidangkan teh hijau Jepang di sebuah teko keramik, kadang-kadang ada daun teh yang mengapung dan berdiri tegak di cangkir teh tersebut. Karena hal ini benar-benar langka, orang-orang percaya itu adalah tanda keberuntungan.

5. Jangan membersihkan rumah Anda pada Hari Tahun Baru

1258651750_8153f59d40_b
Photo by DAISUKE on flickr

Karena tradisi Shinto, Hari Tahun Baru adalah hari paling suci bagi orang-orang Jepang. Ini adalah hari untuk menyambut para dewa dan dewi untuk tahun baru. Jadi jika Anda membersihkan rumah Anda pada hari itu, itu berarti Anda mendorong semua dewa menjauh dari rumah Anda sepanjang tahun. Meskipun itu adalah takhayul belaka, apakah Anda akan mengambil resikonya?

6. Salju yang deras di musim dingin membawa panen besar pada musim gugur berikutnya

4400913878_99ff511e63_b
Photo by kent,肯特 on flickr

Jepang secara tradisional merupakan negara agraris, sehingga mengetahui perubahan musim dan memahami cuaca selalu menjadi hal yang sangat penting untuk memprediksi panen. Ini adalah salah satu takhayul yang paling populer yang berhubungan dengan cuaca.

7. Ketika burung walet terbang lebih rendah, besok akan hujan

131883340_6241
photozou.jp

Burung walet sering bersarang di bawah atap dan merupakan burung yang sangat populer di kalangan orang-orang Jepang. Mereka cenderung terbang rendah untuk menangkap serangga sebelum hari hujan. Cobalah untuk mengamati mereka dengan hati-hati jika Anda ingin mengetahui tentang cuaca!

8. Ketika Anda bersin, seseorang membicarakan Anda

7278340308_40c848e5bd_b
Photo by Masahiko Satoh on flickr

Hal ini sangat populer di antara semua generasi. Sekali bersin berarti seseorang sedang membicarakan tentang Anda. Dua kali bersin berarti seseorang mengatakan sesuatu yang buruk tentang Anda. Dan tiga kali bersin berturut-turut berarti seseorang baru saja jatuh cinta terhadap Anda!

9. Jika bunga sakura mekar dengan warna terang, musim dingin akan bertahan lebih lama tahun itu

2383084579_a324bec457_b
Photo by TANAKA Juuyoh on flickr

Ini juga merupakan takhayul yang berhubungan dengan cuaca. Sebelum ramalan cuaca ilmiah, orang-orang menggunakan pengamatan mereka untuk memprediksi cuaca dan tindakan apa yang harus mereka ambil untuk mengurus pertanian mereka. Hal ini mungkin disebabkan oleh pengaruh ajaran Shinto, yang menganggap alam sebagai rumah para dewa.

10. Jika daun telinga Anda besar, Anda akan menjadi kaya

2343388632_246eba7942_b
Photo by tRa. on flickr

Gambar di atas adalah salah satu dari tujuh dewa keberuntungan di Jepang. Yang satu ini merupakan dewa kekayaan. Karena telinganya cukup besar, orang-orang yang memiliki telinga seperti dia dikatakan beruntung seperti dia.

11. Jika Anda membersihkan kamar mandi Anda, Anda akan memiliki bayi yang cantik

15985351_4c41f99b02_o
Photo by Nemo’s great uncle on flickr

Tidak ada alasan atau bukti untuk membuktikan bahwa hal ini benar. Tetapi jika Anda ingin memiliki bayi perempuan, Anda mungkin ingin mencoba hal ini. Kemudian Anda akan memiliki seorang putri cantik di masa depan!

12. Jika Anda menempatkan sapu terbalik, pelanggan Anda akan pergi

5320488904_d9ab1680dd_b
Photo by (o’-‘)-o)゚o^)/ kobayashi on flickr

Jika Anda memiliki suatu bisnis, pastikan untuk menempatkan sapu Anda menghadap ke bawah. Jika Anda memiliki tamu yang tidak diinginkan di rumah Anda, letakkan sapu terbalik untuk membuat mereka pergi.

13. Jangan menggantung cucian basah di malam hari

9466963670_3c491c1e06_b
Photo by Takuma Kimura on flickr

Orang-orang dulu percaya bahwa pakaian menyimpan roh pemiliknya bahkan setelah kematian. Oleh karena itu jika Anda menyimpan cucian Anda di luar di malam hari, pakaian-pakaian itu akan memanggil roh-roh orang yang telah mati dan menjadi berhantu. Ini tidak lagi menjadi takhayul yang terkenal.

14. Bersiul di malam hari akan memanggil ular

9470169013_5eccedf7c7_b
Photo by kashiku on flickr

Karena bentuknya yang menakutkan, ular telah ditakuti oleh orang-orang Jepang sejak zaman kuno. Karena ular memiliki pendengaran yang sangat baik, jika Anda bersiul di malam hari, ular akan muncul di mana Anda berada.

15. Orang bodoh memiliki kaki yang besar

5377662511_f515f11002_b
Photo by Cazuki HOSHINA on flickr

Ini adalah keyakinan yang sangat terkenal. Orang-orang sering menipu orang lain dengan kaki besar sebagai orang yang bodoh untuk “membuktikannya”. Tentu saja, tidak ada alasan ilmiah untuk mempercayainya atau skala untuk mengukur seberapa besar atau kecil kakinya, tapi lelucon ini cukup menghibur.

16. Ketika lele mulai bergerak dengan hebat, gempa bumi akan segera terjadi

15950750192_44d801008f_b
Photo by Al Torii on flickr

Kepercayaan Ini masih sangat populer sampai saat ini. Dipercaya bahwa ikan lele dapat merasakan gempa jauh lebih awal dari yang bisa dideteksi peralatan buatan manusia, dan ada beberapa ilmuwan yang mencoba untuk membuktikannya dengan menggunakan berbagai metode modern. Namun, hal tersebut belum dikonfirmasi meskipun banyak yang menunggu hasil dari kebenaran tersebut.

17. Kulit ular dalam dompet Anda akan membawa keberuntungan besar

snake-skin-565228_640
pixabay.com

Dalam agama Shinto, ular adalah hewan yang sangat sakral, sehingga memiliki kulit dalam dompet Anda dipercaya lebih membawa keberuntungan ke dalam kehidupan seseorang.

Kebanyakan dari takhayul ini mungkin omong kosong dari sudut pandang ilmiah, tetapi masih menjadi bagian penting dari budaya. Ada lebih banyak takhayul lainnya di Jepang, sehingga coba tanyakan teman-teman Anda di Jepang tentang berbagai takhayul di Jepang.

Source : tsunagujapan.com
COMMENT